x

Bocoran 2 Pemain Pengganti Jika Rizky Ridho dan Dzaky Asraf Batal Gabung Timnas U-23

Jumat, 11 Agustus 2023 12:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pemain Borneo FC, Terens Puhiri berusaha melewati hadangan bek Persija, Muhammad Ridho pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 di stadion Patriot, Rabu (09/08/23).

FOOTBALL265.COM - Manajer Timnas Indonesia U-23, Sumardji menyampaikan tim pelatih sudah menyiapkan pemain pengganti, apabila Rizky Ridho dan Dzaky Asraf batal gabung untuk persiapan ke Piala AFF U-23 2023. 

Seperti diketahui, Timnas U-23 dijadwalkan berpartisipasi di Piala AFF U-23 pada 17-26 Agustus mendatang di Thailand. Skuad Garuda Muda berada di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste.

Baca Juga

Untuk persiapan menuju kejuaraan dua tahunan itu, pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 23 pemain. Semuanya diisi pemain dari klub lokal. 

Akan tetapi, ada dua nama yang dilaporkan kemungkinan besar tak bisa bergabung yakni Rizky Ridho dan Dzaky Asraf. Persija Jakarta dan PSM Makassar selaku klub pemilik keberatan melepasnya. 

Baca Juga

Ridho dan Dzaky adalah pemain andalan di masing-masing klub. Persija dan PSM membutuhkan tenaga mereka, apalagi kompetisi sedang berlangsung dan Piala AFF U-23 bukan agenda resmi FIFA.   

Sebagai gantinya, tim pelatih membidik dua nama baru yakni Mohamad Kanu Helmiawan dari Persis Solo dan Mohammad Haykal Alhafiz dari PSIS Semarang.

Baca Juga

"Jadi begini, memang ketika nanti ini betul-betul Dzaky dan Ridho gak datang,  saya sudah kordinasi dengan coach Shin, opsinya adalah satu Kanu mungkin opsi kedua Haykal," ujar Sumardji. 

"Kami akan komunikasikan lagi dengan klubnya. Tetapi kemarin saya sudah di telfon sama manajemen sama Persis Solo, kalau memang Kanu dibutuhkan hari ini juga akan dikirim, tidak usah ragu dan Persis mendukung sepenuhnya program timnas," tambahnya. 

Baca Juga

Meski demikian, Sumardji menjelaskan Timnas U-23 masih menunggu kehadiran Rizky Ridho dan Dzaky. Khusus Ridho, dia adalah sosok yang dibutuhkan karena merupakan kapten tim.


1. Timnas U-23 Tunggu Rizky Ridho dan Dzaky

Pemain Madura United, Salim Tuharea dipanggil Timnas Indonesia U-23. (Foto: MO Madura United)

Sumardji menyatakan, kehadiran Ridho memberikan ketenangan di barisan pertahanan.   

"Kalau setelah ini atas bantuan masyarakat Indonesia dia (Rizky Ridho) bisa kirim, ya kita berterima kasih karena itu yang memang kami butuhkan," tuturnya. 

"Saya bilang dia kapten, sosoknya Ridho itu bisa membuat tenang tim, bisa membawa aura positif ke tim, jadi pertanyaannya kalau tidak ada Ridho kita repot juga," kata Sumardji yang juga ketua Badan Tim Nasional. 

"Kalau dari pemain, itu no problem, pemainnya malah pengen datang. Mana ada pemain muda kita itu nasionalisme rendah, semua pengen datang, tapi kan dilarang datang. Sementara kan mereka terikat kontrak, ya mohon maaf saya sampaikan apa adanya," tambah Sumardji. 

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 telah menjalani latihan perdana jelang Piala AFF U-23 2023 di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/08/23) sore. 

Baru 17 pemain yang hadir dalam latihan kemarin sore. Enam pemain lainnya masih absen yakni Alfeandra Dewangga, Kadek Arel, Muhammad Adi Satryo, Rizky Ridho, Dzaky Asraf, dan Beckham Putra.

Baca Juga

Empat pemain Alfeandra Dewangga, Kadek Arel, Muhammad Adi Satryo, dan Beckham Putra sudah mengonfirmasi akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23, meskipun terlambat.

"Prinsipnya, klub pemainnya yang belum datang, itu catatannya sudah menjadwalkan tapi undur, itu gak masalah, karena memang di tim saat ini sedang bertanding. Beckham contohnya masih tanding tanggal 13, yang penting tanggal 14 sudah hadir," jelas Sumardji.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Rizky RidhoPiala AFF U-23

Berita Terkini