x

Bedah Formasi Juventus Jika Dapatkan Wonderkid Senegal Habib Diarra

Senin, 11 September 2023 19:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Habib Diarra, bintang RC Strasbourg Alsace. (Foto: Instagram@rc_strasbourg_67)

FOOTBALL265.COM Juventus diprediksi bakal semakin agresif di Liga Italia andai mereka sukses dapatkan tanda tangan wonderkid asal Senegal, Habib Diarra.

Meski bursa transfer telah ditutup beberapa waktu lalu, namun Juventus masih terlihat agresif dan terus memantau sejumlah pemain yang mereka anggap potensial.

Baca Juga

Dari sekian banyak nama yang dirumorkan, sosok Habib Diarra jadi sorotan lantaran mampu mencuri perhatian Juventus meski dirinya masih berusia 19 tahun.

Melansir dari laman Sky Italia, disebutkan bahwa gelandang bertahan berpaspor Prancis tersebut akan didatangkan Juventus sebagai pengganti Denis Zakaria.

Zakaria sendiri telah meresmikan kepindahannya menuju AS Monaco, sehingga opsi lini tengah Juventus menjadi sangat minim.

Saat ini di Allianz Stadium hanya tinggal Manuel Locatelli, Nicolo Rovella, Enzo Barrenechea, Adrien Rabiot, Nicolo Fagioli, Weston McKennie, Paul Pogba, Fabio Miretti, dan Hans Caviglia.

Baca Juga

Akan tetapi, beberapa nama di atas masih belum bisa memuaskan pelatih Allegri sehingga sang allenatore meminta manajemen untuk datangkan satu gelandang tambahan.

Dari laporan Juve FC, disebutkan bahwa Bianconeri akan coba melayangkan proposal lebih dari 67 juta euro demi bisa dapatkan Habib Diarra.

Meski belum ada kesepakatan resmi, namun jika benar Habib Diarra mendarat ke Turin tentu bakal membuat lini tengah Juventus jauh lebih berwarna.

Dengan segala potensi yang ia miliki, Habib Diarra bisa membentuk trio gelandang solid bersama penggawa Le Zebre lain dan jadi kunci keberhasilan Juventus raih scudetto musim ini.

Berikut INDOSPORT coba mengulas, potensi formasi yang bakal diterapkan Juventus andai mereka sukses mendatangkan Habib Diarra:

Baca Juga

1. Juventus Terapkan Strategi Baru

Pemain Juventus Adrien Rabiot berebut bola dengan pemain Bologna pada laga Liga Italia di Stadion Allianz (Torino). (Foto: juventus)

Sepanjang musim 23/24, Juventus terlihat melakukan perubahan dalam taktiknya. Pelatih Allegri seperti mengetahui jika skema 4-3-3 miliknya musim lalu tidak berjalan sempurna.

Akhirnya, Allegri pun coba memainkan taktik 3-5-2 yang mengandalkan kekuatan di lini tengah serta memaksimalkan counter attack dari lini sayap.

Baca Juga

Strategi tersebut ternyata sukses besar buat Juventus. Terbukti sepanjang musim ini, Dusan Vlahovic cs belum pernah tersentuh kekalahan dan raih dua kemenangan.

Berkaca dari penampilan apik tersebut, tampaknya pakem 3-5-2 akan jadi formasi dasar Juventus sepanjang musim 23/24.

Jika menggunakan formasi diatas, maka lini belakang Juventus akan berisikan tiga bek tangguh yang terdiri dari Danilo, Bremer serta Alex Sandro.

Ketiganya bakal jadi tembok kokoh untuk menghadang serangan yang datang ke gawang Juventus yang dijaga Wojciech Szczesny.

Baca Juga

Kemudian di lini tengah, bakal ada sedikit perubahan dari daftar line up selepas kedatangan Habib Diarra yang bertipikal menyerang.

Untuk posisi gelandang, trio Adrien Rabiot, Manuel Locatelli serta Habib Diarra sepertinya bakal jadi pilihan yang menarik.

Manuel Locatelli yang lebih defensive, akan bertugas sebagai holding midfielder atau deep lying playmaker di depan tiga bek Juventus.

Sedangkan Adrien Rabiot dan Habib Diarra akan jadi gelandang box to box serta advance playmaker. Pergerakannya pun diharapkan bisa fleksibel dan mampu ciptakan ruang atau umpan kunci ke lini depan.

Baca Juga

2. Kekuatan Baru Juventus

Selebrasi pemain Juventus, Dusan Vlahovic usai mencetak gol ke gawang Bologna menit ke 80' pada laga Liga Italia di Stadion Allianz (Torino). (Foto: juventus)

Untuk membantu serangan di lini tengah, Juventus akan bertumpu pada para winger atau wide midfielder di sebelah kiri serta kanan.

Di posisi sebelah kiri, ada Filip Kostic yang memang sudah bersinar sejak didatangkan Juventus pada tahun 2022 lalu.

Sedangkan di sebelah kanan, ada winger baru yang namanya langsung mencuri perhatian musim ini, Timothy Weah.

Para winger tersebut tak hanya bertugas sebagai pemberi umpan dari sisi sayap, namun juga bakal turun ke area pertahanan dan membantu lini belakang saat terjadi counter attack.

Terakhir di posisi ujung tombak, ada duet Dusan Vlahovic dan Federico Chiesa yang musim ini terlihat makin gacor dengan keduanya mampu cetak empat gol di Liga Italia.

Dengan umpan-umpan akurat dari lini tengah dan dilengkapi finishing sempurna para striker, bisa dipastikan Juventus akan jadi salah satu klub Serie A yang menakutkan bagi pertahanan lawan.

Perkiraan Formasi Juventus Bersama Habib Diarra:
Juventus XI (3-5-2):

Wojciech Szczesny; Danilo, Bremer, Alex Sandro; Filip Kostic, Adrien Rabiot, Manuel Locatelli, Habib Diarra, Timothy Weah; Dusan Vlahovic, Federico Chiesa.

Bursa TransferJuventusLiga ItaliaHabib Diarra

Berita Terkini