x

Thiago Almada, Si Penjual Buah yang Bakal Dipinang Inter Milan di Januari 2024

Sabtu, 30 September 2023 11:57 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Italia (Serie A), Inter Milan, dikabarkan mempertimbangkan untuk menggaet gelandang baru yakni Thiago Almada di bursa transfer Januari 2024.

FOOTBALL265.COM – Klub Liga Italia (Serie A), Inter Milan, dikabarkan mempertimbangkan untuk menggaet gelandang baru yakni Thiago Almada di bursa transfer Januari 2024.

Dilaporkan oleh Fichajes, Inter Milan terpikirkan untuk menggaet bintang Atlanta United itu guna menambah serangan dari lini tengah.

Baca Juga

Keinginan tim berjuluk Nerazzurri menambah serangan dari lini tengah sejatinya sudah terlihat dari jauh-jauh hari sebelum adanya ketertarikan menggaet Thiago Almada.

Di bursa transfer musim panas 2023 kemarin, Inter sempat hendak menggaet Lazar Samardzic. Sayang transfernya batal terjadi karena perubahan yang datang dari agennya.

Kegagalan menggaet Samardzic itu membuat Inter kini terpikirkan untuk menggaet Thiago Almada yang kabarnya bersedia bergabung.

Thiago Almada bersedia bergabung Inter karena dirinya merasa sudah siap bermain di Eropa, setelah bermain di Argentina dan Amerika Serikat.

Baca Juga

Profil Thiago Almada

Thiago Almada sudah mencuri perhatian dalam setahun terakhir, terutama sejak dirinya berhasil menembus skuad Argentina saat juara Piala Dunia 2022 lalu.

Pemain kelahiran Ciudadela pada 26 April 2001 ini mampu masuk skuad Argentina di bawah arahan Lionel Scaloni meski masih berusia muda dan bermain di Amerika Serikat.

Perjalanan hidupnya pun terbilang unik. Sebelum menjadi pesepak bola seperti saat ini, ia merupakan penjual buah di kampung halamannya di Argentina.

Kesehariannya sebagai penjual buah dibarengi dengan pendidikan di sepak bola, di mana ia bermain di Santa Carla sebelum dipinang akademi Velez Sarsfield.

Sejak bergabung Velez Sarsfield pada 2006, Almada mampu menembus tim utama pada 2018 dan menjadi andalan di tim utama hingga 2022 dengan mencetak 24 gol dan 10 assist dari 100 laga.

Catatannya itu membuatnya dipinang Atlanta United di MLS pada Februari 2022 dengan harga 14,55 juta euro (Rp238 miliar) dan telah menorehkan 18 gol dan 21 assist dari 61 pertandingan saat ini.

Catatan itu membuat Inter Milan tergoda memboyongnya. Tapi bagaimana dengan kualitas Thiago Almada secara keseluruhan?

Baca Juga

1. Kualitas Thiago Almada

Bintang Atlanta United, Thiago Almada, yang diperebutkan Manchester United dan Manchester City. (Foto: Reuters/Brett Davis-USA TODAY Sports))

Thiago Almada sejatinya berposisi asli sebagai gelandang serang. Tapi, ia bisa juga dipasang sebagai winger kanan atau kiri di Atlanta United.

Versatilitasnya dalam bermain membuatnya punya catatan mengagumkan dalam menyerang, dan membuatnya banyak diincar oleh klub-klub Eropa.

Baca Juga

Sebagai gelandang serang, Almada banyak berkontribusi dalam menyerang yang terlihat dari rataan gol dan assistnya, yakni 0,30 gol per 90 menit dan 0,50 assist per 90 menit.

Kreativitasnya sebagai gelandang serang juga terlihat dari rataan Shot-Creating Actions (SCA) nya atau peluang berbuah tembakan dengan rataan 6,62 SCA per 90 menit.

Sebagai otak serangan, Almada diberkahi visi apik dalam hal mengoper. Tercatat ia membuat rata-rata 63,45 operan dengan akurasi mencapai 80,5 persen per 90 menit.

Kemampuannya mengoper sebagai otak serangan terlihat dari rataan operan progresif atau operan ke pertahanan lawan yang ia buat per 90 menit, yakni sebanyak 9,14 kali.

Baca Juga

Soal dribel pun tak perlu diragukan lagi. Almada rata-rata melakukan 4,22 dribel ke area lawan dan memiliki rasio kesuksesan melawan lawan yang amat tinggi, yakni 3,33 kali per 90 menit.

Namun kemampuan menyerangnya tak dibarengi kemampuan bertahan yang mumpuni. Hal ini terbilang wajar karena tugasnya sebagai otak serangan.

Dari catatan apik itu, hanya ada noda kecil dalam karier Almada, yakni catatan tersebut dibuat di MLS yang punya level lebih rendah dari liga-liga top Eropa, termasuk Italia.

Jika Inter Milan merekrutnya, ada kemungkinan Almada akan diintegrasikan secara perlahan dan tak akan begitu saja masuk Starting Line Up Nerazzurri.

Baca Juga
Bursa TransferInter MilanIn Depth SportsLiga ItaliaTransfer PemainThiago AlmadaIndepth

Berita Terkini