x

Althaf Fawwaz Khan, Eks Akademi Barcelona yang Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-17

Rabu, 2 Agustus 2023 14:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Althaf Fawwaz Khan, esk pemain La Masia yang seleksi di Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17

FOOTBALL265.COM – Althaf Fawwaz Khan belakangan jadi sorotan lantaran punya rekam jejak mentarang di luar negeri sebelum dipanggil dalam seleksi Timnas Indonesia buat Piala Dunia U-17 2023.

Jelang tampil di Piala Dunia U-17 bulan November mendatang, pelatih Bima Sakti semakin serius mempersiapkan skuat Timnas Indonesia demi dapatkan hasil terbaik.

Selain melakukan training center, pada bulan Agustus ini skuat Timnas U-17 juga bakal menjalani serangkaian uji coba internasional dengan menghadapi Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers.

Dengan menghadapi Barcelona dan Kashima Antlers, pelatih Timnas Indonesia U-17 berharap bisa meracik skuat terbaiknya jelang Piala Dunia nanti.

"Kami berharap permainan dan mental para pemain makin meningkat karena akan menghadapi Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers U18. Secara kualitas, permainan mereka sangat baik," tutur Bima Sakti.

Baca Juga

Untuk melakoni laga persahabatan yang mulai bergulir pada Rabu (02/08/2023) sore nanti, Bima Sakti telah memanggil 34 pemain termasuk 4 pemain keturunan di luar negeri.

Empat pemain keturunan di luar negeri yang dipanggil dalam skuat Timnas Indonesia U-17 tersebut adalah Welberlieskott De Halim Jardim, Althaf Fawwaz Khan, Igor Arungbumi Sanders serta Aaron Liam Suitela.

Baca Juga

Khusus Aaron Liam Suitela, dirinya jadi satu-satunya pemain diaspora yang bertahan sejak TC pertama di skuat Timnas Indonesia U-17.

Sedangkan tiga pemain lain bakal jalani debut dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini. Dari ketiga nama baru tersebut, sosok Althaf Fawwaz Khan jadi sorotan lantaran ia punya rekam jejak karier yang mentereng di luar negeri.

Bahkan diketahui bahwa Althaf Fawwaz Khan pernah mencicipi pelatihan bersama tim akademi Barcelona.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas profil Althaf Fawwaz Khan yang bakal jadi tumpuan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17:

Baca Juga

1. Profil Althaf Fawwaz Khan

Althaf Fawwaz Khan, esk pemain La Masia yang seleksi di Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17

Althaf Fawwaz Khan merupakan pesepakbola muda asal Indonesia yang lahir pada tanggal 7 Juni 2007 di Bandung, Jawa Barat.

Meski lahir di Indonesia, namun Althaf Fawwaz Khan sempat pindah ke Amerika Serikat pada 2011 silam atau saat masih berusia 5 tahun.

Sejak kecil, Althaf Fawwaz Khan memang sangat menggemari sepak bola. Saat berada di Amerika Serikat, dirinya pernah bermain buat Tod Soccer Academy di Houston, Texas.

Hanya dua tahun di Amerika Serikat, Althaf Fawwaz Khan dan keluarga Kembali ke Indonesia. Althaf pun melanjutkan karier sepak bolanya dengan memperkuat SKO Ragunan tahun 2014.

Pada tahun 2021, Althaf Khan yang berusia 14 tahun berhasil lolos seleksi Barca Residency Academy USA, salah satu akademi sepak bola asal yang terafiliasi dengan Barcelona di Amerika Serikat.

Baca Juga

Pencapaian tersebut terbilang apik, lantaran Althaf Fawwaz Khan jadi satu-satunya pemain asal Indonesia yang mampu masuk dalam tim akademi itu.

Bersama Barca Residency Academy, Althaf Fawwaz Khan masuk dalam skuat U-15 dan berhasil membawa timnya juara turnamen Arsenal Challenge di USA.

Baca Juga

Selain itu pada musim 22/23 lalu, Althaf Fawwaz Khan juga sukses membantu Barca U-16 menjuarai Liga Arizona State League U-16.

Meski bukan tampil buat skuat utama Barcelona di Spanyol, namun gaya kepelatihan serta materi latihan yang diterima Althaf Fawwaz Khan sama persis dengan akademi La Masia.

Berbekal pengalaman tersebut, kehadiran Althaf Fawwaz Khan yang bisa bermain di berbagai posisi lini pertahanan bakal bisa membuat Timnas Indonesia kian tangguh di Piala Dunia U-17 nanti.

Baca Juga
Piala DuniaTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini