x

Poin Timnas Indonesia Bila Menang atas Brunei Darussalam Hampir Setara Kalahkan Argentina, Mengapa?

Jumat, 28 Juli 2023 13:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Argentina dalam laga FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23).

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia bakal mendulang poin besar di ranking FIFA bila sukses mengalahkan Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 baru saja digelar oleh AFC pada Kamis (27/07/23) kemarin. Hasilnya, Timnas Indonesia bersua lawan cukup mudah yaitu Brunei Darussalam.

Pertandingan babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam bakal digelar dalam dua leg. Di leg pertama, pasukan Shin Tae-yong akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada 12 Oktober 2023.

Kemudian di leg kedua, Pratama Arhan dkk bergantian bermain di markas lawan yang rencananya digelar pada 17 Oktober 2023.

Skuat Garuda senior jelas menjadi favorit dalam duel ini. Pasalnya, mereka sukses mengemas 18 gol dalam lima pertandingan terakhir.

Baca Juga

Duel kedua tim terakhir kali terjadi pada Piala AFF 2022 lalu, di mana Brunei Darussalam kala itu pasukan Shin Tae-yong menang telak dengan skor 7-0.

Tujuh gol Timnas Indonesia dicetak oleh Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok dan Yakob Sayuri.

Bila Timnas Indonesia mampu mengulang hasil tersebut, maka mereka dipastikan bertemu lawan familier di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, yaitu Filipina dan Vietnam di Grup F.

Selain itu, Skuat Garuda senior juga mendapatkan keuntungan dengan memperoleh tambahan poin besar di ranking FIFA.

Dilansir dari laman Footy Ranking, satu kemenangan atas Brunei membuat Asnawi Mangkualam dkk mendapatkan 8,9 poin di ranking FIFA.

Jumlah tersebut hampir sama bila di FIFA Matchday Juni 2023 lalu Timnas Indonesia mampu menang atas Argentina. Garuda bisa mendapat poin 9,55 jika sukses bekuk sang juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Poin besar bila menang atas Brunei Darussalam dikarenakan FIFA punya perbedaan perhitungan. Di ajang kualifikasi seperti Piala Dunia, FIFA memberikan bobot poin maksimal 25 poin.

Sedangkan di laga uji coba bertajuk FIFA Matchday, bobot poinnya maksimal hanya 10. Karena itu, bila Timnas Indonesia menang atas Argentina pada Juni 2023 lalu, mereka hanya memperoleh 9,55 poin saja.

Baca Juga

1. Momen Timnas Indonesia Cetak 18 Gol ke Gawang Brunei

Pertandingan antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Football (Malaysia), Senin (26/12/22). (Foto: PSSI)

Dalam empat pertemuan terakhir, Timnas Indonesia belum pernah kalah bila bersua Brunei Darussalam. Kemenangan telak 3-0 sempat terjadi di Pesta Sukan Merdeka 1990 silam.

Pada ajang SEA Games 1999, skuat Garuda juga pernah mengalahkan Brunei dengan skor cukup telak yakni tiga gol tanpa balas.

Gol Timnas Indonesia saat itu dicetak oleh aksi Uston Nawawi serta Bima Sakti yang kini jadi pelatih di skuat U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Pada tahun 2012, Timnas Indonesia pernah melakoni laga persahabatan kontra Brunei sebagai persiapan jelang tampil di Piala AFF.

Bertanding di Sultan Hassanal Bolkiah Stadium, skuat Timnas Indonesia yang saat itu dilatih Nilmaizar berhasil menang telak 5-0 melalui hattrick Irfan Bachdim serta masing-masing satu gol dari Hendra Bayauw dan Vendry Mofu.

Baca Juga

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia melawan Brunei terjadi pada 2022 lalu, tepatnya pada ajang penyisihan Grup A Piala AFF.

Bertanding di Kuala Lumpur Stadium, Malaysia, skuat Timnas Indonesia yang dilatih Shin Taeyong tersebut mampu menang telak 7 gol tanpa balas.

Baca Juga

Masing-masing gol timnas pada laga ini dicetak oleh Syahrian Abimanyu menit 20’, Dendy Sulistyawan (41’), Egy Maulana (59’), Ilija Spasojevic (60’), Ramadhan Sananta (68’), Marc Klok (86’), serta Yakob Sayuri (90’).

Kemenangan ini jadi yang terbesar bagi Timnas Indonesia sepanjang pertemuan kontra Brunei Darussalam sejak 1977 silam.

Baca Juga
ArgentinaFIFABrunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala Dunia 2026Shin Tae-yong

Berita Terkini