x

Menghitung Peluang Manchester United Lolos 16 Besar Liga Champions

Rabu, 4 Oktober 2023 18:12 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Manchester United Bruno Fernandes bersama rekan setim terlihat sedih usai timnya dikalahkan Galatasaray di laga Liga Champions 2023. (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

FOOTBALL265.COM - Peluang Manchester United untuk bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions cukup berat.

Manchester United harus kembali menuai hasil buruk saat melakoni matchday kedua babak penyisihan grup A Liga Champions menghadapi Galatasaray di Stadion Old Trafford, Rabu (04/10/23) dinihari WIB.

Baca Juga

Bermain di depan publiknya sendiri, Setan Merah tunduk dengan skor tipis 2-3. Manchester United sempat unggul lebih dahulu melalui gol Rasmus Hojlund di menit ke-17.

Lalu mampu disamakan oleh Galatasaray di menit ke-23 lewat gol Wilfried Zaha. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tuan rumah kembali memimpin di menit ke-67. Hojlund mencetak gol keduanya dan membawa Manchester United unggul 2-1.

Sayang pertahanan Manchester United kembali mudah ditembus. Mereka kebobolan lagi di menit ke-71 lewat aksi Muhammed Kerem Akturkoglu. Skor berubah 2-2.

Baca Juga

Enam menit berselang, Manchester United harus bermain dengan 10 pemain usai Casemiro mendapat kartu merah karena sudah mengoleksi dua kartu kuning. 

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Galatasaray. Mereka comeback setelah Mauro Icardi mencetak gol menit ke-81. Skor 2-3 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini mendorong Manchester United ke dasar klasemen Grup A Liga Champions 2023/2024. Mereka belum meraih poin (0) dari dua pertandingan, dua kali kalah.

Sementara Galatasaray nangkring di peringkat ke-2 dengan 4 poin. Lantas bagaimana peluang Manchester United untuk lolos ke fase gugur 16 besar Liga Champions?

Baca Juga

1. Peluang Manchester United

Pemain Manchester United Rasmus Hojlund saat mencetak gol kedua mereka melewati kiper Galatasaray Fernando Muslera di laga Liga Champions 2023. (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

Sejatinya Manchester United masih mempunyai peluang untuk lolos ke fase gugur 16 besar Liga Champions meski kecil karena mereka masih mempunyai empat pertandingan sisa.

Hanya saja syaratnya cukup berat yakni wajib memenangkan semua pertandingan sisa.

Baca Juga

Dua laga harus dijalani cukup berat yakni mennjamu Bayern Munchen pada 13 Desember 2023, dan bertandang ke markas Galatasaray pada 30 November 2023 mendatang.

Bayern Munchen merupakan pemuncak klasemen Grup A saat ini dengan koleksi 6 poin. Mereka belum terkalahkan dalam dua laga, dimana salah satunya mengalahkan Manchester United di matchday pertama dengan skor 2-3.

Gol Rasmus Hojlund dan dua gol Casemiro tak cukup membuat Manchester United meraih poin di laga itu. Tetapi sebelum menghadapi Bayern Munchen, Setan Merah harus lebih dahulu memenangkan tiga pertandingan sebelumnya.

Kemenangan itu menjadi wajib mengingat mereka sudah kalah dalam dua laga perdana. Pertama menghadapi Copenhagen di Stadion Old Trafford pada 25 Oktober mendatang.

Baca Juga

Lalu giliran Manchester United melakoni laga tandang ke markas Copenhage di Stadion Parken pada 09 November nanti. Ini bisa jadi kesempatan bagus untuk mendulang poin.

Jika bisa menyapu bersih kemenangan melawan Copenhagen, makan Manchester United berpeluang menggeser Galatasaray di peringkat kedua dengan 4 poin saat ini.

Apalagi tim besutan Okan Buruk harus menjalani dua laga tandang-kandang melawan raksasa Bayern Munchen, potensi kehilangan poin bisa saja terjadi.

Kalaupun tidak bisa memenangi keseluruhan laganya, fan Manchester United boleh berharap Galatasaray atau Copenhagen selalu gagal meraih poin penuh dalam empat matchday sisa. 

Baca Juga

Peluang lolos masih terbuka lebar karena Bayern Munich baru mengoleksi enam angka, Galatasaray empat poin, Copenhagen satu angka, dan Manchester United belum meraih satu poin pun.

Manajer Manchester United, Erik ten Hag ditanya peluang timnya di Liga Champions musim ini setelah dua hasil negatif. Ten Hag masih optimistis!

"Peluangnya masih terbuka. Setiap pertandingan sulit, tapi kami tahu apa yang kami lakukan," tegasnya dilansir dari situs resmi UEFA.

Erik ten Hag mengaku timnya sebenarnya bermain bagus dan bisa mengontrol lawan. Sayangnya, beberapa kesalahan kecil malah menghukum Manchester United.

"Kami akan menjaga peluang untuk lolos dari grup ini. Kami terus bersama-sama dan tahu dengan tuntutan yang ada," pungkasnya.

Manchester United wajib meraih kemenangan dalam laga kontra Copenhagen bulan depan. Andai gagal, maka peluangnya akan semakin berat.

Gelandang Manchester United, Christian Eriksen, juga sependapat dengan Ten Hag. Dia juga masih optimistis memandang kans Red Devils melaju ke fase knockout. 

"Untungnya ini hanya salah satu laga awal turnamen. Kami baru bermain dua kali," kata Eriksen. 

"Masih banyak laga yang harus dimainkan. Kami tahu perlu memenangi setiap laga supaya punya peluang melaju," imbuh Eriksen. 

Berikut Jadwal Manchester United di Liga Champions:

Kamis, 21 September 2023

Bayern Munich 4-3 Man United

Rabu, 4 Oktober 2023

Man United 2-3 Galatasaray

Rabu, 25 Oktober 2023

Man United vs Copenhagen

Kamis, 9 November 2023

Copenhagen vs Man United

Kamis, 30 November 2023

Galatasaray vs Man United

Rabu, 13 Desember 2023

Man United vs Bayern Munich.

Manchester UnitedLiga ChampionsErik ten Hag

Berita Terkini