x

Dewangga Tak Dilirik STY, Kesempatan Wahyu Prasetyo Menuju Piala Asia 2023

Kamis, 5 Oktober 2023 22:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Pemain PSIS, Wahyu Prasetyo dijaga ketat dua pemain Borneo, Diego Michiels dan rekan setim pada laga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Jumat (28/07/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial)

FOOTBALL265.COM - Shin Tae-yong melihat Wahyu Prasetyo sebagai potensi yang terus dikembangkan menuju Piala Asia 2023. Hulk punya kesempatan tampil bersama Timnas Indonesia ketimbang Alfeandra Dewangga yang ditepikan.

Shin Tae-yong telah merilis 25 nama untuk laga melawan Brunei Darussalam, 12 dan 17 Oktober 2023. Menariknya, tak ada sosok Alfeandra Dewangga.

Baca Juga

Padahal, pemain asal Semarang ini sempat super sibuk ketika dipanggil tim nasional U-23 dan tim nasional senior.

Cederanya Jordi Amat juga tak membuat Shin Tae-yong memanggilnya. Justru Fachruddin Aryanto menjadi pilihan utama.

Situasi ini sejatinya bukan yang pertama. Saat Indonesia melawan Argentina dan Palestina pada Juni 2023 lalu, Dewangga juga tak masuk skuat tim nasional senior.

Dewangga justru kini tergeser dengan keberadaan Wahyu Prasetyo. Rekan setim Dewangga di PSIS Semarang ini mulai mendapat kepercayaan setelah tampil bagus melawan Turkmenistan, 8 September 2023 lalu.

Baca Juga

Pemain yang akrab disapa Hulk itu berpotensi dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023. Hulk memiliki karakteristik yang berbeda dengan Jordi Amat dan Rizky Ridho, namun sama-sama berani build up dari belakang.

Yang lebih penting, Hulk terus berprogres dari tahun ke tahun. Sejak lepas dari Liga 2, Hulk berkembang bersama PSIS di Liga 1. Kebersamaan bersama Shin Tae-yong bisa membuat Hulk semakin matang lagi.

Perkembangan ini diinginkan Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi. Kebanggaan membela Merah Putih tak hanya milik Hulk, namun juga PSIS yang mengorbitkannya ke Liga 1.

"Selamat ya, Hulk, bawa Indonesia melaju ke babak berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia dan ambil ilmu sebanyak-banyaknya di sana," kata Yoyok Sukawi.

Baca Juga

1. Diuji RANS Nusantara

Pemain PSIS, Wahyu Prasetyo dibayang-bayangi pemain Borneo, Terens Puhiri pada laga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Jumat (28/07/23). (Foto: Instagram@borneofc.id)

Hulk bersama 24 pemain Timnas Indonesia akan berkumpul di Jakarta pada Senin (9/10/23). Ia terlebih dahulu menjalani laga bersama PSIS yang akan melawan RANS Nusantara FC pada pekan ke-15 Liga 1 2023-2024.

Partai yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Jumat (6/10/23) sore, bisa menguji kekuatan Hulk. Pelatih PSIS, Gilbert Agius, menilai RANS merupakan tim tangguh musim ini.

Baca Juga

RANS punya Evandro Brandao, Mitsuru Maruoka dan Tavinho yang menjadi sumber gol musim ini. Tavinho yang menyisir sisi kiri kemungkinan bakal sering berduel dengan Hulk.

"RANS adalah tim yang bagus, apalagi di awal-awal kemarin. Pelatih mereka, coach Eduardo (Almeida) berpengalaman di Indonesia. Pemain asingnya banyak dari Portugal. Mereka memainkan sepak bola yang bagus," kata Gilbert Agius.

Hulk kemungkinan akan berduet dengan Lucas Gama dalam formasi 4-2-3-1. Namanya ada dalam daftar pemain yang dibawa ke Semarang, termasuk juga Dewangga.

Gilbert Agius ingin Hulk dkk. menjaga konsentrasi di sepanjang laga. Dua kemenangan di kandang sendiri menjadi modal penting menuju duel melawan RANS.

Baca Juga

"Ketika bermain di kandang, kami sangat kuat. Saat ini kita harus berpikir untuk menang di kandang lawan. Jika konsisten menang di home and away, ini akan jadi musim yang bagus bagi PSIS," jelas Gilbert Agius.

Hulk wajib menjadikan laga melawan RANS sebagai pemicu semangat sebelum gabung Timnas Indonesia. Status Brunei Darussalam sebagai tim 'lemah' membuat Hulk berpotensi dimainkan.

Ada kemungkinan Hulk akan berada dalam formasi tiga belakang bersama Rizky Ridho dan Elkan Baggott. Jika tampil bagus lagi, sangat mungkin Wahyu 'Hulk' Prasetyo akan dibawa ke Piala Asia 2023.

Baca Juga
Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Piala AsiaAlfeandra Dewangga SantosaBerita Timnas IndonesiaWahyu Prasetyo

Berita Terkini