x

Bedah Formasi Liverpool dengan Wataru Endo: Akhirnya Temukan Sosok Penyelamat

Kamis, 17 Agustus 2023 16:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wataru Endo akan melengkapi trio gelandang baru Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, menggebrak bursa transfer dengan merekrut gelandang baru, Wataru Endo.

Kabar tentang merapatnya pemain yang satu ini mulai meluas pada Kamis (17/08/23) pagi dan berkembang menjadi desas-desus positif di kalangan penggemar.

Di sisi lain, kedatangannya akan menjadi pelipur lara tersendiri bagi Liverpool yang beberapa waktu terakhir dibuat pusing oleh Romeo Lavia dan Moises Caicedo.

Dua pemain tersebut memang sangat santer dikabarkan akan merapat ke skuad The Reds, dengan pemberitaan yang masif di mana-mana.

Akan tetapi, setelah dibahas oleh khalayak ramai, mereka malah urung merapat dan pada akhirnya membuat Liverpool terpaksa berpaling.

Berbeda dengan Romeo Lavia dan Moises Caicedo, kabar tentang Wataru Endo bak petir di siang bolong yang membuat gempar jagat bursa transfer.

Baca Juga

Meski begitu, banyak yang menilai pemain asal Jepang ini adalah rekrutan yang tepat untuk Liverpool dengan situasi mereka yang membutuhkan gelandang bertahan.

Setidaknya sejak musim 2020/2021, Wataru Endo menjelma sebagai yang terdepan di antara gelandang-gelandang Bundesliga Jerman di banyak kategori.

Sebagaimana pernah dicatat Squawka, ia unggul untuk most possession won in defensive ⅓, most aerial duels won, most clearances, dan most headed clearances.

Dengan kemampuannya yang terbiasa bermain sebagai gelandang bertahan, Liverpool pun diharapkan telah menemukan sosok yang tepat.

Baca Juga

Jika bermain di skema 4-3-3, Wataru Endo bisa berada di sisi kanan lapangan tengah, posisi yang juga biasa ia tempati saat di VfB Stuttgart.

Bersamanya, akan bermain dua gelandang baru Liverpool lainnya yakni Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Sementara itu, Cody Gakpo yang dipasang sebagai gelandang di pertandingan menghadapi Chelsea pekan lalu akan kembali ke posisinya semula.

Dengan demikian, line up Liverpool setelah kedatangan Wataru Endo akan berubah di sektor gelandang yang seluruhnya berisi pemain-pemain baru.

Sementara itu, sejumlah pemain lawas seperti Thiago Alcantara, Harvey Elliott, dan Curtis Jones mungkin akan berada di daftar bangku cadangan.

Baca Juga

1. Formasi Liverpool dengan Wataru Endo

Gelandang Stuttgart yang dibidik Liverpool, Wataru Endo. Foto: instagram/endowataru.

Untuk kombinasi empat bek di lini belakang jelas tidak akan berubah, karena masih akan ditempati Virgil van Dijk dkk.

Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson nampaknya menjadi pemain dengan jaminan starter, sedangkan Ibrahima Konate masih harus bersaing dengan Joel Matip.

Wataru Endo sendiri selama ini dikenal sebagai gelandang bertahan yang bisa dimainkan di sektor bek tengah.

Akan tetapi, hal tersebut diprediksi tidak akan memengaruhi posisi Virgil van Dijk, bahkan Ibrahima Konate.

Pasalnya, selama bermain untuk VfB Stuttgart, dari 133 penampilannya ia tercatat hanya dua kali bermain sebagai bek tengah.

Kemudian untuk trio di lini depan, Mohamed Salah masih akan jadi pilihan utama yang sulit didepak di starting line up.

Baca Juga

Sementara itu, untuk dua posisi lainnya bakal diperebutkan oleh sejumlah pemain yakni Luis Diaz, Diogo Jota, Darwin Nunez, dan Cody Gakpo.

Dalam beberapa pertandingan teranyar Liverpool, terutama saat pramusim, Jurgen Klopp telah memasang sejumlah kombinasi berbeda.

Cody Gakpo pun bisa kembali ke daftar persaingan lima penyerang Liverpool apabila nanti Wataru Endo merapat dan mengisi pos gelandang.

Line Up Liverpool dengan Wataru Endo

Alisson; Alexander-Arnold, Konate/Matip, Van Dijk, Robertson; Endo, Mac Allister, Szoboszlai; Salah, Gakpo, Jota

Baca Juga

Perkembangan Transfer Wataru Endo

Setelah kabar tentang Wataru Endo merebak, publik dan warganet pun mulai mencari tahu sudah sejauh manakah rumor ini berkembang.

Berdasarkan penelusuran FOOTBALL265.COM saat tulisan ini dibuat, sang pemain dikabarkan sedang melakukan tes medis di Liverpool.

Kabar tersebut juga diungkap jurnalis sekaligus pakar transfer Italia, Fabrizio Romano, lewat cuitannya di platform X (dulu Twitter).

Menurut penuturannya juga, Wataru Endo terbang ke Merseyside pada hari Kamis malam bersama rombongannya usai mendapat lampu hijau dari VfB Stuttgart.

Kini, publik pun tinggal menanti kabar resmi dari Liverpool, dan apakah Wataru Endo bakal jadi solusi dan penyelamat yang tepat atas kebutuhan gelandang bertahan The Reds?

Baca Juga
Liga Primer InggrisLiga InggrisIndepthWataru Endo

Berita Terkini