x

Nankatsu SC, Klub Milik 'Captain Tsubasa' Berambisi Tembus J.League

Rabu, 13 September 2023 10:46 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Simak Nankatsu SC, klub 'Captain Tsubasa', yang saat ini berambisi menembus divisi top Liga Jepang (J.League).

FOOTBALL265.COM – Simak Nankatsu SC, klub 'Captain Tsubasa', yang saat ini berambisi menembus divisi top Liga Jepang (J.League).

Siapa yang tidak mengenal Captain Tsubasa, anime yang menceritakan sepak bola di Jepang, sebuah mahakarya dari Yoichi Takahashi.

Baca Juga

Tsubasa Ozora, protagonis dari anime Captain Tsubasa, mengawali kariernya bersama Nankatsu yang mana ia bersaing dengan pemain lain untuk menjadi juara.

Namun, beberapa orang awan pastinya berpikir bahwa Nankatsu hanyalah klub khayalan yang dibuat oleh penciptanya, Yoichi Takahashi.

Akan tetapi, Nankatsu sebenarnya adalah klub nyata yang kini berada di bawah naungan Yoichi Takahashi yang kini berjuang bisa menembus J.League, divisi tertinggi Liga Jepang.

Takahashi sendiri menamai ulang klub bernama Katsushika Vitoard pada 2013 lalu menjadi Nankatsu Sports Club saat menjabat sebagai Presiden klub sebelum akhirnya mengakuisisinya pada 2019.

Baca Juga

Namun, perjalanan Nankatsu SC untuk bisa promosi ke J.League tentu saja masih panjang mengingat mereka masih berada di divisi kelima di bawah Kanto Soccer League.

Dengan demikian, Nankatsu masih harus melewati dua divisi di atasnya, Japan Regional Leagues dan Japan Football League (JFL), sebelum akhirnya bisa promosi ke J3 League.

Lantas bagaimana kisah Yoichi Takahashi bisa terinspirasi membuat anime Captain Tsubasa hingga dirinya sekarang masuk dalam Hall of Fame Sepak Bola Jepang?

Baca Juga

1. Inspirasi Captain Tsubasa Hingga Masuk Hall of Fame

Pencipta anime Captain Tsubasa, Yoichi Takahashi. (Foto: subkltr.id

Yoichi Takahashi adalah penulis komik ‘Captain Tsubasa’ dengan tokoh bernama Tsubasa Ozora pada 1981 silam yang akhirnya anime tersebut terkenal di seluruh dunia.

Namun, pada masa awal kariernya, Yoichi Takahashi tampaknya bukanlah sosok yang begitu menyukai sepak bola mengingat ia dahulunya tergabung sebagai anggota klub baseball selama masih bersekolah.

Baca Juga

Takahashi menjadi artis manga karena kekagumannya pada Shinji Mizushima, seorang creator yang terkenal dengan manga berbasis baseball ‘Dokaben’.

Takahashi pada akhirnya memutuskan untuk memilih sepak bola sebagai subjek anime yang dibuatnya karena ia ingin mengungkapkan pesona olahraga tersebut walaupun saat itu kurang begitu populer di Jepang.

Piala Dunia 1978 di Argentina juga berperan dalam menggerakkan inspirasi Yoichi Takahashi dalam menciptakan anime sepak bola yang akhirnya berjudul ‘Captain Tsubasa’.

Bahkan, sang penulis sudah ‘meramalkan’ Jepang masuk ke Piala Dunia 1998 silam lewat latar untuk Tsubasa dan timnya yang menjadi kenyataan.

Baca Juga

Selain itu, ada kisah yang mana Takahashi mengira mantan pentolan AS Roma, Hidetoshi Nakata, adalah Tsubasa Ozora.

“Nakata mencetak gol salto. Saya rasa dia mungkin adalah Tsubasa (Ozora),” tutur Takahashi sebagaimana dilansir dari Mainichi.

Kini penulis berusia 63 tahun itu namanya sudah terpatri sebagai salah satu Hall of Fame di PSSI-nya Jepang (Japan Football Association) hingga akhirnya ia merasa terhormat walaupun tak punya latar belakang sepak bola sama sekali.

“Saya merasa terhormat terpilih (dalam Hall of Fame Sepak Bola Jepang) walaupun saya bukanlah seorang pakar sepak bola dan tak punya pengalaman sebagai pemain,” ungkapnya dalam upacara Hall of Fame pada (10/09/23) di Tokyo, Jepang.

Baca Juga
Bola InternasionalLiga JepangJLeagueNankatsu SC

Berita Terkini