x

Siapa Andrea Colpani? Gelandang Gacor Monza yang Bikin Juventus Jatuh Hati

Selasa, 29 Agustus 2023 13:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, dilaporkan membidik gelandang milik Monza, yakni Andrea Colpani, jelang bursa transfer ditutup.

FOOTBALL265.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, dilaporkan membidik gelandang milik Monza, yakni Andrea Colpani, jelang bursa transfer ditutup.

Dilaporkan oleh Calciomercato, ketertarikan terhadap Andrea Colpani ini datang seiring keinginan Juventus menambah kualitas di lini tengahnya untuk musim 2023/2024.

Baca Juga

Ketertarikannya ke gelandang Monza ini juga tak lepas dari kondisi Paul Pogba yang rentan cedera. Belum lagi dengan perginya Arthur Melo dan bakal didepaknya Weston McKennie.

Arthur Melo sendiri sudah didepak ke Fiorentina, sedangkan untuk McKennie, tim berjuluk Bianconeri itu masih mencari peminat.

Bahkan belakangan gelandang asal Amerika Serikat itu sudah tak lagi dimaksimalkan oleh Massimiliano Allegri dan hanya menjadi pelapis saja.

Karenanya, Juventus mengejar Andre Caolpani untuk menambah kedalaman skuadnya guna mengarungi musim 2023/2024 ini.

Baca Juga

Andrea Colpani adalah gelandang yang tengah naik daun di awal musim 2023/2024 ini berkat penampilan apiknya bersama Monza.

Gelandang kelahiran Brescia, Italia, pada 11 Mei 1999 ini mampu mencuri perhatian usai melesakkan dua gol dalam dua pertandingan yang dilakoni Monza di Liga Italia 2023/2024.

Torehan itu meningkat dari torehannya musim lalu yang mencetak total empat gol dari 27 pertandingan di Liga Italia 2022/2023 lalu.

Sebagai gelandang, torehannya itu pun cukup apik. Apalagi ia menunjukkan performa itu bersama tim promosi seperti Monza sejak musim lalu.

Bahkan saat masih bermain di level akademi bersama Atalanta, Colpani tampil gahar dengan mencetak 10 gol dan 5 assist di Primavera. Performa itu membuatnya kemudian dipinang Monza.

Dengan kiprahnya sejauh ii, apa yang membuat Juventus meminati jasa Andrea Colpani? Apakah dirinya nantinya bisa menambah kualitas tim berjuluk Si Nyonya Tua itu?

Baca Juga

1. Kualitas Andrea Colpani

Andrea Colpani, pemain AC Monza. (Foto: Instagram@acmonza)

Sebagai gelandang, Andrea Colpani lebih banyak bermain sebagai gelandang serang. Posisi ini sejatinya tak cocok untuk tim seperti Juventus.

Pasalnya, Juventus memainkan formasi 3-5-2, yang membuat lini tengah hanya ditempati oleh pemain yang bisa menjadi gelandang tengah saja.

Baca Juga

Tapi Juventus melalui sang Direktur Olahraga, Cristiano Giuntoli, punya pandangan lain mengapa Colpani dianggap cocok bermain bagi Bianconeri.

Jika melihat kualitasnya, Colpani bisa menjadi pengisi tempat yag bisa ditinggalkan Adrien Rabiot kelak yang kontraknya akan habis pada Juni 2024.

Pasalnya, Colpani dan Rabiot sama-sama pemain dengan insting mencetak gol tinggi dan kerap mengokupasi Final Third atau pertahanan lawan.

Tapi apakah Colpani bisa menggantikan Rabiot kelak jika kontraknya habis bersama Juventus di musim panas 2024?

Baca Juga

Jawabannya adalah bisa, mengingat Colpani punya rataan Non-Penalty Goals (NPG) rata-rata sebesar 0,44 NPG per 90 menit.

Lalu, Colpani dan Rabiot punya kemiripan tak cukup aktif membuat peluang, tapi kerap masuk ke Final Third dengan rataan 3,33 kali per 90 menit.

Meski begitu, Colpani unggul atas Rabiot soal dribel, di mana pemain berusia 24 tahun itu rata-rata melancark 3,24 kali dribel dan rata-rata melewati lawan sebanyak 1,93 kali per 90 menit.

Satu keunggulan Colpani atas Rabiot adalah kemampuannya melepaskan tembakan, di mana Colpani melepaskan 2,63 tembakan per 90 menit sedangkan Rabiot hanya membuat 1,43 tembakan per 90 menit.

Dengan kemampuan ini, Colpani akan menjadi pembelia brilian Juventus untuk menggantikan Rabiot yang banyak diincar klub-klub besar Eropa.

Tapi mendatangkan Colpani akan membutuhkan dana besar, mengingat ia baru saja meneken kontrak jangka panjang dengan Monza hingga 2028.

Baca Juga
Bursa TransferJuventusMonzaIn Depth SportsLiga ItaliaTransfer PemainIndepth

Berita Terkini