x

Komentar Exco PSSI Soal Nasib Shin Tae-yong Pasca Gagal di Piala AFF U-23

Senin, 28 Agustus 2023 17:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Exco PSSI Sumardji pada Kongres Biasa PSSI 2023 di Hotel Incontinental, Jakarta, Minggu (28/05/23).

FOOTBALL265.COM - Salah satu anggota Exco PSSI, Sumardji memberikan acungan jempol untuk pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meski gagal juara di Piala AFF U-23 2023. Dia menilai, kerja juru taktik Korea Selatan itu sudah maksimal.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong belum mampu persembahkan trofi untuk Timnas Indonesia, walau sudah hampir empat tahun melatih. 

Teranyar, Timnas Indonesia U-23 yang ditanganinya hanya jadi runner up di Piala AFF U-23, setelah kalah adu penalti 5-6 (0-0) dari Vietnam U-23.

Baca Juga

Menurut Sumardji, kinerja pelatih 52 tahun itu sudah sangat baik. Apalagi Timnas U-23 tampil di Piala AFF U-23 tanpa skuad terbaik.

PSSI juga tak memberikan target apa pun di Piala AFF U-23, tapi Shin Tae-yong mampu membawa skuad Garuda Muda melaju hingga partai final.

“Saya kira enggak demikian (nasib Shin Tae-yong terganggu). Dia Shin Tae-ying sudah luar biasa saya kira. Saya bukan membela, bukan,” kata Sumardji.

Baca Juga

“Kalau kita lihat, memang dia dengan materi pemain hanya pas-pasan seperti itu, bisa meracik dan bisa menyajikan strategi yang luar biasa. Itu menurut saya sebuah prestasi,” imbuhnya.

Sumardji yang juga manajer Timnas Indonesia menyatakan tau betul kondisi yang dialami Shin Tae-yong. Dia percaya jika eks pelatih Timnas Korea Selatan itu memberikan warna baru untuk skuad Garuda.

Baca Juga

“Saya ada di dalam, jadi saya bisa bicara seperti ini karena saya tahu bagaimana diameracik dan meramu serta memberikan semangat kepada anak-anak kita semua yang ada di dalam,” jelasnya.

Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia sejatinya akan berakhir tahun ini pada Desember nanti. Tapi, PSSI dilaporkan sudah jalin kesepakatan dengan sang pelatih untuk terus bekerja hingga Piala Asia 2024.

Baca Juga

1. Jadwal Padat Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

Setelah gagal juara di Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong tak punya waktu untuk bersantai. Dia harus segera mempersiapkan Timnas U-23 untuk berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Indonesia akan jadi tuan rumah penyisihan Grup K di Solo, Jawa Tengah pada 4-12 September nanti. Lawan yang akan dihadapi adalah Taiwan dan Turkmenistan.

Baca Juga

PSSI menargetkan Timnas U-23 lolos ke babak utama Piala Asia U-23 tahun depan. Jadi, Shin Tae-yong harus membuktikan diri.

Di waktu yang bersamaan, Shin Tae-yong juga harus memutar otak karena akan memimpin Timnas senior di FIFA match day lawan Turkmenistan pada 8 September di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Pra Piala Asia U-23Piala Asia U-23Shin Tae-yongPiala AFF U-23

Berita Terkini