x

Sudah Dihukum Penalti Kontroversial Kontra Persikabo, Pelatih Persis Solo Masih Puji Wasit

Sabtu, 7 Oktober 2023 09:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, tetap memuji kinerja wasit meski pemberian dua penalti kontra Persikabo di Liga 1 jadi sorotan. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, tetap memuji kinerja wasit meski pemberian dua penalti jadi sorotan. Penalti itu memaksa laga pekan ke-15 Liga 1 2023-2024, Jumat (06/10/23), berakhir dengan skor 2-2.

Drama empat gol di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, menjadi sorotan. Awalnya, laga ini berjalan menarik ketika Persis Solo unggul lewat David Gonzalez menit ke-45+1 dan dibalas Persikabo lewat Joao Pedro menit ke-55.

Baca Juga

Namun, laga ini disorot atas dua penalti untuk Persis Solo dan Persikabo. Ada banyak netizen di media sosial yang beranggapan dua penalti itu tak layak diberikan oleh wasit Agus Fauzan.

Persis Solo terlebih dahulu mendapat penalti menit ke-70 setelah bek Persikabo dianggap sengaja mendorong badan Ramadhan Sananta dalam duel udara.

Moussa Sidibe yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya. Bola tetap masuk ke gawang Persikabo meski sempat ditepis kiper Syahrul Trisna Fadillah.

Sementara itu, penalti untuk Persikabo terjadi pada menit ke-90+2. Gelandang Persis Solo, Shulton Fajar, dianggap mendorong badan Didik Wahyu saat hendak menyambut bola hasil sepak pojok.

Baca Juga

Penalti itu pada akhirnya juga diselesaikan Joao Pedro dengan bagus. Sepakan ke arah kanan gawang Persis Solo membuat kiper Muhammad Riyandi tertipu.

Dalam jumpa pers usai pertandingan, Leo Medina ditanya tentang kinerja wasit dalam laga ini. Leo Medina memberikan respons dengan memuji kerja Agus Fauzan dan para asistennya.

"Saya pikir wasit luar biasa. Untuk hari ini, wasit lebih bagus. Saya tidak ada komentar negatif, hanya ada komentar positif untuk wasit," kata Leo Medina.

Pelatih asal Meksiko ini justru menyoroti konsentrasi timnya hingga melakukan kesalahan pada akhir laga. Sebenarnya, Persis Solo sangat layak untuk menang.

Baca Juga

Persis Solo lebih mendominasi penguasaan bola, dengan persentase 55 persen berbanding 45 persen. Sementara soal jumlah tembakan, kedua tim sama-sama melepaskan 12 tembakan.

Dalam laga ini, Persis Solo juga tampil tanpa Alexis Messidoro, Jaimerson Xavier dan Fernando Rodriguez. Para penggantinya dianggap tampil dengan bagus.

Baca Juga

"Saya merasa frustrasi karena kita seharusnya menang. Kita bisa menang tapi di menit terakhir kita kemasukan. Tapi pemain sudah menampilkan performa tim yang bagus," ungkap Leo Medina.

Setelah ini kompetisi Liga 1 akan jeda sejenak untuk FIFA Matchday. Persis Solo baru akan bermain lagi pada 22 Oktober 2023, melawan Persita Tangerang di Indomilk Arena.

Leo Medina punya segudang pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Leo Medina akan coba membenahinya dalam dua pekan ini.

"Saya masih harus bekerja di mindset tim karena kita masih perlu fokus di 90 menit," jelas Leo Medina.

Hasil imbang ini membuat Persis Solo gagal naik ke posisi delapan besar. Persis Solo dengan modal 20 poin masih harus tertahan di peringkat ke-10 di klasemen Liga 1 2023-2024.

Baca Juga
PersikaboPersis SoloLiga 1Berita Liga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini