x

Menakar Akal Sehat Chelsea Bidik Ansu Fati untuk Atasi Krisis di Lini Serang

Rabu, 30 Agustus 2023 16:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Menakar akal sehat klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang membidik Ansu Fati dari Barcelona untuk mengatasi krisis lini serangnya.

FOOTBALL265.COM – Menakar akal sehat klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, yang membidik Ansu Fati dari Barcelona untuk mengatasi krisis lini serangnya.

Ansu Fati menjadi salah satu dari sekian nama yang dibidik oleh Chelsea untuk mengatasi krisis di lini serangnya akibat badai cedera.

Baca Juga

Ya, Chelsea harus mengalami krisis di lini serang jelang penutupan bursa transfer usai dua penggawanya, Christopher Nkunku dan Carney Chukwuemeka mengalami cedera.

Nkunku telah mengalami cedera sejak pramusim. Sedangkan Chukwuemeka yang diplot sebagai penggantinya, juga harus menepi akibat cedera di pekan kedua.

Karena kedua pemain itu cedera, tim berjuluk The Blues itu tak memiliki penyerang yang bisa menemani Nicolas Jackson di lini depan.

Hal ini membuat Mauricio Pochettino selaku pelatih sempat gusar, dan menegaskan bahwa Chelsea tengah mencari tambahan pemain baru.

Baca Juga

Tambahan pemain baru yang dimaksud adalah pemain yang berposisi sebagai penyerang, meski bukanlah penyerang murni, tapi pemain yang bisa menempati posisi penyerang lubang atau winger.

“Saat ini bukan waktu yang mudah untuk mencari pemain dengan profil yang tepat. Kami berada dalam proses dan mencari jika bisa kami akan menambah pemain di area ini (lini serang),” ujar Pochettino.

Fabrizio Romano pun membeberkan ada 10 nama yang masuk kantong Chelsea, di mana nantinya hanya satu yang akan diboyong.

Lalu, media Spanyol, Mundo Deportivo, menyebutkan bahwa salah satu yang dipertimbangkan Chelsea adalah penyerang Barcelona, Ansu Fati.

Adanya kabar ini pun menimbulkan pertanyaan. Mengapa Chelsea memasukkan nama Ansu Fati dalam daftar bidikannya untuk mengisi pos lini serang?

Baca Juga

1. Rentan Cedera dan Tak Cocok dengan Pochettino

Pemain Barcelona, Ansu Fati saat coba melepaskan tendangan dan dijaga oleh para pemain Cadiz di Liga Spanyol.

Ya, masuknya nama Ansu Fati dalam daftar Chelsea tak lepas dari keinginan Barcelona melepasnya dan menggantikannya dengan Joao Felix.

Barcelona memang sudah lama ingin mendepak Ansu Fati seiring menumpuknya pemain di lini serang mereka. Belum lagi perihal gaji sang pemain dan kondisi finansial Blaugrana.

Baca Juga

Hal tersebut membuat Chelsea dikabarkan akan memanfaatkan hal tersebut setidaknya untuk memboyongnya, entah secara permanen ataupun dengan pinjaman.

Tapi jika melihat situasi Ansu Fati, maka keinginan Chelsea memboyongnya menimbulkan pertanyaan besar di kalangan pendukungnya.

Pertama adalah soal kualitas. Secara kualitas, Ansu Fati bukanlah penyerang yang cocok dengan pemain keinginan Pochettino, yakni bisa bermain sebagai penyerang dan winger.

Sebagai penyerang, Ansu Fati terampil dalam mencetak gol dengan rataan 0,33 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit. Tapi catatan ini dibuat dari 4,34 tembakan yang ia buat.

Baca Juga

Ansu Fati juga tak terbilang kreatif untuk mengisi pos Nkunku dan Chukwuemeka atau sebagai Support Nicolas Jackson, dengan rataan 0,11 assist dan 3,08 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit.

Sebagai winger, Ansu Fati juga tak terampil dalam hal dribel dengan rataan 3,13 dribel saja serta melewati lawan hanya sebanyak 1,15 kali saja per 90 menit.

Satu hal yang membuat Ansu Fati tak cocok dengan Pochettino adalah profilnya yang malas dalam bertahan di Final Third, di mana ia hanya membuat 1,10 tekel+intersep per 90 menit saja.

Selain itu, Ansu Fati juga merupakan pemain yang rentan cedera. Hal ini menjadi alarm bagi Chelsea, mengingat banyak pemainnya yang juga harus menepi akibat cedera.

Di samping itu, Ansu Fati punya gaji fantastis yang tak masuk dalam kebijakan Chelsea saat ini berasam rezim baru Todd Boehly.

Belum lagi dengan biaya transfernya yang mungkin akan selangit, sehingga akan menyulitkan kondisi finansial Chelsea pada bursa transfer selanjutnya.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaIn Depth SportsLiga InggrisAnsu FatiTransfer PemainIndepth

Berita Terkini