x

Tenar di Luar Negeri, Teco Puji Kualitas Rahmad Darmawan Jelang Bali United vs Barito Putera

Minggu, 27 Agustus 2023 02:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. (Foto: MO Bali United)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, blak-blakan memuji kualitas Rahmad Darmawan. Pujian ini dilontarkan jelang duel Bali United melawan Barito Putera di Liga 1 2023-2024, Minggu (27/8/23). 

Teco memulai karir di Indonesia pada tahun 2004 lalu, setelah sempat merasakan sepak bola Singapura. Ia gabung Persebaya Surabaya sebagai pelatih fisik.

Baca Juga

Teco bercerita bahwa nama besar Rahmad Darmawan sudah ada sejak saat itu. Ia mengakui kualitas Rahmad Darmawan yang sukses membawa Persipura Jayapura menjadi juara Liga Indonesia 2005. 

Teco juga pernah menjadi pelatih di Malaysia pada 2009 lalu. Makanya, ia punya kenalan beberapa sosok di Liga Malaysia. Teco tahu betapa besarnya nama Rahmad Darmawan di Malaysia.

"Dia pelatih yang punya pengalaman dan lebih senior dari saya. Saat saya masih awal di Indonesia sebagai pelatih fisik di Persebaya, saya melihatnya saat membawa Persipura jadi juara," kata Teco, Sabtu (26/8/23).

"Saya juga pernah liga ke Malaysia, dia pernah ke sana juga, punya nama cukup bagus sebagai pelatih asing. Saya pikir diantara kita sesama pelatih sudah tahu kualitas, kita sering saling respek, lanjut Teco.

Baca Juga

Teco menilai ada banyak pelatih di Indonesia yang punya kualitas ketika menangani sebuah tim. Menurutnya, prestasi pelatih lokal juga patut diapresiasi, tak hanya mengagung-agungkan pelatih asing.

Salah satu nama jelas ada pada sosok Rahmad Darmawan. Makanya, ketika kini Bali United berhadapan dengan Barito Putera, Teco mewaspadai sentuhan pelatih yang pernah berguru ke Jerman tersebut. 

"Kita tahu Barito dari liga kemarin sudah berbeda dengan liga sekarang. Dia pasti perbaiki tim. Pelatih yang juga sudah lama pegang tim Barito, sudah keluar masuk, pasti dia perbaiki tim mereka lebih kuat dari sebelumnya," jelas Teco.

"Kita harus respek sama lawan, mereka ada di atas kita dengan jarak tiga poin. Tapi saat kita bisa menang, kita bisa memiliki poin yang sama," lanjut Teco.

Baca Juga

Teco tak khawatir ketika Bali United harus bermain tanpa Elias Dolah. Bek Timnas Thailand itu pulang ke Swedia karena sang ibunda baru saja meninggal dunia. 

Teco menilai Bali United tak bergantung sosok tertentu, meski absennya Dolah sangat terasa dalam kekalahan atas Persis Solo, Sabtu (19/8/23) lalu. Ryuji Utomo kembali disiapkan sebagai pengganti Dolah.

Baca Juga

"Semua tahu dia (Dolah) punya masalah pribadi. Ketika dia sudah lebih siap, pasti bisa main. Tapi kita juga punya pemain lain. Pasti bisa bantu tim lawan Barito," ungkap Teco.

Teco mengatakan Bali United sudah berbenah setelah dua laga terakhir kebobolan delapan gol. Bali United punya waktu cukup untuk recovery kebugaran Ilija Spasojevic dkk.

Teco pun ogah menyalahkan sosok Adilson Maringa dalam kebobolan banyak gol ketika melawan Lee Man FC dan Persis Solo. Maringa tak melakukan kesalahan fatal yang berakibat gol bagi lawan.

"Jika kita melihat statistik di Liga 1, mungkin Maringa ada di posisi nomor dua sebagai kiper dengan penyelamatan paling banyak di liga. Ketika kebobolan banyak gol, saya pikir itu bukan dari kiper,"

Baca Juga

"Lini belakang tidak terlalu bagus, atau mungkin saat lawan Solo, kita kebobolan dari kesalahan individu, bukan dari Maringa," tegas Teco.

Teco berharap dukungan total dari suporter akan didapat Bali United saat melawan Barito Putera. Dukungan itu juga diinginkan Ryuji Utomo yang kemungkinan bakal berduet dengan Haudi Abdillah.

"Kami punya waktu persiapan yang cukup. Kami punya motivasi tinggi dan kita main di kandang. Kami akan berjuang dan kerja keras untuk meraih tiga poin di depan suporter kami," tegas Ryuji Utomo.

Saat ini ada ribuan tiket yang sudah terjual di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Laga pekan kesepuluh Liga 1 2023-2024 antara Bali United vs Barito Putera ini akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar dan live streaming di Vidio. 

Baca Juga
Barito PuteraRahmad DarmawanBali United FCStefano Cugurra TecoLiga 1

Berita Terkini