x

Mengingat Kembali Ketegasan Erik ten Hag yang Pernah Berani Cadangkan Rashford di Man United

Minggu, 17 September 2023 13:00 WIB
Editor: Juni Adi
Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: REUTERS/David Klein

FOOTBALL265.COM - Performa Marcus Rashford yang tampil buruk di laga melawan Manchester United vs Brighton di Liga Inggris (Premier League) membuat Erik ten Hag diminta tegas mencadangkannya.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan Liga Inggris pekan ke-5 antara Manchester United vs Brighton & Hove Albion di Stadion Old Trafford pada Sabtu (16/09/23) malam WIB.

Baca Juga

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Manchester United tak bisa berbuat banyak. Mereka kalah 1-3 dari Brighton lewat gol Danny Welbeck, Pascal Groos, dan Joao Pedro.

Hasil ini membuat Manchester United semakin terpuruk. Mereka kini menempati peringkat ke-12 dengan 6 poin. Sementara Brighton naik bertenger di urutan ke-4 dengan 12 poin.

Secara permainan Brighton memang layak menang karena mereka tampil sangat tenang dan mendominasi sejak menit awal. Brighton semakin cair setelah mereka unggul lebih dahulu melalui gol Welbeck di menit ke-20.

Skor 0-1 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Manchester United masih tampil buruk, sehingga tim tamu lebih jeli untuk memanfaatkan peluang.

Baca Juga

Hasilnya gol kedua tercipta di menit ke-53 melalui Pascal Groos. Skor berubah 0-2. Brighton kemudian mencetak gol ketiganya di menit ke-71 melalui Joao Pedro.

Tiga menit berselang Manchester United mendapat gol hiburan lewat aksi Hannibal Mejbri menit ke-73. Skor 1-3 bertahan hingga laga usai. 

Usai pertandingan, performa para pemain Manchester United langsung jadi santapan publik karena hampir seluruh peman berada di bawah performanya.

Terutama sosok Marcus Rashford yang menjadi bulan-bulanan publik untuk dirujak. Bagaimana tidak, penyerang berusia 25 tahun itu tampil seperti tidak ada gairahnya.

Upaya pressing lawan untuk merebut bola dan membantu tim ketika dalam tekanan sangat buruk, padahal ia dikenal sebagai salah satu pemain yang punya kelebihan kecepatan.

Baca Juga
 

1. Menunggu Ketegasan Erik ten Hag

Aksi Rasmus Hojlund di laga Manchester United v Brighton & Hove Albion, Sabtu (16/09/23) malam WIB.

Hal menarik lain dari performa buruk Rashford adalah egoisnya yang tinggi. Bermain sebagai winger, ia justru sangat bernafsu untuk mencetak gol.

Padahal saat melawan Brighton, Setan Merah punya pemain dengan tugas tersebut yang diemban oleh Rasmus Hojlund. Salah satu momen itu terjadi di menit ke-51.

Baca Juga

Ketika itu Manchester United yang sedang tertinggal 0-1 mendapat peluang untuk melakukan serangan balik. Hojlund yang mendapat bola dari tengah langsung memberikan kepada Rashford untuk membangun serangan.

Rashford coba menusuk dari sisi kiri, dan berhasil menciptakan ruang kosong di depan gawang lawan. Sayangnya, ia memilih untuk melepaskan tendangan lamgsung ketimbang memberikan umpan direct untuk Hojlund.

Bola sepakannya berakhir keluar. Padahal kesempatan mencetak gol Hojlund cukup besar jika ia mau memberikan umpan. Karena hal itu para penggemar Manchester United sangat kesal.

Tidak sedikit dari publik yang meminat Erik ten Hag untuk mencadangkan Marcus Rashford di pertandingan selanjutnya untuk memberikan pelajaran bermain secara tim, ketimbang individu.

Baca Juga

Mengenai soal ketegasan, sebenarnya Erik ten Hag cukup tegas kepada para pemain. Beberapa nama yang pernah terlibat masalah dengannya harus menanggung nasib dicadangkan.

Termasuk Rashford sendiri yang pernah disimpan dalam beberapa kesempatan pertandinan oleh Erik ten Hag, karena masalah indisipliner.

Kejadian itu terjadi pada musim lalu tepatnya bulan Januari 2023. Ketika itu Rashford dihukum oleh Erik ten Hag tidak dimasukan sebagai pemain starter menghadapi Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris.

Penyebabnya karena Rashford terlambat dalam sebuah rapat jelang laga Wolves dan Ten Hag memberinya hukuman indisipliner dengan menurunkannya dari bangku cadangan.

Baca Juga

Masuk menggantikan Alejandro Garnacho, Rashford akhirnya jadi bintang lapangan karena membuat gol tunggal untuk memenangkan Manchester United atas Wolves di laga itu.

"Mungkin itu berisiko, tetapi jika Anda ingin menciptakan sikap dan budaya 'menang' di dalam tim, maka Anda harus tegas," kata Ten Hag dikutip dari Reuters.

"Jika Anda membiarkan [pemain] tidak disiplin, jika mereka tidak sesuai aturan dan nilai yang diterapkan bersama, maka itu akan membuat buruk kondisi tim,"

Ketegasan Erik ten Hag itu pun kembali diungkit publik agar berani mencadangkan Rashford, karena performanya di bawah standar saat tunduk dari Brighton.

Gacor Usai Dihukum

Menariknya, usai mendapat hukuman indisipliner dari Erik ten Hag, Rashford langsung tampil cagor. Ia terus menyarangkan gol di dua laga berikutnya setelah lawan Wolves kala itu.

Rashford mencetak satu gol saat MU menang dengan skor 3-0 atas Bournemouth pada Rabu (4/1/23). Kemudian, ia melesakkan gol dengan jumlah serupa tatkala MU menghajar Everton 3-1 di putaran ketiga Piala FA 2022/23, Sabtu (7/1/23).

Manchester United kini harus segera bangkit dan melupakan kekalahan akhir pekan ini, karena mereka sudah ditunggu oleh raksasa Bundesliga, Bayern Munchen di pertandingan pertama grup A Liga Champions pada Kamis (21/09/23) dinihari WIB di Stadion Allianz Arena.

Manchester UnitedMarcus RashfordLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini