x

Kejutan di Balik Daftar 27 Pemain yang Dipanggil STY ke Kualifikasi Piala Asia U-23

Senin, 28 Agustus 2023 14:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menyampaikan bahwa pelatih timnas Indonesia telah mengantongi 27 pemain yang akan dipanggil ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Pengumumannya dalam waktu dekat.

Timnas U-23 akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan mulai 4-12 September mendatang. Indonesia akan jadi tuan rumah, tepatnya di Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga

Pada babak kualifikasi, timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K. Ada dua negara yang menjadi pesaing kuat, yakni Taiwan dan Turkmenistan. 

Karenanya, para pemain diminta berkumpul pada 4 September di Solo. Kemungkinan ada nama-nama baru yang dipanggil.

“Kalau untuk Kualifikasi Piala Asia U-23, nanti tanggal 4 September kumpul. Ada 27 pemain yang ada akan dipanggil dan kami akan panggil semua pemain yang ada,” kata Sumardji.

“Momentum itu kita pergunakan karena kami kepengen lolos ke putara final Piala Asia U-23. Pertandingannya nanti tanggal 9 dan 12 di Solo,” imbuhnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Sumardji yang juga manajer timnas Indonesia berharap tidak ada lagi konflik dengan klub soal pemanggilan pemain. Semua klub diminta melepas pemain terbaik, karena Kualifikasi Piala Asia U-23 adalah agenda resmi.

“Sudah lah, semua itu adalah masa lalu. Saya juga hanya memohon kepada klub sekiranya ke depan jangan sampai terjadi hal yang seperti ini," cetusnya.

"Kami pun juga akan mengevaluasi berkaitan dengan event-event yang memang layak di ikuti secara keseluruhan atau turnamen yang memang perlu dimainkan pemain lapis kedua, sehingga ada plan A plan B tidak seperti kemarin,” tutur Sumardji.

Hal itu disampaikan Sumardji, karena sejumlah klub enggan melepas pemain terbaik saat Piala AFF U-23 yang baru saja berakhir di Thailand. 

“Itulah evaluasi kami, khususnya saya dan Ketum PSSI sudah menyampaikan kepada kami semua agar mempersiapkan ada tim A tim B ketika menghadapi turnamen yang betul-betul kalender FIFA maupun turnamen yang di luar itu,” jelas Sumardji.

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Panggil Pemain Baru

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

Sementara itu, pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengatakan ada nama baru yang dipanggil untuk melakoni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Dia melihat ada beberapa pemain potensial dari tim yang berpartisipasi di Piala AFF U-23. Mereka bakal dipanggil, tapi namanya masih dirahasiakan.

Baca Juga

“Memang melalui turnamen ini (AFF U-23) saya bisa melihat ada pemain baru dan bisa menambah skuat. Semoga mereka bisa gabung saat turnamen berikutnya (di Kualifikasi Piala Asia U-23),” jelasnya.

Khusus di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong menegaskan tidak ada pemain yang statusnya ‘yoyo’ atau membela Timnas U-23 dan juga senior. 

Baca Juga

Laga pertama timnas U-23 berlangsung pada 9 September dengan melawan Taiwan. Setelahnya, giliran Turkmenistan yang jadi lawan pada 12 September.

Piala Asia U-23 2024 akan diikuti 16 tim, termasuk tuan rumah Qatar. Nantinya, 11 juara grup dan empat runner up terbaik akan lolos ke babak utama pada tahun depan.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Pra Piala Asia U-23Timnas IndonesiaPiala Asia U-23Kombes Pol SumardjiBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini