x

Perbandingan Harta Sheikh Jassim dengan Para Bos Klub Liga Inggris Selain Man United

Rabu, 26 Juli 2023 16:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kandidat terkuat pemilik baru Manchester United, Sheikh Jassim dari Qatar, memiliki kekayaan yang belum apa-apanya dibandingkan pemilik klub Liga Inggris lain. (Foto: Instagram@ammadutd)

FOOTBALL265.COM - Kandidat terkuat pemilik baru Manchester United, Sheikh Jassim, dari Qatar, rupanya hanya memiliki kekayaan yang belum apa-apanya dibandingkan para pemilik klub Liga Inggris lain.

Sheikh Jassim masih dianggap sebagai salah satu kandidat terkuat pemilik baru Manchester United dalam proses akuisisi dari pemilik klub sebelumnya yakni Keluarga Glazer.

Diyakini, tawaran Sheikh Jassim lebih menarik dari kandidat lainnya yakni Sir Jim Ratcliffe. Namun proses tersebut kini malah mangkrak karena Keluaga Glazer menunda penjualan klub.

Sementara itu, nilai kekayaan Sheikh Jassim menjadi topik menarik untuk dikupas di tengan ademnya kabar terbaru soal penjualan Manchester United tersebut.

Sheikh Jassim merupakan salah satu anggota keluarga kerajaan Qatar. Namun, kekayaannya di bawah sang ayah yang pernah memiliki Paris Saint-Germain karena menjabat ketua Otoritas Investasi Qatar.

Baca Juga

Melansir Chronicle, harta Sheikh Jassim ini belum dipublikasikan. Namun Forbes mencatat kekayaan bersihnya berkisar 892 juta pound atau setara Rp17,2 triliun.

Jika digabungkan dengan seluruh anggota kerajaan Qatar lain, barulah total kekayaannya sangat besar mencapai 275 miliar pound atau setara Rp5.300 triliun.

Baca Juga

Kekayaan Sheikh Jassim tersebut rupanya tidak lebih besar dari Stan Kroenke selaku pemilik klub Liga Inggris, Arsenal dan juga pemilik jawara NBA 2022-2023 Denver Nuggets.

Pengusaha asal Amerika tersebut diketahui memiliki kekayaan bersih hingga 11,8 miliar pound atau Rp228,6 triliun dari nilai sahamnya di LA Rams, Denver Nuggets, dan bisnis waralaba lainnya.

Kekayaan Sheikh Jassim jika dibandingkan pemilik Chelsea Todd Boehly, pemilik Newcastle dari Arab Saudi dan pemilik Manchester City Sheikh Mansour di halaman kedua berita ini.

Baca Juga

1. Sheikh Jassim Kalah Tajir

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. (Foto: Instagram@unitedsatu.id)

Masih dari Chronicle, kekayaan bersih pemilik Chelsae Todd Boehly mencapai 5,2 miliar pounds atau setara Rp100,7 triliun.

Kekayaan Boehl ini tidak hanya mencakup di Stamford Bridge, namun juga dari dua klub olahraga lainnya yakni LA Lakers (NBA) dan LA Dodgers (Major League Baseball).

Todd Boehly di musim pertamanya sebagai pemilik Chelsea sudah menghabiskan banyak dana untuk belanja pemain, termasuk Pierre Emerick-Aubameyang, Raheem Sterling, dan Mykhailo Mudryk.

Sayang, bisnis jor-joran beli pemain ini memberikan hasil kurang memuaskan dengan klub hanya finis di peringkat ke-12 Liga Inggris musim lalu.

Sementara itu, Public Investment Fund (PIF) dari Arab Saudi selaku pemilik Newcastle United tercatat memiliki kekayaan sebesar 315 miliar pound atau Rp6.100 triliun.

Baca Juga

Ada pun pemilik Manchester City, Sheikh Mansour, dilaporkan memiliki kekayaan sebesar 17 miliar pound atau Rp329,8 triliun.

Dapat disimpulkan bahwa Sheikh Jassim mungkin akan menjadi salah satu pemilik klub Liga Inggris dengan kekayaan terkecil jika nantinya resmi membeli Manchester United.

Baca Juga

Namun, kepastian ini belum bisa dipastikan sampai sekarang mengingat Keluarga Glazer tampaknya sengaja mengulur-ulur waktu dengan membuat syarat baru.

Glazer menginginkan penjualan saham hanya terbatas 60 persen, sehingga hal itu menyulitkan Sheikh Jassim yang berniat membeli semua saham klub tanpa hutang.

Sheikh Jassim sendiri sebelumnya sudah mengajukan tawaran resmi paling terakhir bernilai 4 miliar pounds, atau 2 miliar lebih kecil dari yang diinginkan Keluarga Glazer.

Baca Juga
Manchester UnitedChelseaManchester CityNewcastle UnitedLiga InggrisSheikh Jassim

Berita Terkini