x

Dapat Grup Mudah di Liga Champions, Manchester City Difavoritkan Juara Lagi

Jumat, 1 September 2023 14:42 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Pemain Manchester City menjuarai Liga Champions usai mengalahkan Inter Milan di final. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City, dijagokan kembali memenangi Liga Champions usai mendapat grup mudah.

Acara drawing alias pengundian fase grup Liga Champions 2023/2024 telah dilangsungkan pada Kamis (31/08/23) malam WIB. Sebanyak 32 klub kontestan telah dibagi ke dalam 8 grup.

Baca Juga

Bisa dibilang, Grup F adalah grup yang paling sengit karena berisikan klub-klub dengan nama besar seperti AC Milan, Paris Saint-Germain, Newcastle United, dan Borussia Dortmund.

Perjuangan berat harus dilalui keempat tim yang tergabung dalam Grup F untuk mengamankan dua tiket ke babak selanjutnya. Masing-masing memiliki peluang yang sama untuk melakukannya.

Bertolak belakang dengan yang dialami AC Milan, PSG, Dortmund, dan Newcastle, undian cukup mudah didapat klub juara bertahan Liga Champions, Manchester City.

Skuat asuhan Pep Guardiola tergabung dalam Grup G bersama RB Leipzig, FK Crvena Zvezda, dan Young Boys. Sebagai juara bertahan, Man City tentunya diprediksi akan dengan mudah lolos ke fase gugur.

Baca Juga

Tak hanya lolos dari fase grup, The Analyst bahkan memprediksi Man City berpeluang mempertahankan gelar mereka pada musim ini. Hal ini tak lepas dari status Man City sebagai klub terbaik dunia berdasarkan Opta Power Rankings.

Menurut prediksi tersebut, Man City, dengan nilai Opta Power 100, akan dengan mudah mengatasi perlawanan klub-klub dari Grup G, yang memiliki nilai rata-rata Opta Power 89,3.

The Analyst juga memprediksi persentase Man City lolos dari masing-masing babak. Hasilnya sendiri cukup mencengangkan.

Skuat asuhan Pep Guardiola bahkan mencatat persentase 98,8% untuk lolos dari fase grup, tertinggi dibandingkan klub-klub lainnya. Lantas, bagaimana dengan peluang Man City di babak-babak selanjutnya?

Baca Juga

1. 50 Persen Masuk Final

Pelatih Manchester City Pep Guardiola dalam Final Liga Champions antara Final Manchester City vs Inter Milan, Minggu (11/06/23). (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Persentase Man City melaju ke babak perempat final Liga Champions 2023/2024 pun masih cukup tinggi, yakni 82%. Nilai ini bahkan dua kali lipat lebih tinggi ketimbang Barcelona dan Leipzig, yang hanya memperoleh skor 40,8% dan 40,2%.

Berlanjut ke babak semifinal, peluang Man City pun masih sangat tinggi. Erling Haaland dkk diperkirakan 64,6 persen melaju ke empat besar.

Baca Juga

Sebagai catatan, Man City menjadi satu-satunya klub yang mencatat persentase di atas 50 persen untuk masuk semifinal. Pesaing terdekatnya, Bayern Munchen, "hanya" mencatat skor 35,3%.

Man City juga masih mencatat persentase di atas 50% untk mencapai final Liga Champions musim ini. Skor ini cukup tinggi, mengingat kompetisi bahkan belum dimulai.

Sementara, untuk menjadi juara, baru peluang Man City turun di bawah 50%. Menurut The Analyst, peluang mereka menjadi 36,1%, yang masih tergolong cukup tinggi.

Menyusul Man City, Bayern Munchen berada di tem,pat kedua dengan skor 10,2%, disusul Arsenal (7%), Real Madrid (6,6%), dan Napoli (6%).

Baca Juga

Usai drawing Liga Champions 2023/2024 kemarin malam, para tim akan mempersiapkan diri untuk menjalani pertandingan perdana penyisihan grup yang berlangsung pada 20/21 September 2023.

Sementara laga terakhir penyisihan grup bakal terjadi pada 13 dan 14 Desember 2023 mendatang, tepat sebelum liga-liga memasuki jeda musim dingin.

Laga final Liga Champions 2023/2024 sendiri rencananya digelar di Stadion Wembley, Inggris, pada Sabtu (01/06/24).

Layak dinantikan, apakah prediksi The Analyst akan terjadi pada Luga Champions musim ini, atau justru muncul kejutan dari tim-tim yang tidak diperhitungkan. 

Baca Juga
Manchester CityLiga ChampionsPep GuardiolaErling Braut HaalandBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini