x

Bedah Starting XI Timnas Indonesia U-24 vs Kirgistan di Asian Games 2022

Selasa, 19 September 2023 12:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Latihan Timnas Indonesia U-24 jelang ke Asian Games 2023 di Lapangan A Senayan, Jumat (15/09/23). Latihan baru diikuti 15 pemain. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Berikut bedah starting XI untuk timnas Indonesia U-24 menjelang laga perdana Grup F Asian Games 2022 kontra Kirgistan, lengkap dengan susunan pemain yang akan diturunkan.

Timnas Indonesia U-24 akan melawan Kirgizstan U-24 pada laga perdana Grup F Asian Games 2022, Selasa (19/9/23) di Zhejiang Normal University East Stadium, China. Laga ini akan dimainkan mulai pukul 18.30 WIB.

Baca Juga

Rata-rata pemain timnas U-24 yang dibawa ke Asian Games 2022 pernah bekerja sama dengan pelatih Indra Sjafri saat di timnas U-19 dan U-22 yang juara SEA Games 2023, jadi tidak akan sulit beradaptasi.

Hanya tiga pemain yang absen pertandingan pertama. Beckham Putra sedang cedera, Kadek Arel sakit dan Ramadhan Sananta tidak dilepas oleh Persis Solo.

Namun, timnas U-24 masih punya sejumlah pemain berpengalaman dari timnas senior seperti Ernando Ari, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, dll.

Dengan sisa 19 pemain yang ada, berikut prediksi starting XI timnas Indonesia U-24 untuk menghadapi Kirgistan.  

Baca Juga

Kemungkinan Formasi

Pelatih Indra Sjafri kemungkinan besar akan memainkan pola 4-3-3 yang selama ini menjadi andalan. Strategi ini juga membantunya menjuarai Piala AFF U-22 2019 dan SEA Games 2023. 

Indra Sjafri senang mengandalkan pola pendek-pendek-panjang, dengan mengandalkan penguasaan bola di lini tengah dan kecepatan serta tusukan winger di kiri dan kanan. 

Pelatih berusia 60 tahun itu juga bisa memakai strategi false 9, lantaran striker utama, Ramadhan Sananta tak bisa berpartisipasi di Asian Games 2022. Timnas U-24 hanya punya Titan Agung. 

Baca Juga

1. Prediksi Kiper, Bek dan Gelandang

Kiper Persebaya, Ernando Ari Sutaryadi. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Kiper

Ernando Ari hampir jadi pilihan utama jika tak mengalami masalah fisik. Dia adalah langganan dari tim U-23 bahkan timnas senior Indonesia. 

Kemampuan membaca permainan dan refleks cepat jadi kelebihan kiper Persebaya Surabaya itu, meski tingginya hanya 177 cm. Mental Ernando juga tak perlu diragukan, dia pernah bertanding melawan juara Piala Dunia 2022, Argentina. 

Bek

Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga bisa jadi duet di jantung pertahanan. Keduanya akan diapit Bagas Kaffa di sisi kanan dan Haykal Alhafiz di sisi kiri. 

Ridho adalah bek tangguh andalan Persija Jakarta dengan catatan satu gol dari 11 penampilan di Liga 1. Sedangkan Dewangga adalah pemain serba bisa untuk posisi bertahan dan tampil sembilan kali di Liga 1 bersama PSIS Semarang. 

Baca Juga

Tidak adanya Pratama Arhan di posisi bek kiri membuat Haykal jadi pilihan utama. Haykal tampil apik di final SEA Games 2023.

Sementara Bagas Kaffa punya kemampuan bertahan dan menyerang sama bagusnya. Di Liga 1, dia telah cetak satu gol dari tujuh penampilan. 

Gelandang

Lini tengah timnas U-24 kemungkinan besar diisi tiga pemain yakni Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu dan Taufany Muslihuddin.

Rian Irianto biasanya berperan sebagai gelandang bertahan, baik di klub maupun timnas Indonesia. Kemampuan merebut bola dan penghubung lini belakang dan tengah jadi keunggulan.

Baca Juga

Syahrian Abimanyu akan jadi pengatur tempo permainan. Pemain Persija ini punya visi bermain dan passing akurat yang tak perlu diragukan. 

Taufany mulai curi perhatian di SEA Games 2023. Dia bisa jadi solusi ketika tim sedang buntu, karena pergerakannya liar dan punya akurasi tembakan yang bagus.


2. Barisan Penyerang

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

Penyerang

Tiga pemain cepat akan jadi tumpuan Timnas U-24 saat hadapi Kirgizstan. Mereka adalah Egy Maulana Vikri, Tita Agung, Ramai Rumakiek.

Egy sedang dalam top perform, baik di Timnas maupun klub. Dari dua laga terakhir yang dimainkan, Egy cetak satu gol untuk Timnas dan dua assist untuk klub.

Baca Juga

Kecepatan dan naluri cetak gol yang tinggi dari Egy bisa dimaksimalkan untuk menutupi kehilangan Ramadhan Sananta. 

Meski sempat cedera dan belakangan absen dari Timnas, kemampuan Ramai Rumakiek tentu masih ada. Aksi cut inside bisa jadi andalan karena winger Persipura Jayapura ini punya akurasi shooting yang bagus. 

Baca Juga

Titan Agung bisa jadi tumpuan di penyerang tengah. Dia punya kecepatan dan bisa jadi pemantul untuk maksimalkan kinerja Egy dan Ramai Rumakiek.

Baca Juga
Indra SjafriKyrgyzstanTimnas IndonesiaEgy Maulana VikriBeckham Putra NugrahaBerita Timnas IndonesiaRamadhan SanantaAsian Games 2022Timnas Indonesia U-24

Berita Terkini