x

Siapa Fermin Lopez? Jebolan La Masia yang Buat Xavi dan Barcelona Terpesona

Rabu, 2 Agustus 2023 06:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Laga El Clasico antara dua klub raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona vs Real Madrid, Minggu (30/07/23) menghadirkan bintang baru pada sosok Fermin Lopez.

FOOTBALL265.COM – Laga El Clasico antara dua klub raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona vs Real Madrid, Minggu (30/07/23) menghadirkan bintang baru pada sosok Fermin Lopez.

Pemain yang baru berusia 20 tahun itu mampu mencuri perhatian di duel klasik antara Barcelona vs Real Madrid berkat satu golnya.

Fermin Lopez mampu mencetak gol spektakuler yang membuat tim berjuluk Los Cules itu menang 3-0 atas rival abadinya tersebut.

Barcelona sendiri mampu membuka pesta golnya kala Ousmane Dembele mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-15.

Keunggulan klub asal Catalunya tersebut atas rivalnya bertahan setidaknya hingga laga memasuki 10 menit terakhir waktu normal.

Baca Juga

Lalu di menit ke-85 sebuah keajaiban terjadi kala Fermin Lopez yang baru masuk di menit ke-66, mampu menggandakan keunggulan Barcelona atas Real Madrid lewat sepakan spektakulernya.

Berkat satu golnya, Fermin Lopez menjadi buah bibir banyak orang. Apalagi jika menilik kariernya yang sempat mengalami pasang surut di usia yang terbilang muda.

Fermin Lopez lahir di Huelva, Spanyol pada 11 Mei 2003. Ia tercatat telah bergabung akademi Barcelona, La Masia, pada 2016 selepas menimba ilmu di Real Betis.

Baca Juga

Usai naik kelas ke tim Barcelona B, Fermin Lopez mendapat tamparan keras, di mana ia dianggap salah satu pemain paling lemah di antara pemain lainnya, seperti yang dikutip dari The Athletic.

Karena fisiknya yang lemah itu, tim kepelatihan Barcelona B tak banyak memberinya menit bermain, yang berujung pada dilemparnya Fermin Lopez ke tim kasta ketiga Spanyol, Linares pada 2022 lalu.

Siapa sangka, peminjaman ini membuat Fermin Lopez mampu mempesona Xavi Hernandez dan tim kepelatihan Barcelona, sehingga memasukkannya ke tim utama.

Baca Juga

1. Kebangkitan Fermin Lopez

Gelandang Barcelona, Fermin Lopez Martin mencetak gol pada babak kedua melawan Real Madrid di Stadion AT&T. (Foto: REUTERS/Kevin Jairaj)

Saat menjalani masa peminjaman di Linares, Fermin Lopez tampil sempurna dengan mencetak 12 gol dari 37 pertandingan di kasta ketiga.

Catatan itu membuat staf kepelatihan Barcelona terpikat, dan kemudian membuat Xavi Hernandez memanggilnya ke tim utama di akhir musim 2022/2023 untuk berlatih.

Fermin Lopez kemudian berlatih saat mayoritas para pemain utama berlibur. Karenanya, Xavi memboyongnya ke tim utama untuk pramusim.

Fermin Lopez pun sempat dimainkan dalam waktu singkat di laga kontra Arsenal. Tapi di laga melawan Real Madrid lah, ia mampu mencuri perhatian dengan gol spektakulernya.

Golnya itu cukup membuat Xavi terpesona dan tersenyum lebar. Sebab, ia bakal memiliki amunisi baru untuk musim 2023/2024 dari La Masia.

Baca Juga

“Dia (Fermin Lopez) adalah pesepak bola yang bertalenta. Dia tahu bagaimana melepaskan operan terakhir, yang mana hal tersebut adalah kekurangan kami musim lalu,” ujar Xavi pasca laga tersebut.

Talenta Fermin Lopez dalam melepaskan operan terakhir dari lini tengah ke lini depan, mengingatkan Xavi terhadap mantan rekannya, Andres Iniesta.

Apalagi Fermin Lopez punya kemampuan menggunakan kedua kaki sama baiknya, seperti mantan duetnya saat masih aktif bermain tersebut.

“Dia mencetak gol berkelas dengan kaki kirinya dan membuat assist untuk Ferran Torres dengan kaki kanan, jadi dia bisa menggunakan dua kakinya.”

Baca Juga

“Dia juga bisa bermain sebagai winger dan gelandang tengah. Kemampuan ini sulit ditemukan. Saya menyukainya,” ujar Xavi.

Fermin Lopez sendiri memang bisa beroperasi di berbagai posisi dari lini tengah hingga lini serang. Apalagi ia punya kemampuan menggunakan dua kaki sama baiknya.

Kemampuannya dalam menempati beragam posisi ini terbukti dari catatan golnya, di mana ia bisa mencetak enam gol dan dua assist saat bermain sebagai gelandang, dan empat gol serta dua assist saat bermain sebagai winger.

Dengan kemampuan ini, Fermin Lopez diyakini masuk dalam skuad utama Barcelona di musim 2023/2024 mendatang dan akan menjadi tambahan penting bagi Xavi untuk bersaing memperebutkan gelar.

Baca Juga
BarcelonaXavi HernandezIn Depth SportsLiga SpanyolIndepthFermin Lopez