x

Statistik Menarik Jelang Chelsea vs Liverpool: Hati-hati Sihir Mohamed Salah

Jumat, 11 Agustus 2023 15:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mohamed Salah siap menggila lagi bagi Liverpool di laga perdana mereka di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

FOOTBALL265.COM - Laga perdana Liga Inggris (Premier League) antara Chelsea vs Liverpool akan digelar pada Sabtu (13/08/23) malam.

Para penikmat dan penggemar Liga Inggris saat ini sedang bersiap menyambut musim baru 2023/2024 yang sudah di depan mata.

Salah satu pertandingan paling menarik yang akan mengawali matchday pertama kompetisi elite ini adalah Chelsea vs Liverpool.

Baik The Blues maupun The Reds saat ini sama-sama sedang berada dalam fase perbaikan performa tim setelah meraih hasil mengecewakan musim lalu.

Meski yang satu finis di peringkat 5 sedangkan yang satunya lagi 12, pertemuan keduanya tetap diprediksi berlangsung seru.

Ditambah lagi, ada sejumlah statistik menarik jelang laga yang berasal kubu Liverpool berikut ini, yang tentunya sayang jika tidak dibahas. Apa saja?

Baca Juga

Mohamed Salah

Nama pemain yang satu ini nampaknya bakal terus disebut setiap Liverpool akan mengawali musim baru di Liga Inggris.

Pasalnya, ia sudah terkenal sebagai satu-satunya pemain Liverpool yang tidak pernah berhenti mencetak gol di laga perdana The Reds di Liga Inggris.

Bahkan, bukan hanya satu-satunya di Liverpool, ia juga satu-satunya di liga yang mencatat rekor hebat tersebut!

Di pertandingan Chelsea vs Liverpool akhir pekan ini, ia pun berpeluang memperpanjang rekornya tersebut menjadi tujuh kali beruntun.

Baca Juga

Ya, Mohamed Salah sejauh ini selalu menyetor namanya di papan skor di enam laga perdana Liverpool di Liga Inggris.

Yang teranyar sebelum 2023/2024, ia menyarangkan satu buah gol ke gawang Fulham pada 6 Agustus 2022 dan menyelamatkan Liverpool dari kekalahan.

Pada waktu itu, Liverpool menutup pertandingan perdana mereka di Liga Inggris 2022/2023 dengan hasil imbang 2-2. Satu gol lainnya dicetak oleh Darwin Nunez.

Sejauh ini, Mohamed Salah telah mencetak 8 gol dari partai-partai perdana Liga Inggris, yang membuatnya setara Alan Shearer, Frank Lampard, dan Wayne Rooney.

Akankah Mohamed Salah nantinya bisa melanjutkan rangkaian rekor luar biasanya ini di laga kontra Chelsea dan kembali mencetak sejarah?

Baca Juga

1. Statistik dan Fakta Chelsea vs Liverpool Lainnya

Chelsea dan Liverpool akan berjumpa di laga perdana Liga Inggris 2023/2024. Foto: REUTERS/David Klein.

Kutukan Stamford Bridge

Ternyata, sepanjang sejarah tidak ada satu pun pemain Liverpool yang berhasil membobol gawang Chelsea hingga tiga kali di Stamford Bridge.

Namun jika harus membahas hat-trick saat menghadapi The Blues, ada nama Patrik Berger yang layak disebut di sini.

Ia mencatatkan hat-trick kontra Chelsea di Anfield pada musim 1997/1998, yang kemudian membantu Liverpool memenangkan laga dengan skor 4-2.

Catatan di Laga Perdana

Dari 10 pertandingan perdana mereka selama satu dekade terakhir di Liga Inggris, Liverpool mencatatkan 8 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Terakhir mereka merasakan kekalahan di laga perdana Liga Inggris pada musm 2012/2013 saat menghadapi West Bromwich Albion.

Saat itu, Liverpool yang masih ditangani Brendan Rodgers kalah lumayan telak dengan skor 0-3.

Baca Juga

Setelah itu pada musim 2013/2014, mereka pun menekuk Stoke City dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang Daniel Sturridge.

Sejak saat itu, Liverpool berlum pernah terkalahkan di laga perdananya di Liga Inggris, yang teranyar mengjadapi Fulham pada 2022/2023.

Rekor Belum Terkalahkan

Jelang lawan Chelsea, Liverpool juga memiliki bekal apik karena belum terkalahkan di 11 laga terakhirnya di Liga Inggris (7 kali menang dan 4 kali imbang).

Namun menariknya lagi, prestasi impresif ini dimulai sejak mereka main imbang menghadapi  Chelsea pada 4 April 2023.

Baca Juga

Bahkan sepanjang 11 laga unbeaten tersebut, Liverpool mencatatkan 7 kemenangan secara berturut-turut, mulai 17 April hingga 15 Mei 2023.

Skor Sama Kuat

Hal menarik lainnya dari Liverpool yakni raihan mereka di empat laga terakhir menghadapi Chelsea di Liga Inggris.

Bagaimana tidak? Liverpool dan Chelsea mengakhiri empat pertemuan mereka itu dengan hasil antiklimaks alias sama kuat.

Masing-masing pada 2021 dan 2022, mereka main imbang 1-1 dan 2-2, kemudian saat dua pertemuan pada 2023, malah skor kacamata 0-0 yang tercipta.

Pertandingan Liga Inggris 2023/2024 antara Chelsea vs Liverpool pada 13 Agustus lusa bisa disaksikan mulai pukul 22.00 WIB di platform Vidio.

Baca Juga
LiverpoolChelseaMohamed SalahLiga Primer InggrisLiga InggrisIndepth

Berita Terkini