x

Bedah Kualitas Dominic Calvert-Lewin, Monster Gol Inggris Calon Striker AS Roma

Rabu, 26 Juli 2023 13:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pemain Everton, Dominic Calvert-Lewin. (Foto: REUTERS/David Klein)

FOOTBALL265.COM – Intip kualitas serta profil Dominic Calvert-Lewin, striker haus gol dari Liga Inggris yang dikaitkan dengan AS Roma pada bursa transfer musim panas 23/24.

Jelang bergulirnya Liga Italia musim depan, AS Roma berencana membangun skuat impian dengan menggaet beberapa bintang anyar.

Sejauh ini, Serigala Ibukota sudah mendatangkan empat pemain yakni Houssem Aouar dan Evan Ndicka secara bebas transfer.

Serta Diego Llorente dan Rasmus Kristensen yang diboyong AS Roma lewat jalur pinjaman untuk musim depan.

Meski sudah dapatkan empat pemain baru, namun AS Roma disebut masih membutuhkan beberapa amunisi anyar terutama di posisi gelandang serta penyerang.

Baca Juga

Untuk posisi gelandang misalnya, Giallorossi bakal coba menggaet Renato Sanches yang musim lalu terpinggirkan bersama PSG.

Sementara di posisi striker, manajemen AS Roma tengah serius mendekati Alvaro Morata milik Atletico Madrid serta Gianluca Scamacca milik West Ham United.

Baca Juga

Selain itu, ada juga rumor yang menyebut jika AS Roma telah disodorkan Dominic Calvert-Lewin yang bakal dilepas Everton musim panas ini.

Melansir dari laman Corriere dello Sport, kabarnya penyerang Timnas Inggris tersebut tak masuk dalam skema pelatih Sean Dyche dan berada di daftar jual klub.

Meski belum ada tawaran resmi, namun jika Dominic Calvert-Lewin benar-benar resmi bergabung dengan AS Roma maka bakal membuat lini depan Giallorossi semakin berbahaya.

Berikut INDOSPORT coba merangkum, profil serta kualitas dari Dominic Calvert-Lewin yang bisa direkrut AS Roma di musim panas 23/24.

Baca Juga

1. Profil Dominic Calvert-Lewin

Dominic Calvert-Lewin

Dominic Nathaniel Calvert-Lewin adalah pesepak bola yang lahir pada 16 Maret 1997 silam di Sheffield, Inggris.

Saat ini, pemain berusia 26 tahun tersebut tampil bersama Everton di ajang Premier League atau kasta teratas Liga Inggris.

Sebelum terjun ke level professional, Calvert-Lewin memulai karier sepakbolanya bersama tim lokal Sheffield United pada tahun 2005.

Hampir 10 musim bermain di tim akademi Sheffield United, akhirnya Calvert-Lewin berhasil melakukan debut senior bersama Sheffield pada April 2015.

Dalam tur pramusim 2015-16, Calvert-Lewin mencetak gol dalam pertandingan persahabatan kontra Ilkeston.

Baca Juga

Gol tersebut berhasil membuat pelatih Nigel Adkins kepincut dan mengisyaratkan bahwa Calvert-Lewin akan masuk dalam tim utama Sheffield United musim 2015/16.

Meski berhasil catatkan 9 penampilan bersama Sheffield United, namun pada paruh kedua musim 2015/16, Calvert-Lewin dipinjamkan ke klub League Two, Northampton Town.

Baca Juga

Bersama tim kasta keempat Liga Inggris tersebut, Calvert-Lewin tampil sebanyak 26 pertandingan dan mencetak 8 gol di semua ajang.

Penampilannya bersama Northampton Town berhasil membuat Everton tertarik dan merekrutnya pada August 2016 dengan mahar 1,5 juta pounds.

Selama tampil bersama Everton, penampilan Dominic Calvert-Lewin terbilang apik dengan menorehkan 60 gol dari total 209 laga di semua ajang.

Baca Juga

2. Potensi Dominic Calvert-Lewin

Dominic Calvert-Lewin memegang bola pertandingan usai mencetak Quattrick

Melansir dari Breakingthelines, disebutkan bahwa Dominic Calvert-Lewin adalah tipikal striker yang mengandalkan kekuatan fisik untuk mengalahkan penjagaan bek lawan.

Berbekal postur tubuh mencapai 187 cm, Dominic Calvert-Lewin ternyata mempunyai sprint lumayan cepat bahkan pernah berlari dengan kecepatan 35,1 km/jam di Premier League.

Meski punya kecepatan untuk melakukan akselerasi, namun selama berada di bawah kepelatihan Carlo Ancelotti, gaya permainan Dominic Calvert-Lewin jauh lebih klinis.

Dominic Calvert-Lewin lebih sering menempatkan dirinya di area kosong penalti lawan dan memaksimalkan peluang yang ada untuk mencetak gol.

Dalam beberapa musim terakhir, Dominic Calvert-Lewin sangat jarang melakukan solo run dari lini tengah seperti halnya striker modern di Eropa.

Carlo Ancelotti sempat memuji Dominic Calvert-Lewin sebagai predator berbahaya jika mendapat ruang di kotak penalti.

“Seorang striker harus fokus di area penalti, saya pikir Calvert-Lewin sangat memahaminya. Saat di dalam kotak (penalti) dia punya kecepatan dan kekuatan untuk melakukan apapun,” ucap Ancelotti.

Dengan kualitas tersebut, Dominic Calvert-Lewin berpotensi besar jadi ujung tombak mematikan buat AS Roma andai resmi didatangkan musim panas ini.

Bursa TransferAS RomaLiga ItaliaBerita TransferDominic Calvert-Lewin

Berita Terkini