x

Romelu Lukaku Jadi 'Biang Kerok' Gagal Merapatnya Jeremy Doku ke Liverpool

Senin, 28 Agustus 2023 01:00 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Subhan Wirawan
Romelu Lukaku jadi biang kerok gagal merapatnya bintang baru Manchester City, Jeremy Doku, ke klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

FOOTBALL265.COM – Romelu Lukaku jadi biang kerok gagal merapatnya bintang baru Manchester City, Jeremy Doku, ke klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Hal itu terjadi pada musim semi 2018 lalu ketika striker Chelsea dan Timnas Belgia, Romelu Lukaku, mengunjungi akademi mantan klubnya, Anderlecht.

Baca Juga

Lukaku saat itu mengunjungi direktur akademi klub, Jean Kindermans, untuk membicarakan tentang pemain muda berbakat ke depan.

Memang, sejak hengkang dari sana pada 2011 silam, striker berusia 30 tahun itu memang masik tertarik dengan pemain muda berbakat di Anderlecht.

Sampai di satu titik yang mana Romelu Lukaku duduk di kantor Jean Kindermans dan mendengar tentang Jeremy Doku, winger muda yang punya skill dan lari secepat kilat.

Lukaku sendiri sebelumnya juga diberi tahu Chelsea bahwa mereka kesulitan menggaet pemain muda berbakat karena menghadapi persaingan sengit dari Liverpool yang mengincar Doku.

Baca Juga

Maka dari itu, mantan bomber Manchester United itu membuat pesan video berdurasi 90 detik yang lantas dikirimkan kepada ayah Doku.

Pesan itu berisi bahwa Anderlecht merupakan klub besar yang punya akademi bagus sehingga Doku disarankan untuk menimba ilmu, bermain di tim utama, dan mungkin memenangi trofi sebelum pindah ke liga yang lebih besar.

Video Romelu Lukaku tersebut lantas mendapatkan tanggapan positif dari sang ayah sehingga Jeremy Doku akhirnya menandantangani kontrak pertamanya dengan Anderlecht.

Menariknya, Sadio Mane, yang saat itu membela Liverpool, juga ternyata mengeluarkan bisikan untuk ‘jangan’ hengkang ke Anfield Stadium.

Baca Juga

1. Mane Malah Tak Yakinkan Doku Gabung Liverpool

Jeremy Doku, pemain baru Manchester City. (Foto: instagram@mancity)

Liverpool sebelumnya dikabarkan mengirimkan Jurgen Klopp selaku pelatih dan Sadio Mane sebagai perwakilan pemain guna meyakinkan Jeremy Doku pindah ke Anfield Stadium.

Hanya saja, pembicaraan antara Sadio Mane dan Jeremy Doku itu ternyata tak berjalan seperti yang diinginkan manajemen Liverpool sebagaimana hal itu diungkapkan oleh bintang muda Belgia itu.

Baca Juga

“Saya membicarakan banyak hal dengan Mane, tetapi kami sebenarnya tak hanya bicara soal sepak bola saja, Kami membahas semua hal,” ungkap Doku.

“Dia (Sadio Mane) mengatakan pada saya bahwa saya masih muda sehingga saya masih punya banyak waktu,” imbuh Jeremy Doku.

Menariknya, Jeremy Doku membocorkan bahwa Sadio Mane malah tak mengeluarkan sepatah kata magis pun yang kiranya bisa membuat sang pemain yakin untuk pindah ke Liverpool yang juga mengisyaratkan agar ia ‘jangan’ pindah saat itu.

“Dia (Sadio Mane) tidak mencoba meyakinkan saya atau mengatakan pada saya, ‘Ayo, ke sini saja, Anda akan sukses’,” lanjut Jeremy Doku.

Baca Juga

“Jadi, saya lebih berhati-hati. Saya tahu apa yang harus saya lalui, rute yang arus diambil, dan saya paham bahwa saat itu harus bertahan di Anderlecht,” tutup Doku.

Pria berusia 21 tahun itu lantas membela Rennes sebelum akhirnya dibeli Manchester City pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

90Min mengabarkan bahwa Manchester City sepakat dengan Rennes untuk penjualan Jeremy Doku senilai 55 juta poundsterling atau sekitar 1 triliun rupiah.

Jeremy Doku terikat kontrak hingga Juni 2028 dan diproyeksi sebagai pengganti Riyad Mahrez yang baru saja angkat kaki.

Baca Juga
LiverpoolRomelu LukakuLiga Primer InggrisLiga InggrisJeremy Doku

Berita Terkini