x

3 Kekuatan Sepak Bola Korea Utara yang Mesti Diwaspadai Timnas Indonesia di Asian Games

Jumat, 28 Juli 2023 16:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain Korea Utara U-19, Kim Kwang Chong bersama teman satu timnya usai mencetak gol pertama ke gawang Indonesia Kualifikasi Piala Asia U-19, Minggu (10/11/19).

FOOTBALL265.COM – Bakal jadi lawan Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2022, sepak bola Korea Utara ternyata punya segudang kekuatan yang wajib diwaspadai skuat Garuda.

Dalam drawing Asian Games yang berlangsung di Hangzhou, China pada Kamis (27/7/2023) lalu, diketahui bahwa Timnas Indonesia akan bergabung di Grup F.

Di grup tersebut, Timnas Indonesia akan menghadapi sejumlah tim kuat wilayah Asia seperti Korea Utara, Kyrgyzstan serta Taiwan.

Nantinya, Timnas Indonesia bakal mengawali perjuangan mereka di penyisihan grup Asian Games pada 19 September 2023 mendatang.

Usai mengetahui hasil drawing Asian Games 2022, pelatih Indra Sjafri menatap optimis dan yakin bisa membawa Timnas Indonesia lolos dari fase grup.

Baca Juga

"Bismillah. Saya melihat tak ada grup yang mudah, tapi kami optimistis dan semakin semangat dalam menghadapi Asian Games nanti," ungkap Indra Sjafri.

"Kami akan semakin intens mengidentifikasi dan mengamati pemain-pemain yang sedang berkompetisi di Liga 1," jelas Indra Sjafri.

Baca Juga

Jika melihat dari tiga negara rival Timnas Indonesia di Asian Games 2022 nanti, Korea Utara tampaknya jadi salah satu tim yang bisa membuat skuat Garuda kesulitan.

Selain informasi skuat yang minim, ternyata dalam sejarahnya Timnas Korea Utara punya catatan apik di ajang Asian Games.

Jelang bertemu di babak penyisihan grup, berikut INDOSPORT coba merangkum sejumlah fakta serta kekuatan dari sepak bola Korea Utara yang harus diwaspadai Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Pengalaman Juara

Pemain Timnas Indonesia U-19, Serdy Ephy Fano Boky berusaha menghindari dari penjagaan tiga pemain Korea Utara U-19, Minggu (10/11/19).

Meski tak banyak informasi yang bisa didapat dari timnas Korea Utara, namun diketahui bahwa skuat berjuluk Samba of East Asia tersebut punya pengalaman manis di ajang Asian Games.

Tercatat, Timnas Korea Utara pernah tiga kali mencapai babak final Asian Games dan sekali memenangkan medali emas pada tahun 1978 silam.

Skuat Misterius yang Bisa Buat Kejutan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sangat sulit mencari informasi tentang skuat timnas Korea Utara khususnya untuk tim U-23 mereka.

Namun dari sejumlah sumber, diketahui bahwa Timnas Korea Utara U-23 pernah tampil di sejumlah ajang besar seperti Piala Asia U-23, Asian Games serta East Asian Games.

Dengan minimnya informasi, membuat Korea Utara bisa hadirkan kejutan pada Asian Games 2022 nanti.

Baca Juga

Pasalnya, Timnas Indonesia jadi tidak bisa mempelajari gaya bermain Korea Utara serta sulit menggambarkan kekuatan sesungguhnya dari tim lawan.

Bintang Potensial
Walau jarang mendapat eksposur, namun secara penampilan skuat Korea Utara ini punya sejumlah pemain potensial yang selalu mencuri perhatian di setiap ajang.

Baca Juga

Pada Asian Games 2018 lalu misalnya, secara mengejutkan Korea Utara punya striker tajam sekelas Kim Yu-song yang mampu mencetak empat gol.

Sedangkan untuk Asian Games 2022 nanti, besar kemungkinan Korea Utara bakal mengandalkan bek Kang Kuk-chol yang tampil apik di gelaran Piala Asia U-19 2018.

Selain Kang Kuk-chol, sepertinya Korea Utara masih punya sejumlah pemain potensial lain yang belum terekspos dan bisa jadi ancaman serius buat Timnas Indonesia.

Baca Juga
Asian GamesKorea UtaraTimnas Indonesia

Berita Terkini