x

5 Rekrutan Mewah Manchester United yang Malah Jadi Beban di Liga Inggris

Jumat, 4 Agustus 2023 16:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Harry Maguire, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Peter Powell

FOOTBALL265.COM – Beberapa transfer Manchester United berikut gagal memenuhi ekspektasi dan jadi biang kerok sejumlah penampilan buruk Setan Merah di Liga Inggris.

Dalam dua musim terakhir, Manchester United di bawah era kepelatihan Erik ten Hag memang gencar mendatangkan pemain baru.

Dari keterangan Transfermarkt, diketahui bahwa Manchester United sudah menghabiskan 359 juta euro sejak 2022 lalu selama bursa transfer.

Total dari biaya tersebut digunakan Manchester United untuk mendatangkan sekitar 12 pemain baru dengan empat diantaranya berstatus bebas transfer.

Antony jadi pemain termahal yang didatangkan Manchester United di era Erik ten Hag dengan mahar mencapai 95 juta euro pada Agustus 2022 lalu.

Baca Juga

Sayangnya dengan mahar tinggi tersebut, Antony gagal membuktikan kualitasnya dan dianggap sebagai pembelian terburuk Setan Merah.

“Antony memang punya kemampuan, tetapi dia sering bingung terkait apa yang mesti dilakukannya,” ucap legenda Timnas Belanda, Marco van Basten dilansir dari Daily Mail.

Baca Juga

Selain Antony, masih ada beberapa transfer mewah Manchester United dalam lima tahun terakhir yang gagal berkontribusi maksimal dan malah jadi beban sepanjang musim lalu.

Lantas siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Donny van de Beek
Nama pertama adalah Donny van de Beek. Pemain asal Belanda ini didatangkan Manchester United dengan mahar 39 juta euro pada tahun 2021 lalu.

Sayangnya, pembelian Donny van de Beek tak sesuai harapan manajemen Setan Merah dan para suporter.

Terbukti selama tiga musim berada di Old Trafford, gelandang berusia 26 tahun ini hanya memainkan 60 pertandingan di semua kompetisi.

Di musim lalu, Donny van de Beek bahkan cuma bermain 10 laga dan lebih banyak berada di ruang perawatan akibat cedera.

Baca Juga

1. Martin Dubravka

Selebrasi pemain Manchester United, Jadon Sancho merayakan gol keduanya saat Manchester United vs Leeds United. (Foto: REUTERS/Peter Powell)

Berikutnya ada Martin Dubravka. Kiper asal Slovakia ini sejatinya bukan pembelian termahal Manchester United, namun Setan Merah harus mengeluarkan dana 2,3 juta euro untuk pemain yang bahkan jarang dapat kesempatan tampil.

Dipinjam dari Newcastle United pada musim 22/23 lalu, Martin Dubravka hanya bermain dalam lima pertandingan di semua ajang.

Martin Dubravka bahkan membuat Manchester United tersingkir dari ajang Piala FA musim lalu usai disingkirkan Sheffield Wednesday.

Wout Weghorst
Sama seperti nama sebelumnya, Wout Weghorst bukan rekrutan yang terlalu mahal buat Manchester United namun jika melihat dari kontribusinya, Setan Marah sangat blunder telah mendatangkan eks Burnley FC tersebut.

Dipinjam dengan biaya 2,9 juta euro musim lalu, pemain berusia 30 tahun ini tak mampu mencetak satu gol pun buat Manchester United di ajang Premier League.

Baca Juga

Harry Maguire
Didatangkan dengan mahar mencapai 87 juta euro pada musim 19/20, nama Harry Maguire masuk dalam satu rekor transfer termahal Manchester United.

Sayangnya, harga mahal tersebut tak sebanding dengan performa Harry Maguire di lapangan. Meski sempat dipercaya sebagai kapten, namun eks Leicester City tersebut kerap melakukan blunder yang merugikan tim.

Baca Juga

Puncaknya pada bursa transfer musim 23/24 ini, Harry Maguire bakal diobral Manchester United dengan harga murah agar sang pemain bisa hengkang dari Old Trafford.

Jadon Sancho
Terakhir adalah Jadon Sancho. Untuk mendapatkan pemain asal London ini, Manchester United harus menggelontorkan dana hingga 85 juta euro pada musim 21/22 lalu.

Jumlah tersebut membuat Jadon Sancho bertengger di urutan keempat transfer termahal Manchester United sepanjang sejarah.

Namun sama seperti Maguire, penampilan Jadon Sancho sangat jauh dari kata memuaskan dan bahkan lebih sering absen akibat cedera serta sempat didepak dari skuat utama.

Total dalam dua musim, Jadon Sancho hanya bisa mencetak 12 gol di semua ajang. Torehan yang sangat tak sepadan dengan harga mahal yang dikeluarkan Manchester United.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini