x

Ogah Pikirkan Peluang 16 Besar, Indra Sjafri Ungkap Misi Terselubung di Asian Games 2022

Kamis, 21 September 2023 15:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Perhelatan 'Sang Juara Bicara' Gagasan JebreeetMedia di Usmar Ismail Hall, Kuningan, Jakarta, Rabu (19/7/23).

INDOPORT.COM - Timnas Indonesia U-24 berpeluang lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022. Tim Garuda Muda membutuhkan satu kemenangan lagi di Grup F, supaya amankan tiket tersebut. 

Sebelumnya, Timnas U-24 telah raih tiga poin berkat kemenangan 2-0 atas Kirgistan di laga perdana. Tim asuhan Indra Sjafri berpeluang besar menang lagi dilaga kedua saat berhadapan dengan Taiwan, Kamis (21/09/22) sore ini. 

Baca Juga

Di atas kertas, Indonesia diprediksi bisa menang atas Taiwan. Calon lawan kalah 0-2 dari Korea Utara pada laga pertama Grup F. 

Meski punya peluang besar lolos ke babak 16 besar, pelatih Timnas U-24, Indra Sjafri ogah memikirkannya. Dia tak mau berandai-andai soal calon lawan di babak 16 besar Asian Games 2022. 

Baca Juga

Menurut Indra Sjafri, langkah penting yang harus dilakukan adalah memastikan meraih tiga poin terlebih dahulu atas Taiwan. 

“Mengenai siapa lawan di 16 besar, kami tidak terlalu memikirkan, siapapun yang ada nanti. Yang penting nanti, kami berfikir dahulu bagaimana bisa lolos ke 16 besar," ujarnya. 

Baca Juga

Semua lawan di Grup F Asian Games 2022 dinilai tangguh. Karena itu, Indra Sjafri tak ingin anak asuhnya terlena dan menganggap enteng Taiwan. 

"Karena menurut kami, pertandingan di Asian Games ini, disamping kita butuh prestasi, tentu melawan tim-tim yang bagus, akan memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas individu pemain dan tim,” tutur pelatih 60 tahun itu. 

Baca Juga

Timnas U-24 kini mengumpulkan tiga poin, sama halnya dengan Korea Utara. Kedua tim baru akan bertemu pada laga terakhir Grup F, yang bisa jadi laga penentuan juara grup.  

Lebih lanjut, Indra Sjafri ternyata punya misi terselubung selama ikut Asian Games 2022. Selain incar prestasi, dia juga memberikan kesempatan ke pemain yang belakangan 'tenggelam' atau penampilannya menurun.

Baca Juga

1. Ramai Rumakiek Buktikan Diri

Ramai Rumakiek melakan selebrasi usai membobol gawang China Taipei pada menit ke-16

Salah satu nama yang jadi sorotan adalah Ramai Rumakiek. Dia sebelumnya adalah andalan di Timnas U-20, U-23 bahkan senior, tapi kemudian tidak lagi dipanggil karena alasan indisipliner. 

Ramai kemudian membayar kepercayaan Indra Sjafri dengan penampilan apik di laga perdana Grup F Asian Games 2022. Pemain milik Persipura Jayapura itu cetak satu gol ke gawang Kirgistan.  

Baca Juga

Menurut Indra Sjafri, ajang ini bagus untuk mengembalikan top performa pemain.

“Jadi seperti yang direncanakan, bahwa tim nasional Asian Games, adalah pemain yang berusia 18 sampai 23 tahun, dan mereka adalah pemain-pemain yang mempunyai masa depan yang baik dan agus," tutur Indra Sjafri. 

Baca Juga

"Kami berharap sebagai pelatih, dari pemain-pemain yang ada 20 orang ini, ada yang punya masa lalu yang baik, dan kami ingin mengembalikan top performa mereka untuk menjadi pemain yang lebih baik lagi dan mengembalikan nama besar mereka,” tandasnya.

Baca Juga
Indra SjafriRamai RumakiekAsian Games 2022Timnas Indonesia U-24

Berita Terkini