x

5 Klub Terboros di Bursa Transfer Musim Panas Sejauh Ini, Arsenal Kangkangi Jauh Real Madrid

Rabu, 26 Juli 2023 07:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Baru sekitar satu bulan sejak bursa transfer musim panas 2023 dibuka, pasar pemain di Eropa sudah melahirkan transaksi-transaksi sensasional. (Foto: Website Arsenal)

FOOTBALL265.COM - Baru sekitar satu bulan sejak bursa transfer musim panas 2023 dibuka, pasar pemain di Eropa sudah melahirkan transaksi-transaksi sensasional.

Real Madrid dan Arsenal jadi dua klub pertama yang membuat pembelian tunggal bernilai lebih dari 100 juta Euro dengan mendatangkan Jude Bellingham (103 juta Euro) dan Declan Rice (116 juta Euro).

Tidak heran jika kedua klub tersebut masuk dalam lima besar yang terboros di bursa transfer musim panas sejauh ini versi Transfermarkt.

Berikut adalah daftar selengkapnya kesebelasan dengan pengeluaran terboros hingga Rabu (26/07/23). Adakah tim kesayangan anda masuk di dalamnya?.

1. Arsenal (231,6 juta Euro)

Usai gagal meraih satupun trofi di 2022/2023, Arsenal bak kesetanan di bursa transfer untuk mempersiapkan lebih matang kampanye di 2023/2024.

Baca Juga

Total tiga pemain yang sudah mereka gaet sejauh ini ke Emirates Stadium yakni Declan Rice, Kai Havertz (75 juta Euro), dan Jurrien Timber (40 juta Euro) untuk menambal tiga lini utama.

Dengan pengeluaran yang sedemikian besar maka ekspektasi publik pada skuad asuhan Mikel Arteta ini akan semakin bertambah pula. Maka dari itu jika kembali gagal mengangkat silverware musim depan, Meriam London akan jadi bulan-bulanan masal.

Baca Juga

2. Paris Saint-Germain (159,5 juta Euro)

Munculnya nama Paris Saint-Germain dalam daftar harusnya sudah bisa diprediksi namun sebenarnya cukup mengejutkan juga karena sang rakasasa Prancis belum mendatangkan satupun pemain dengan label superstar.

Sejauh ini PSG baru mendatangkan Manuel Ugarte, Lucas Hernandez, Lee Kang-in, Xavi Simons, serta duo Milan Skriniar dan Marco Asensio yang bergabung secara cuma-cuma. Hugo Ekitike juga dihitung sebagai transfer karena ia dipermanenkan dari Reims usai musim lalu dipinjam saja.

Tampaknya manajemen mereka sudah beralih dari strategi transfer yang mendatangkan nama besar menuju ke sistem yang lebih fungsional.

Baca Juga

1. 3. Tottenham Hotspur (136,3 juta Euro)

James Maddison

Tidak mau kalah dari rival sekota mereka, Arsenal, Tottenham Hotspur pun juga menggelontorkan uang di bursa transfer kali ini. Sesuatu yang jujur saja jarang dilakukan oleh The Spurs.

Uniknya Tottenham hanya mengeluarkan sekitar 60 juta Euro saja untuk pemain baru mengingat 70 juta Euro dari pengeluarkan mereka sejauh ini digunakan untuk mempermanenkan status Pedro Porro dan Dejan Kulusevski.

Pembelian termahal mereka adalah James Maddison dari Leicester City seharga 46,3 juta Euro yang hanya menempati posisi ke-14 pemain termahal dunia di bursa transfer musim panas 2023.

4. Real Madrid (128,5 juta Euro)

Kebijakan mendatangkan pemain muda potensial masih jadi prinsip Real Madrid kali ini dengan Jude Bellingham, Arda Guler, dan Fran Garcia digaet untuk menurunkan rataan usia skuad mereka.

Meski masih berada di kategori U-23, namun ketiganya total menghabiskan dana 128 juta Euro alias 99,9% dari total pengeluaran Los Blancos sejauh ini.

Baca Juga

Bandingkan dengan 500.000 Euro yang dibutuhkan untuk meminjam salah satu top skor Liga Spanyol musim lalu, Joselu, dari Espanyol.

Masih ada kemungkinan pengeluaran Real Madrid akan bertambah besar menyusul isu yang mengaitkan mereka dengan Kylian Mbappe. Sang penyerang Prancis bisa membuat mereka merogoh mendekati 200 juta Euro.

Baca Juga

5. RB Leipzig (126 juta Euro)

Biasanya RB Leipzig menjadi klub dengan pemasukan terbanyak saat bursa transfer tiba namun kali ini mereka berbeda. Sembari tetap menjual pemain-pemain mahal, mereka pun tetap berinvestasi besar dengan menggaet nama-nama baru.

Dominik Szoboszlai, Christopher Nkunku, dan Tom Kraus yang hengkang digantikan oleh Lois Openda, Benjamin Sesko, Christoph Baumgartner, juga Xavi Simons yang tiba sebagai pinjaman.

Setelah menjadi juara DFB Pokal di dua musim beruntun, Leipzig jelas ingin menaikkan prestasi mereka pada 2023/2024. Belanja besar di bursa transfer adalah cara untuk memperpendek perjuangan menuju target tersebut.

Baca Juga
Bursa TransferReal MadridArsenalParis Saint-GermainTottenham HotspurRB Leipzig

Berita Terkini