x

Ahmet Atayev, Eks Arema FC Pembongkar Rahasia Timnas Indonesia Jelang Lawan Turkmenistan

Jumat, 8 September 2023 12:22 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Mantan pemain Arema FC asal Turkmenistan, Ahmet Atayev.

FOOTBALL265.COM - Turkmenistan menjadikan pertemuan kontra Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (08/09/23) sebagai laga sangat penting.

Bagi kedua tim, pertemuan malam nanti bertujuan utama untuk memperbaiki peringkat di klasemen FIFA. Keduanya saat ini terpaut 12 tingkat.

Baca Juga

Turkmenistan lebih unggul dengan berada di urutan 138, sedangkan Indonesia di posisi 150. Kendati demikian, situasi ini tak bisa dijadikan tolok ukur kekuatan kedua tim.

"Indonesia punya pelatih (Shin Tae-yong) dan organisasi yang bagus," tutur Mergen Orazov dalam pre-match press conferrence, Kamis (07/09/23).

Baca Juga

"Kami harus mewaspadai semua pemain, tidak bisa per individu. Kami siap memberi perlawanan sulit," imbuh Pelatih Timnas Turkmenistan sejak Januari 2023 tersebut.

Modal penting tim berjulukan Karukum Warriors itu tentu saja adalah informasi yang diberikan Ahmet Atayev. Dialah kapten tim yang berpengalaman di Liga 1.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Ahmet Atayev pernah mencicipi kompetisi tanah air kala berjersey Arema FC periode 2017-2018 dan berlanjut ke Persela Lamongan.

"Kami sangat terbantu dengan beberapa informasi yang diberikan Ahmet perihal sepak bola Indonesia," tutur Mergen Orazov.

Baca Juga

"Kami tahu, Ahmet punya pengalaman di sepak bola Indonesia. Sekarang dia bersama kami dan akan membantu kami," Pelatih Timnas Turkmenistan itu menambahkan.

Lantas, bagaimana sepak terjang Ahmet Atayev selama menjalani karirnya di Liga 1? Berikut INDOSPORT.com sedikit mengulasnya.

Baca Juga

1. Perkuat Arema FC dan Persela Lamongan di Liga 1

Mantan pemain Arema asal Turkmenistan, Ahmet Atayew.

Ahmet Atayev bergabung ke Arema FC sebagai pengisi slot pemain asing Asia saat ditinggalkan bek asal Lebanon, Jad Noureddine pada paruh musim 2017.

Perannya sangat sentral dalam membentengi setiap upaya serangan lawan sejak di lini tengah. Karakter bermain gelandang 32 tahun ini memang lebih defensif.

Ahmet pun menjalani musim yang cukup baik di Arema FC. Dia tampil 14 kali dan mencetak 2 gol serta mengantar Tim Singo Edan finis di peringkat 9 Liga 1.

Situasi itu membuat Arema FC tak ragu memberi perpanjangan kontrak. Namun, performanya menurun dengan tampil 11 kali dan mencetak 1 gol sampai paruh musim.

Persela Lamongan (2018)

Eks pelatihnya di Arema FC, Aji Santoso kemudian memboyong Ahmet Atayev untuk mengisi slot pemain asing Asia di Persela Lamongan pada putaran dua Liga 1.

Ketika itu, Tim Laskar Joko Tingkir sedang bagus-bagusnya dengan para pilar asing seperti Loris Arnaud (eks Paris Saint-Germain) sebagai striker.

Namun, performanya tak lebih baik dan justru kalah bersaing dibanding para gelandang lokal. Atayev pun hanya tampil dalam 6 laga di Persela.

Kariernya pun terangkum selama 1,5 musim di Liga 1. Setelah itu, Atayev berkarir di Liga Super Malaysia untuk Sabah FC pada 2019 dan kini bermain di negerinya untuk klub Altyn Asyr FK.
 

Persela LamonganTurkmenistanTimnas IndonesiaArema FCLiga 1Ahmet Atayew

Berita Terkini