x

Pelatih Brasil Bongkar Penyebab Madura United Babak Belur Dihajar Rans FC

Kamis, 10 Agustus 2023 12:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Madura United, Mauricio Souza saat konfrensi pers usai pertandingan melawan RANS pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (09/08/23). (Foto: MO Madura United)

FOOTBALL265.COM - Tren kemenangan yang susah payah dibangun Madura United dengan cukup baik dalam tiga laga beruntun, akhirnya hancur juga tepat pada pekan ke-7 Liga 1 Indonesia 2023/24.

Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab menyerah dengan skor 1-3 saat dijamu Rans Nusantara FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (9/8/23).

Baca Juga

Pelatih Mauricio Souza lantas menjelaskan penyebab kekalahan anak asuhnya dari Rans. Yang paling utama adalah kegagalan pemain dalam menjaga fokus.

"Kami memasuki lapangan untuk memulai babak pertama dengan tidak bisa fokus 100 persen. Kami menghadapi masalah besar ketika Rans Nusantara melancarkan serangan. Kami memberi mereka keuntungan," kata Mauricio Souza selepas laga.

Berkurangnya fokus pemain berakibat pada longgarnya lini pertahanan dalam mengantisipasi upaya serangan lawan yang tampil agresif sejak menit awal.

Rans Nusantara FC lantas mendapatkan angin segar sepanjang babak pertama. Dua gol disarangkan melalui Tavinho pada menit ke-9 dan Mitsuru Maruoka (26').

Baca Juga

Madura United sebenarnya tak tinggal diam. Evaluasi selama turun minum merubah cara bermain mereka sepanjang paruh kedua pertandingan.

Sayang, upaya bangkit sudah terlambat. Rans FC memperlebar skor via aksi Angelo Rafael Meneses (65'), dan hanya sekali dibalas oleh Malik Risaldi pada menit ke-81.

"Babak kedua berada di tangan kami, tapi malah kebobolan lagi. Sungguh menyulitkan tim untuk bangkit di sisa waktu," cetus pelatih berpaspor Brasil itu.

Yang jelas, kekalahan 1-3 dari Rans Nusantara FC langsung berimbas kepada posisi Madura United sebagai pemuncak klasemen sementara Liga 1 yang terancam lengser.

Baca Juga

Fachrudin Aryanto cs. memang tetap berada di peringkat pertama dengan perolehan 13 poin, sama halnya Barito Putera. Beruntung, Madura United mengantongi keunggulan melalui head to head karena sebelumnya memetik kemenangan 2-1 pekan lalu.

Mauricio Souza pun menegaskan bahwa anak asuhnya tak boleh lagi berada dalam situasi yang sama pada laga-laga selanjutnya di Liga 1.

Terlebih, Madura United akan menjamu tim kuat sekaliber Persija Jakarta dalam jadwal kandang pekan ke-8 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (13/8/23).

"Kami kebobolan tiga gol (dalam kekalahan 1-3 kontra Rans Nusantara FC) dan situasi itu tidak boleh terjadi lagi," imbuh Mauricio Souza.

Kendati demikian, Souza tetap menilai performa anak asuhnya sudah cukup baik melawan Rans. Hanya masalah skor akhir saja yang tak berpihak.

"Kami mengapresiasi penampilan pemain, terutama di babak kedua. Mereka sudah maksimal dalam berusaha untuk membalikkan skor laga," pungkasnya.

Baca Juga
Rans Nusantara FCMadura United FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Mauricio Souza

Berita Terkini