x

5 Bintang Liverpool yang Makin Bersinar Jika Dilatih Xabi Alonso: Salah Raja Gol

Sabtu, 19 Agustus 2023 21:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Xabi Alonso saat laga Liga Champions antara Bayer Leverkusen vs FC Porto

FOOTBALL265.COM – Para bintang Liverpool berikut diprediksi bakal semakin menggila andai The Reds resmi dilatih Xabi Alonso di Liga Inggris musim depan. Siapa saja mereka?

Dalam beberapa waktu terakhir, nama Xabi Alonso memang sedang dikaitkan dengan Liverpool yang berpotensi ditinggal Jurgen Klopp.

Jurgen Klopp sejak beberapa waktu yang lalu dirumorkan ingin meninggalkan Liverpool pada tahun 2024 nanti.

Hal ini dikarenakan Fenway Sports Group sebagai pemilik The Reds, kurang membantu dalam pembiayaan bursa transfer.

Dilansir dari laman Sports Bible, Liverpool ternyata sudah mengincar pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso sebagai penerus Klopp.

Baca Juga

Alonso yang merupakan legenda The Reds, memiliki kesepakatan atau perjanjian rahasia dengan Bayer Leverkusen, dimana dirinya boleh meninggalkan klub tersebut sewaktu-waktu.

Alonso sendiri punya kontrak sampai 2026 bersama klub Jerman tersebut. Namun, ia boleh memutus kontraknya kalau memang ada tawaran dari klub lain.

Baca Juga

Meski belum ada tawaran resmi yang dilayangkan, namun jika benar Xabi Alonso bakal jadi pelatih baru The Reds maka akan membuat sejumlah pemain Liverpool semakin bersinar musim depan.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Mohamed Salah
Nama pertama adalah Mohamed Salah. Pemain asal Mesir ini sudah jadi andalan buat Liverpool selama era kepelatihan Jurgen Klopp, namun jika dilatih Xabi Alonso statistik gol eks Chelsea tersebut berpotensi kian melejit.

Pasalnya sepanjang melatih Bayer Leverkusen musim lalu, Xabi Alonso berhasil membuat para winger tim besutannya tampil menggila.

Musim lalu, Moussa Diaby yang mandul di delapan pekan awal saat Leverkusen masih dilatih Gerardo Seoane, langsung menjelma sebagai predator kotak penalti di bawah arahan Xabi Alonso.

Pemain 24 tahun tersebut sukses mengemas 14 gol serta memberikan 11 assists buat Leverkusen musim lalu.

Baca Juga

1. Diogo Jota

Darwin Nunez, Mohamed Salah, dan Cody Gakpo merayakan gol kedua Liverpool di laga Piala FA 2022/23 kontra Wolves (08/01/23). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Selain Salah, winger lain yang bakal jadi mesin gol Liverpool adalah Diogo Jota. Bermain di sebelah kiri, bintang asal Portugal tersebut memang sudah jadi andalan The Reds di lini depan.

Dalam empat musim memperkuat Liverpool, pemain 29 tahun itu sukses mengemas 41 gol dari total 114 penampilan di semua ajang.

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya Xabi Alonso bisa membuat para winger tim besutannya tampil impresif dan Diogo Jota pun berpotensi makin menggila musim depan.

Darwin Nunez
Dengan memainkan skema 3-4-3, daya serang tim besutan Xabi Alonso terletak di lini depan yang diperkuat tiga pemain bernaluri mencetak gol tinggi.

Ditopang dua winger yang bergerak agresif, Xabi Alonso juga bertumpu pada goal getter yang berdiri di depan kotak penalti lawan untuk menyambar crossing-crossing yang datang.

Baca Juga

Di skuat Liverpool saat ini, Darwin Nunez bakal jadi pemain yang paling memungkinkan untuk mengemban tugas goal getter tersebut.

Musim lalu, Darwin Nunez hanya bisa mencetak 15 gol buat Liverpool. Namun jika dilatih Xabi Alonso, produktivitas gol striker Uruguay tersebut berpotensi makin melejit tinggi.

Baca Juga

Dominik Szoboszlai
Selain lini depan, sektor gelandang juga bisa jadi senjata Xabi Alonso untuk mencetak gol. Terbukti, para gelandang Leverkusen berhasil cetak minimal satu gol musim lalu.

Dari skuat yang ada saat ini, Dominik Szoboszlai berpotensi menjelma sebagai gelandang serang produktif dan bisa membawa Liverpool era Xabi Alonso rajai Liga Inggris.

Sebelum pindah ke Liverpool, gelandang asal Hungaria ini memang dikenal mampu cetak gol dari second line lewat tembakan kerasnya. Total ada 20 gol yang diciptakan selama memperkuat RB Leipzig.

Baca Juga

2. Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold saat laga Liga Inggris antara Liverpool vs Brighton & Hove Albion

Terakhir adalah Trent Alexander-Arnold. Pemain yang berposisi sebagai wing back ini juga berpotensi tampil apik saat Liverpool resmi ditukangi Xabi Alonso.

Pasalnya, dalam taktik Xabi Alonso kerap memaksimalkan peran bek sayap untuk membantu serangan dan jarang para wingback tersebut sering catatkan nama di papan skor.

Di musim lalu, Jeremie Frimpong yang namanya kurang begitu familiar sebelum Xabi Alonso datang, berhasil menjelma sebagai salah satu bek sayap agresif di Liga Jerman.

Tercatat, Jeremie Frimpong mampu mencetak 8 gol dan memberikan 9 assists dari total 37 pertandingan di semua ajang.

Catatan tersebut membuat Jeremie Frimpong bertengger di urutan kedua pencetak gol terbanyak buat Bayer Leverkusen musim lalu.

Bursa TransferLiverpoolXabi AlonsoJurgen KloppLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini