x

Viral Lionel Sinathrya Ikut Seleksi Timnas U-17, Netizen Ributkan Status WNI atau Swiss

Minggu, 30 Juli 2023 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pesepak bola muda Lionel Nathan Sinathrya memancing debat netizen soal status WNI saat dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

FOOTBALL265.COM - Pesepak bola muda Lionel Nathan Sinathrya Kartoprawiro memancing debat di antara netizen soal status WNI saat dipanggil mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Lionel Nathan Sinathrya Kartoprawiro diketahui merupakan putra sulung aktor kondang Indonesia, Darius Sinathrya dan presenter olahraga Donna Agnesia.

Lionel Sinathrya, begitu biasa dirinya dipanggil, sudah sejak lama menimba ilmu sepak bola di Eropa. Namun kini dirinya dipanggil untuk mengikuti pemilihan pemain Timnas Indonesia U-17.

Lionel mengikuti seleksi tersebut di Stadion 10 November, Surabaya, Jawa Timur, sebagaimana dikutip dari Instagram @lionel.sinathrya, (29/07/23).

Dalam unggahannya, Lionel mengenakan jersey Timnas Indonesia dan berlatih dengan beberapa pesepak bola muda lain yang juga dipanggil untuk seleksi menuju Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Namun, pemuda yang memiliki darah keturunan Swiss dari sang Ayah menjadi sorotan lantaran status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) diragukan.

Perdebatan soal status WNI Lionel Sinathrya ini bermula dari unggahan akun @UpdateBolabola di Twitter saat memperkenalkan profil pemain yang baru berusia 14 tahun tersebut.

Baca Juga

“Pemain keturunan Swiss yang berkarier di Prancis, Lionel Sinathrya ikuti seleksi Timnas U-17 di Surabaya. Lionel merupakan putra dari dari artis Darius Sinathrya dan Donna Agnesia,” tulis @UpdateBolabola.

Beberapa netizen meyakini bahwa Lionel Sinathrya adalah pemain Indonesia asli bukan keturunan karena kedua orang tuanya berstatus WNI.

Namun beberapa netizen juga meyakini bahwa Lionel Sinathrya bisa membela timnas Swiss jika dipanggil memperkuat negara Eropa tersebut suatu saat nanti.

Baca Juga

1. Lionel Sinathrya Rintis Karier Sepak Bola di Prancis

Lionel Nathan Sinathrya, pemain sepa bola Indonesia di luar negeri, anak dari Darius Sinathrya dan Donna Agnesia (Foto: IG @lionel.sinathrya)

Berikut ini beberapa komentar netizen yang memperdebatkan status WNI Lionel Sinathrya lantaran dia memiliki garis keturunan Swiss dari sang ayah, Darius Sinathrya.

“Keturunan darimana? Darius sama Dona kan WNI. Gimana bisa dibilang keturunan???” tulis akun @penawarle*****.

“WNI itu secara administrasi pewarganegaraan. Secara darah, Lionel keturunan Swiss dari pihak ayahnya, Om Dariusm” akun @UpdateBolabola menjawab komentar netizen.

“Ya bener dong keturunan. Kakeknya orang Swiss. Kalo mau apply WNI (via jalur keturunan) maksimal kakek nenek-nya orang Indonesia (lahir dan/atau punya KTP Indo),” tulis akun @Lazu_Fir****

"Emak bapaknya kan WNI kok dibilang keturunan swiss?" Ibunya darius WNA, yang berarti neneknya lionel ini WNA. Sama aja kayak Ivar Jenner, emak bapaknya WNA Belanda tapi disebut pemain keturunan indonesia karena neneknya WNI. Ibu dari bapaknya Jenner,” tulis akun @rosen_****

“Cuma doi kalo dipanggil timnas Swiss juga bisa masuk kesono...” tulis akun @Kopi8219****.

Terlepas dari masalah tersebut, Lionel Sinathrya diketahui lahir di Jakarta pada 28 Juni 2007. Dengan demikian usianya masih menginjak 14 tahun.

Baca Juga

Lionel Sinathrya menekuni dunia si kulit bundar sejak usianya masih belia. Mimpinya ini juga mendapat dukungan penuh dari Darius Sinathrya dan Donna Agnesia.

Sebelum dipanggil mengikuti seleksi Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023, Lionel Sinathrya tercatat sebagai pemain binaan akademi sepak bola di Prancis, The ICEF Football

International Center of European Football merupakan boarding school yang diperuntukan untuk pesepak bola internasional. Lionel Sinathrya bergabung ke akademi ini sejak 2021 lalu.

Baca Juga

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti sudah memanggil 34 nama untuk menjalani training center sekaligus seleksi pemain namun hasilnya belum memuaskan.

Alhasil, PSSI membuka kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk ikut seleksi di 12 kota agar bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-17.

Ke-12 kota tempat diadakan seleksi Timnas U-17 itu antara lain Bandung, Palembang, Gianyar, Tangerang, Banjarmasin, Medan, Solo, Jakarta, Samarinda, Surabaya, Manado, dan Makassar.

Baca Juga
Darius SinathryaPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17Lionel Sinathrya

Berita Terkini