x

Chelsea Bidik Ivan Fresneda sebagai Ancaman untuk Reece James?

Minggu, 20 Agustus 2023 13:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan membidik bek kanan muda dari Spanyol, yakni Ivan Fresneda jelang penutupan bursa transfer.

FOOTBALL265.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan membidik bek kanan muda dari Spanyol, yakni Ivan Fresneda jelang penutupan bursa transfer.

Kabar ini dilaporkan oleh ESPN yang menyebutkan Chelsea siap menyaingi Barcelona untuk mendapatkan jasa Ivan Fresneda dari Real Valladolid.

Baca Juga

Pemain berusia 18 tahun itu sejatinya menjadi target Arsenal sejak Januari 2023 lalu. Bahkan, Borussia Dortmund kabarnya juga meminatinya.

Minat juga datang dari Italia, yakni Juventus, serta beberapa klub besar lainnya yang kepincut dengan performa Fresneda.

Akan tetapi, hingga bursa transfer musim panas 2023 hampir ditutup, kepindahan bek berpaspor Spanyol itu belum terealisasi.

Namun kepindahan Ivan Fresneda ke klub baru kemungkinan akan terjadi dalam waktu dekat, mengingat hadirnya minat dari Chelsea yang memang doyan pemain muda.

Baca Juga

Tapi minat yang datang dari Chelsea ini banyak menimbulkan pertanyaan. Sebab, sektor bek kanan The Blues saat ini tengah menumpuk.

Ya, sektor bek kanan Chelsea saat ini memiliki dua pemain muda yang punya kualitas mumpuni, yakni Reece James dan Malo Gusto.

Reece James sendiri baru berusia 23 tahun, sedangkan Malo Gusto yang baru direkrut Januari 2023 lalu juga baru berusia 20 tahun.

Dengan adanya Reece James dan Malo Gusto, kehadiran Fresneda tentu tak masuk akal bagi Chelsea, mengingat dua pemain itu akan menutup jalannya untuk tampil reguler.

Tapi Chelsea seakan tak peduli dengan kondisinya tersebut dan tetap menargetkan Fresneda untuk menambah daftar pemainnya.

Minat Chelsea ini pun menimbulkan pertanyaan. Apakah ketertarikan kepada Ivan Fresneda menjadi alarm atau peringatan bagi bintang utamanya, Reece James?

Baca Juga
 

1. Rencana Chelsea Menggaet Ivan Fresneda

Reece James, pelatih Chelsea. Foto: REUTERS/Dylan Martinez

Menyebut Ivan Fresneda sebagai ancaman bagi Reece James bukanlah isapan jempol belaka, dan Chelsea tampaknya menyadari hal tersebut.

Pasalnya, Reece James kerap dilanda cedera. Terbaru dirinya dikabarkan mengalami cedera hamstring yang memaksanya bisa absen selama sebulan.

Baca Juga

Cedera demi cedera yang menghinggapi Reece James jelas membuat Chelsea khawatir. Pasalnya, ia menjadi salah satu pemain dengan bayaran terbesar di kubu klub.

Selain itu, ia menjadi salah satu pemain paling vital dalam sistem yang diterapkan Mauricio Pochettino, sehingga hal ini bisa berdampak pada permainannya.

Dari alasan tersebut, Chelsea khawatir cederanya akan tambah parah dan dipaksa mencari bek baru saat kejadian yang tak diinginkan itu datang.

Karenanya, nama Ivan Fresneda kemudian diincar, tak hanya untuk mengancam Reece James agar menjaga fisiknya, tapi juga untuk berjaga-jaga jika sang bintang harus dilepas akibat cedera menahun.

Baca Juga

Secara kualitas, Fresneda punya tipikal permainan berbeda dengan Reece James yang lebih condong menyerang sebagai bek kanan.

Perbandingan performa Reece James dan Ivan Fresneda. (Foto: DataMB)

Fresneda bertipe bek kanan yang defensif, dengan rataan 3,25 tekel+intersep, lalu 1,65 blok, dan mencetak 3,10 sapuan per 90 menit.

Dalam menyerang, Fresneda punya kesamaan dengan Reece James dalam melakukan tusukan, yakni rata-rata mencetak 2,48 dribel per 90 menit.

Tapi catatan Fresneda belum sesempurna Reece James untuk kategori gol, assist, maupun operan. Namun kategori ini bisa diasah seiring usianya yang masih muda.

Dengan kata lain, Fresneda dimaksudkan Chelsea untuk opsi berjaga-jaga andai Reece James mulai kambuh-kambuhan soal cederanya.

Jika pun Reece James fit, Chelsea juga punya rencana lainnya, yakni meminjamkan Fresneda ke Strasbourg agar makin terasah.

Nantinya jika ia makin terasah dan ternyata Reece James jarang cedera, maka Chelsea bisa menjual Fresneda untuk meraih profit atau keuntungan di masa depan.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainReece JamesIvan FresnedaIndepth

Berita Terkini