x

Untung Rugi Harry Maguire Batal Cabut dari Manchester United

Rabu, 16 Agustus 2023 13:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, harus menerima kenyataan Harry Maguire bertahan di Old Trafford musim ini.

FOOTBALL265.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, harus menerima kenyataan Harry Maguire bertahan di Old Trafford musim ini.

Semula, Harry Maguire dikabarkan meninggalkan Manchester United dan segera diresmikan oleh West Ham United di bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

Manchester United kabarnya telah setuju dengan tawaran West Ham yang siap memboyong Harry Maguire di bursa transfer dengan biaya 30 juta poundsterling atau sekitar Rp583 miliar.

Akan tetapi, negosiasi gaji menjadi Maguire batal hijrah. West Ham dilaporkan hanya mau membayarnya sekitar 100 ribu poundsterling per pekan.

Di sisi lain, Maguire ingin dirinya mendapatkan gaji sebesar 190 ribu poundsterling per pekan, atau sama dengan yang ia terima di Man United.

Tak hanya soal gaji, Harry Maguire juga menuntut Manchester United untuk membayar pesangon, yakni sebesar 15 juta poundsterling.

Baca Juga

Karena situasi tersebut, kepindahan Maguire ke West Ham pun akhirnya batal, dan membuatnya dipastikan bertahan di Old Trafford musim ini.

Bakal bertahannya bek berusia 30 tahun tersebut di Old Trafford pun banyak membuat pendukung Man United geram karena sikapnya.

Banyak yang menilai bahwa Maguire adalah pemain ‘mata duitan’. Apalagi dirinya sudah tak masuk rencana Erik ten Hag musim depan.

Ya sejak musim lalu Maguire memang kerap menjadi penghias bangku cadangan Man United, usai kalah bersaing dengan Raphael Varane, Lisandro Martinez, dan Victor Lindelof.

Apalagi ada selentingan kabar bahwa Man United masih akan mendatangkan bek baru di musim panas 2023 ini, yang membuat Maguire makin tersisihkan.

Meski begitu, Harry Maguire yang batal pergi ternyata bisa memberikan keuntungan dan kerugian bagi Manchester United musim ini. Apa saja untung-ruginya?

Baca Juga

1. Keuntungan Maguire Batal Pergi

Harry Maguire, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Craig Brough

1. Man United Tak Perlu Cari Bek Baru

Batal perginya Harry Maguire membuat Manchester United tak perlu repot-repot mencari bek baru untuk mengarungi musim 2023/2024.

Apalagi dengan tingginya harga bek di bursa transfer. Dengan FFP yang menghantui Man United, sulit mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan bek baru.

Selain itu, bursa transfer pun terbilang sudah mepet, sehingga Man United akan sulit mencari bek baru jika Maguire pergi.

Baca Juga

2. Kedalaman Skuad Terjaga

Batal perginya Maguire juga membuat kedalaman skuad di lini belakang Man United terjaga, terlebih dengan bakal didepaknya Eric Baily.

Jika Eric Baily dan Maguire didepak, lini belakang Man United hanya menyisakan tiga bek saja, di mana Varane dan Martinez rentan dengan cedera.

Dengan mepetnya waktu di bursa transfer, batal perginya Maguire bisa menjadi berkah di tengah kesulitan yang dialami lini belakang Man United.

Baca Juga

Kerugian Maguire Batal Pergi

1. Merugikan Keuangan Man United

Batal perginya Harry Maguire membuat Manchester United bakal merugi secara keuangan karena beban gajinya yang tinggi serta batalnya kesempatan mendapat pemasukan.

Jika berhasil menjual Maguire ke West Ham dengan 30 juta poundsterling, Man United sejatinya tak akan merugi besar, karena dalam pembukuan hanya akan tercatat merugi 2 juta poundsterling saja dari total transfernya.

Tapi kegagalan dirinya pindah membuat Man United pun harus merugi di pembukuan tahun ini, karena gagal menghapus amortisasi transfernya dan biaya gajinya.

Baca Juga

2. Maguire Bakal Kehilangan Tempat di Euro 2024

Batal perginya Maguire ke West Ham tak hanya membawa kerugian bagi Man United, melainkan juga bagi dirinya sendiri.

Jika batal hijrah, Maguire pun harus menjadi penghuni bangku cadangan di Man United, yang jelas akan membuatnya tak memberi kesempatan bermain.

Jika tak mendapat kesempatan bermain, maka kesempatan Maguire tampil di Euro 2024 pun terancam karena ada Levi Colwill dari Chelsea yang siap menyingkirkannya.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisHarry MaguireTransfer PemainIndepth

Berita Terkini