x

Xabi Alonso Punya Peluang Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool pada 2026

Sabtu, 5 Agustus 2023 12:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Xabi Alonso punya peluang gantikan Jurgen Klopp di Liverpool pada 2026. Foto: Reuters/Thilo Schmuelgen.

FOOTBALL265.COM - Xabi Alonso menjadi salah satu calon pengganti Jurgen Klopp di Liverpool, yang bisa direkrut pada 2026 mendatang.

Ya, mantan gelandang The Reds itu punya kontrak yang akan kedaluwarsa di Bayer Leverkusen pada tahun yang sama dengan Jurgen Klopp di Liverpool.

Jurgen Klopp sendiri memang disebut-sebut bakal angkat kaki dari Liverpool hanya saat masa baktinya berakhir.

Ia nampaknya tidak akan bernasib seperti manajer-manajer Liga Inggris lainnya yang terpaksa lengser karena dipecat.

Baca Juga

Meski 2026 masih cukup lama, bursa calon pengganti Jurgen Klopp nyatanya sudah bergejolak hingga beberapa kali dengan sederet calon potensial.

Bahkan, Steven Gerrard sempat berada di daftar tersebut sejak lama, hingga kini ia mendarat di klub Saudi Pro League, Al Ettifaq.

Namun jika harus menyebut nama lain, Xabi Alonso merupakan salah satu calon yang bisa Liverpool pertimbangkan.

Selama kariernya sebagai pemain di klub Liga Inggris ini, ia telah mencatatkan 210 penampilan untuk The Reds di seluruh kompetisi.

Baca Juga

CV-nya sebagai pelatih pun tidak terlalu buruk. Ia pernah menangani tim muda Real Madrid dan Real Sociedad B sebelum merapat ke Bayer Leverkusen pada 2022.

Saat menanangi klub Bundesliga Jerman tersebut, Xabi Alonso juga menorehkan catatan apik dengan membawa Bayer Leverkusen ke semifinal Liga Europa 2022/2023. 

Sayangnya, di semifinal ia gagal membawa Bayer Leverkusen unggul atas AS Roma karena kalah skor agregat 1-2.

Meski begitu, mantan juara Euro dan Piala Dunia tersebut berhasil mengantar Bayer Leverkusen finis di peringkat 6 klasemen akhir Bundesliga Jerman 2022/2023.

Hasil ini membuat mereka lolos ke kompetisi Liga Europa 2023/2024 dan menambah catatan positif Xabi Alonso sebagai calon pengganti Jurgen Klopp di Liverpool.

Baca Juga

1. Xabi Punya Waktu untuk Persiapkan Diri

Xabi Alonso punya peluang gantikan Jurgen Klopp di Liverpool pada 2026. Foto: Reuters/Thilo Schmuelgen.

Sebagai informasi, Xabi Alonso baru saja menandatangani kontrak baru bersama Bayer Leverkusen berdurasi tiga tahun yang akan mengikatnya hingga 2026.

Sementara itu, Jurgen Klopp belum lama ini juga memperpanjang masa baktinya selama dua tahun, yang awalnya akan berakhir pada 2024 kini menjadi 2026.

Mungkin memang sebuah kebetulan, namun bukan berarti mustahil. Dalam kurun waktu tiga tahun mendatang, banyak hal yang mungkin akan terjadi.

Xabi Alonso masih punya beberapa PR untuk memajukan Bayer Leverkusen dan membantu mereka meraih banyak gelar. Start-nya sejauh ini sudah cukup bagus.

Di sisi lain, Jurgen Klopp juga bakal disibukkan dengan perombakan skuad dan menyiapkan warisan yang apik bagi penerusnya kelak.

Baca Juga

Namun untuk saat ini, keduanya pasti akan memfokuskan diri dengan tim masing-masing, sebelum memikirkan masa depan mereka pada 2026 mendatang.

Akankah Xabi Alonso nantinya bakal berjodoh lagi dengan Liverpool, kali ini sebagai manajer? Tentu saja hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Sepak Terjang Xabi Alonso di Dunia Kepelatihan

Xabi Alonso mengakhiri kariernya sebagai pelatih di Bayern Munchen pada 2017 setelah menjuarai Bundesliga Jerman, DFB-Pokal, dan DFB Supercup.

Pada 2018, ia berhasil menyelesaikan pelatihan UEFA Elite Coaching bersama sejumlah rekannya seperti Victor Valdez, Raul Gonzalez, dan Xavi.

Setelah itu, ia pun bergabung dengan tim kepelatihan Real Madrid U-14 sebelum akhirnya kembali ke mantan klubnya, Real Sociedad, sebagai pelatih.

Xabi Alonso menjadi pelatih Real Sociedad B dan berhasil membawa tim ini promosi ke Segunda Division.

Baca Juga

Lalu pada 2022, ia pun merapat ke Bayer Leverkusen dan diikat kontrak hingga 2024 mendatang. Kedatangannya menggantikan pelatih sebelumnya, Gerardo Seoane.

Saat mendarat di Bayer Leverkusen, klub Bundesliga Jerman tersebut sedang terpuruk di posisi bawah klasemen dan butuh pelatih yang bisa membuat mereka bangkit.

Xabi Alonso pun sukses membawa Bayer Leverkusen ke semifinal Liga Europa dan baru beberapa waktu lalu memperpanjang masa baktinya hingga 2026.

Mantan pemain Real Madrid tersebut memilih setia dengan Bayer Leverkusen meski kabarnya ada tawaran yang datang dari klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Baca Juga
LiverpoolXabi AlonsoJurgen KloppLiga InggrisIndepth

Berita Terkini