x

Antara Hidup-Mati, Erik ten Hag Harus Segera Sembuhkan Borok Ini di Man United

Jumat, 6 Oktober 2023 17:48 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Erik ten Hag harus segera benahi kekurangan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, jika tak ingin dipecat.

FOOTBALL265.COM – Erik ten Hag harus segera membenahi kekurangan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, jika tak ingin dipecat.

Serangkaian hasil kekalahan dan permainan yang buruk tengah menghantui kubu Manchester United asuhan Erik ten Hag saat ini.

Baca Juga

Maka dari itu, ada hal yang harus segera dibenahi manajer asal Belanda itu yang mana masalah itu juga sudah menjalar sejak musim lalu, yaitu rekor kemenangan di laga tandang.

Man United sejak musim lalu gagal mengalahkan tim top 9 saat menjalani laga tandang dan hanya sekali menang saja melawan tim di atas peringkat 12.

Manchester United bahkan masih bisa finis peringkat ketiga musim lalu karena rekor kemenangan luar biasa mereka di Old Trafford.

Sang peraih 20 gelar Liga Inggris itu sukses mengalahkan Liverpool, Arsenal, Tottenham, Chelsea, Manchester City, bahkan Barcelona (Liga Europa) di Old Trafford.

Baca Juga

Manchester Merah bahkan hanya mencatatkan dua kali kekalahan saja di Old Trafford pada musim lalu yang terjadi ketika menjamu Brighton-Hove Albion dan Real Sociedad.

Namun, satu hal yang membuat pasukan Erik ten Hag ini mengalami kemunduran adalah betapa rapuhnya lini pertahanan mereka saat ini.

Manchester United sudah mengalami kekalahan di laga tandang kontra Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Bayern Munchen.

Belum lagi, Manchester United juga mengalami hal buruk lantaran dipermalukan Brighton, Crystal Palace, dan Galatasaray di Old Trafford.

Baca Juga

1. Ten Hag Harus Coba Formasi Baru

Erik ten Hag di laga Tottenham Hotspur vs Manchester United (19/08/23). (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

Manchester United bahkan saat ini sudah mengecap enam kali kekalahan dari 10 pertandingan pada musim ini, sehingga Erik ten Hag pastinya merasakan tekanan yang luar biasa sekarang.

Usut punya usut, kedigdayaan Manchester United pada musim lalu juga terletak betapa kokohnya lini pertahanan mereka.

Baca Juga

Saat itu, hadirnya Lisandro Martinez dan kedigdayaan David de Gea di bawah mistar, meskipun juga terkadang blunder, menjadi kunci pertahanan kokoh Man United.

Akan tetapi, kekokohan itu saat ini sirna begitu saja, apalagi Lisandro Martinez saat ini dirundung cedera, sedangkan David de Gea sudah dibuang dan digantikan oleh Andre Onana.

Performa Andre Onana di Manchester United juga tidak wah-wah amaat seusai didatangkan untuk memenuhi keinginan Erik ten Hag akan kiper yang jago buil-up, pria asal Kamerun itu belum tampil maksimal.

Ya, jangkauan tangan kiper berusia 27 tahun itu tampak tidak sepanjang De Gea sehingga hal itu menyulitkannya membuat penyelamatan.

Baca Juga

Selain itu, Manchester United juga tengah diterpa badai cedera yang mana Aaron Wan-Bissaka, Lisandro Martinez, Luke Shaw, Tyrell Malacia, dan Sergio Reguilon yang berada di lini pertahanan tengah menepi.

Dengan demikian, Ten Hag harus memikirkan cara untuk bisa mengubah formasi Man United setelah menggunakan Sofyan Amrabat di pos bek kiri kurang berjalan dengan baik.

Manchester United mungkin bisa bermain dengan sistem tiga bek yang berisikan Jonny Evans, Harry Maguire, dan Raphael Varane.

Sementara itu, dua wingback bisa diisi oleh Diogo Dalot dan Victor Lindelof mengingat sang pemain juga pernah menjalankan tugas untuk mengisi full-back kanan.

Man United tampak bermain dengan lebih oke ketika Sofyan Amrabat dan Casemiro diduetkan di lini tengah ketika mereka menang 3-0 atas Crystal Palace pada Piala Liga Inggris.

Sehingga, sistem tiga bek ini tidak ada salahnya dicoba oleh Manchester United untuk memberikan poin penuh setelah gagal menang dua kali beruntun.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini