x

Kembalinya Para Anak Hilang ke Pangkuan Garuda untuk Bela Timnas Indonesia

Kamis, 31 Agustus 2023 07:10 WIB
Editor: Juni Adi
Latihan perdana Timnas Indonesia Senior sebagai persiapan laga FIFA Matchday melawan Burundi di Lapangan PTIK, Jakarta, Senin (20/03/23).

FOOTBALL265.COM - Sejumlah pemain yang lama absen bela timnas Indonesia akhirnya kembali bakal memperkuat Merah Putih di ajang internasional FIFA Matchday.

Timnas Indonesia senior akan kembali beraksi di pertandingan internasional dalam tajuk FIFA Matchday yang bakal digelar edisi bulan depan. Skuad Garuda sendiri bakal menantang Turkmenistan, pada 08 September 2023.

Baca Juga

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, terpilih menjadi venue pertandingan FIFA Matchday kali ini. Persiapan pun mulai coba dilakukan oleh jajaran pelatih dalam komando Shin Tae-yong.

Salah satu langkah pertamanya adalah memanggil 24 pemain yang layak membela timnas Indonesia melawan Turkmenistan. Beberapa nama lama dan senior menghiasi skuad kali ini.

Tetapi ada juga nama-nama beken yang tak dipanggil karena akan ditaruh untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Adapun beberapa nama familiar yang dipanggil adalah Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Jordi Amat, Marc Klok, Rachmat Irianto, Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, hingga Ricky Kambuaya.

Baca Juga

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji mengatakan surat pemanggilan 24 pemain tersebut sudah dikirimkan kepada klub sejak Sabtu (26/08/23). Diharapkan para pemain dapat berkumpul pada 04 September 2023 mendatang.

"Semuanya komplet. Kita panggil semua pemain tim inti," kata Sumardji ketika ditanya soal pemanggilan pemain yang berkarier di luar negeri.

Selain nama-nama langganan, dalam daftar 24 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia, beberapa di antaranya merupakan muka lama rasa baru.

Hal itu lantaran mereka cukup lama tidak dipanggil ke timnas Indonesia meski sebelumnya kerap jadi andalan dalam beberapa waktu. Siapa saja mereka? berikut para anak hilang di Skuad Garuda.

Baca Juga
 

1. Pembuktian Para Anak Hilang di Timnas Indonesiaa

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Timnas Iran u-23 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Sabtu (16/11/19).

Egy Maulana Vikri merupakan salah satu nama yang disebut anak hilang kembali ke pangkuan Garuda. Sebab cukup lama ia tidak bermain membela timnas Indonesia di sejumlah pertandingan internasional.'

Terakhir kali Egy Maulana Vikri menggunakan jersey lambang Garuda di dada adalah pada Piala AFF 2022 lalu. Kala itu ia bukan lagi jadi pilihan utama di lini depan, karena hanya tampil setengah babak dalam empat pertandingan fase grup.

Baca Juga

Setelah itu, Shin Tae-yong lebih banyak memarkir Egy Maulana Vikri di bangku cadangan. Usai Piala AFF 2022, nama pemain asal Medan itu bak ditelan bumi lantaran tak lagi sering menghiasi timnas Indonesia senior.

Pada FIFA Matchday terbaru saat melawan Palestina dan Argentina juga Shin Tae-yong tidak memanggilnya. Pria asal Korea Selatan itu beralasan fakrot kondisi jadi penyebabnya.

"Egy (Maulana Vikri) tidak dipilih karena kondisinya dalam tidak baik," kata Shin Tae-yong kepada awak media kala itu.

Egy Maulana Vikri menjadi salah satu pemain langganan Timnas Indonesia. Bukan hanya memperkuat timnas senior, tetapi juga pernah bermain untuk U-19, U-22 dan U-23. 

Baca Juga

Sebelumnya di FIFA Matchday Maret 2023, Shin Tae-yong sempat memanggil Egy Maulana Vikri untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

Namun, Egy Maulana Vikri memutuskan mundur karena mengalami cedera. Shin Tae-yong pun memilih untuk memanggil Stefano Lilipaly untuk menggantikan posisi Egy Maulana Vikri. 

Selepas mundur dari Timnas Indonesia dengan alasan cedera, Egy Maulana Vikri justru mengejutkan publik karena tampil bersama Dewa United di Liga 1 2022/2023.

Kini, namanya pun kembali masuk dalam daftar 24 pemain memperkuat timnas Indonesia melawan Turkmenistan di FIFA Matchday bulan September nanti.

Baca Juga

Hal itu tidak lepas dari performanya di Liga 1 musim baru 2023/24 yang moncer bersama Dewa United.

Sejauh ini ia sudah membuat 2 assist dan 2 gol dari 10 pertandingan. Egy juga jadi pilihan utama dan selalu tampil penuh, dengan catatan menit bermain 827 menit.

Tak heran jika Shin Tae-yong kepincut untuk memanggilnya lagi, karena pemuda berusia 23 tahun ini sudah kembali ke performa terbaiknya lagi.

Adam Alis Balik Lagi

Selain Egy Maulana Vikri, ada lagi si anak hilang yang balik memperkuat timnas Indonesia. Dia adalah Adam Alis.

Menurut data dari Transfermarkt, terakhir kali Adam Alis membela timnas Indonesia di ajang internasional, adalah ketika Merah Putih bermain di play-off leg kedua Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada 11 Oktober 2021.

Saat itu pemain berposisi sebagai penyerang sayap ini bermain dalam 45 menit dan membawa timnas Indonesia menang 3-0. Pada leg pertama sendiri, Adam Alis hanya jadi pemain cadangan.

Setelah itu, namanya tak lagi jadi langganan timnas Indonesia. Shin Tae-yong juga luput melirik kemampuan sang pemain di Liga 1, menyusul performanya yang menurun di beberapa klub.

Namun pada musim ini, Adam Alis tampil baik bersama Borneo FC di Liga 1 2023/24. Ia jadi pilihan utama dan membuat 1 assist dari 9 pertandingan sejauh ini.

Pemain 29 tahun itu memang layak dipanggil ke timnas Indonesia. Ia menjadi bagian penting dari Borneo FC yang hingga pekan ke-10 Liga 1 2023-2024 berada di posisi kedua klasemen.

Adam Alis bakal bersaing ketat di sektor sayap kiri dengan Saddil Ramdani. Tambahan Egy Maulana dan Adam Alis di lini depan, semakin memperkaya opsi Shin Tae-yong, dan juga jadi tambahan bagus, mengingat mereka punya kualitas yang baik untuk timnas Indonesia.

FIFAAdam Alis SetyanoTimnas IndonesiaEgy Maulana VikriShin Tae-yong

Berita Terkini