x

Profil dan Agama Ahmad Fadzli Harahap, Wonderkid Persija di Timnas U-17 Menuju Jerman

Rabu, 13 September 2023 16:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Ahmad Fadzli Harahap lolos seleksi Timnas Indonesia U-17 dan dipanggil ke Persija Jakarta U-18 (Foto: Instagram @academykwarta)

FOOTBALL265.COM - Profil dan agama Ahmad Fadzli Harahap, wonderkid Persija Jakarta yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-17, jelang pemusatan latihan di Jerman.

Ahmad Fadzli Harahap sebenarnya adalah pemain asal Sumatera Utara, yang menimba ilmu sepak bola di Academy Kwarta, hingga lolos seleksi Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga

Melihat permainan Fadzli yang cemerlang, Persija Jakarta menarik gelandang beragama Islam kelahiran tahun 2006 itu untuk berlaga di Elite Pro Academy Liga 1 U-18 musim ini.

Namun, Fadzli Harahap akan lebih dulu diprioritaskan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia U-17 akan segera dihelat di Indonesia pada tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023.

Selain mengambil para alumni Piala AFF U-16 2022, pelatih Bima Sakti Tukiman juga memanggil pemain diaspora di luar negeri, hingga menggelar seleksi terbuka.

Baca Juga

Seleksi terbuka sudah digelar di 12 kota di Indonesia, salah satunya adalah di Stadion Teladan, Medan, Juli lalu. Saat itulah Bima Sakti menemukan bakat Fadzli Harahap.

Selain Fadzli Harahap, Academy Kwarta juga mengirim Abdi Solihin Hasibuan ke seleksi nasional Timnas Indonesia U-17 di Jakarta. Namun, hanya Fadzli yang digaet Persija.

Sejauh ini juga hanya Fadzli yang tetap dipanggil ke pemusatan latihan terkini Timnas Indonesia U-17 bulan September di Jakarta, jelang keberangkatan ke Jerman.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan bahwa Timnas Indonesia U-17 dijadwalkan ke Jerman pada 16 September mendatang, dan akan pemusatan latihan selama satu bulan.

Baca Juga

1. Harapan untuk Fadzli Harahap

Ahmad Fadzli Harahap lolos seleksi Timnas Indonesia U-17 dan dipanggil ke Persija Jakarta U-18 (Foto: Instagram @academykwarta)

Pelatih Academy Kwarta, Amrico mengaku bersyukur dua anak didiknya bisa lolos tahap berikutnya, dan Ahmad Fadzli Harahap terus melaju dalam seleksi Timnas Indonesia U-17.

"Alhamdulillah bisa lolos untuk seleksi ke Jakarta. Tidak mudah, karena ada ratusan peserta seleksi. Semoga bisa lolos dan masuk Timnas U-17 untuk Piala Dunia," kata Amrico.

Baca Juga

"Semoga mental mereka tetap kuat, dan yang terpenting disiplin dan ibadah," kata Amrico, yang juga asisten pelatih di PPLP Sumut ini.

Sekadar informasi, Academy Kwarta adalah akademi asal Deli Serdang, Sumatera Utara. Meski tergolong baru berusia 5 tahun, tetapi akademi ini rutin mengirim pemain ke timnas.

Salah satu jebolan Academy Kwarta yang sudah punya nama adalah Arkhan Fikri, yang baru saja membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23, di usia 18 tahun.

Ahmad Fadzli Harahap diharapkan bisa melanjutkan kiprah Arkhan Fikri sebagai tulang punggung Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, dan ikut TC di Jerman.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menuturkan rencana Fadzli Harahap dkk di Timnas Indonesia U-17 menuju Jerman.

"Rencananya tanggal 16 September 2023 berangkat, dan alhamdulillah Pak Menpora juga punya komitmen ingin datang ke sana nanti di Jerman, di pertengahan atau 20 September."

"Jadi, kedatangan Menpora (Dito Ariotedjo) ini justru mendorong moral pemain untuk persiapan di sana," ungkap Erick Thohir.

"Yang pasti, pemain yang kita bawa adalah 28 sampai 34 pemain, agar memastikan kondisi pemain juga prima di sana, dan menghindari cedera tentunya," tukas Erick Thohir kepada media.

Baca Juga
JermanPersija JakartaErick ThohirTimnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Profil Atlet dan FotoProfil Atlet MudaprofilBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini