x

Skuad Mentereng Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-23, Wajib Lolos !

Jumat, 1 September 2023 09:50 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Timnas Indonesia U-23 memiliki kedalaman skuad yang mentereng, untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23, sehingga wajib lolos dalam ajang tersebut.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-23 memiliki kedalaman skuad yang mentereng, untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23, sehingga wajib lolos dalam ajang tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong sudah merilis daftar pemain yang dipanggil untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar pada 4-12 September mendatang.

Baca Juga

Menjelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, sebanyak 27 pemain terbaik yang berlaga di kompetisi dalam dan luar negeri akan disiapkan oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Beberapa nama pemain yang dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 tersebut, di antaranya Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Rafael William Struick (Ado Den Haag).

Kemudian, Shin Tae-yong juga memanggil Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Ivar Jenner (FC Utrecht).

Selain itu, pemain terbaik dari kompetisi dalam negeri juga mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga

Ada satu personel dari klub peserta Liga 2, yakni atas nama Nuri Agus Wibowo asal Bekasi FC yang juga mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.

Mayoritas pemain ini, sudah tidak asing lagi di skuad Garuda dan merupakan pemain andalan di klubnya, terutama saat mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pada daftar pemain yang sudah dirilis, ada juga debutan Timnas Indonesia U-23 seperti Muhammad Rayhan Hannan, Muhammad Akbar Arjunsyah, Victor Benjamin Dethan hingga Hokky Caraka.

Melihat komposisi pemain Timnas Indonesia U-23 saat ini, maka Skuad Garuda sudah seharusnya bisa tampil maksimal di Kualifikasi ini dan lolos ke Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Qatar pada 2024 mendatang.

Baca Juga

Selain itu, peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Asia U-23 sangat besar, lantaran Skuad Garuda akan tampil sebagai tuan rumah pada babak kualifikasi.

Timnas Indonesia berada di Grup K di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Lawan Skuad Garuda adalah Taiwan dan Turkmenistan, semua laga bakal dimainkan di Stadion Manahan, Solo.

Laga pertama Timnas U-23 berlangsung pada 9 September nanti melawan Taiwan. Setelah itu, Skuad Garuda akan bertemu Turkmenistan pada 12 September.

Timnas Indonesia di level U-23, sudah sempat bertemu dengan Taiwan di antaranya pada Asian Games 2018, saat itu Indonesia tampil sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 dan Taiwan tersebut, berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, 12 Agustus 2018. Saat itu, Skuad Garuda menang dengan skor telak 4-0.

Kemenangan Indonesia saat itu, berkat sepasang gol dari Stefano Lilipaly, dan satu gol dari Beto Goncalves dan M. Hargianto.

Sementara itu, untuk lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia wajib finis sebagai juara grup atau setidaknya merebut status empat runner-up terbaik.

Sebagai informasi, Piala Asia U-23 2024 akan diikuti 16 tim, termasuk tuan rumah Qatar. Total 11 juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke babak utama pada tahun depan.

Sejak turnamen ini pertama kali digelar pada 2012, Timnas Indonesia tak pernah sekali pun lolos ke putaran final Piala Asia U-23.

Shin Tae-yong merasa optimis, Timnas Indonesia bisa lolos ke babak utama Piala Asia U-23, pasalnya pelatih asal Korea Selatan melihat peluang itu terbuka lebar.

Apalagi, Skuad Garuda tampil di hadapan pendukung sendiri yang tentu akan menambah memotivasi pemain saat tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23.

"Secara teori peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar. Apalagi kita bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu," tegasnya.

Selain itu, keberhasilan meraih medali emas pada SEA Games 2023 tentu menjadi modal bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final.

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaPiala Asia U-23Marselino FerdinanElkan BaggottIvar JennerBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongRafael William Struick

Berita Terkini