x

Bocorkan Posisi Main ke Erick Thohir, Nathan Tjoe-A-On Bisa Gusur Pratama Arhan di Timnas Indonesia

Sabtu, 14 Oktober 2023 07:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Calon pemain naturalisasi, Nathan Tjoe-A-On membocorkan posisi mainnya kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bila suatu saat sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Calon pemain naturalisasi, Nathan Tjoe-A-On membocorkan posisi mainnya kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bila suatu saat sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Hal ini diungkapkan Nathan Tjoe-A-On ketika dirinya menyaksikan laga Timnas Indonesia kontra Brunei Darussalam untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (13/10/23).

Baca Juga

Erick Thohir kemudian memperkenalkan sosok Nathan Tjoe-A-On kepada para penonton yang berada di tribun dan para penggemar sepak bola Indonesia di dunia maya.

Bukan hanya itu, Nathan Tjoe-A-On juga diajak Erick Thohir bertemu dengan presiden Joko Widodo yang juga menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam.

Sedikit berbincang-bincang Nathan Tjoe-A-On sedikit membocorkan posisi main yang mungkin bisa dimainkan di Timnas Indonesia.

“Posisi kamu bek kiri dan gelandang juga? “ kata Erick Thohir saat menanyakan posisi bermain pemain berusia 21 tahun tersebut.

Baca Juga

“Ya, tapi di bagian posisi sayap,” jawab Nathan Tjoe-A-On.

“Jika bermain 3-5-2, kamu bisa jadi jadi bek tengah dan gelandang tengah?” Erick Thohir kembali menanyakan posisi lain yang bisa dimainkan Nathan.

Nathan pun menjelaskan dia lebih memungkinan  bermain di lini pertahanan, baik itu sebagai bek kiri maupun bek tengah. Lain dengan posisi gelandang di mana dia belum pernah menjajal sama sekali.

“Gelandang tengah tidak begitu, bek tengah masih memungkinkan ,” jawab Nathan Tjoe-A-On.

Melansir dari Transfermarkt,  Nathan Tjoe-A-On yang memiliki darah keturunan Belanda tersebut memang memiliki posisi asli sebagai bek kiri, atau terkadang dimainkan sebagai bek tengah.

Baca Juga

1. Nathan Tjoe-A-On Bisa Perkuat Lini Belakang atau Jadi Ancaman?

Nathan Tjoe-a-on. (Foto: Instagram@nathantjoeaon)

Kedatangannya diyakini bisa menjadi amunisi baru untuk Timnas Indonesia, namun juga bisa menjadi ancaman pemain-pemain lama andalan Timnas di sektor pertahanan.

Pada sektor pertahanan, terutama bek kiri, Nathan Tjoe-A-On harus bersaing ketat dengan Pratama Arhan yang selalu menjadi andalan.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, menilik dari rapor performanya bersama klubnya di Liga Inggris, Swansea, Nathan Tjoe-A-On bisa menggeser posisi Pratama Arhan.

Melansir dari laman Sofascore, diketahui bahwa Nathan Tjoe-A-On punya kemampuan bertahan yang sangat baik dan berpotensi jadi bek top Eropa.

Total dari 29 penampilannya di Eredivisie musim lalu, Nathan Tjoe-A-On per 90 menit mampu melakukan 1.8interceptions , 2.1 tackles, serta 2.5 clearances.

Selain bertahan, Nathan Tjoe-A-On juga ahli dalam membagi bola dengan rataan passing akurat sebanyak 23 kali per laga.

Baca Juga

Nathan Tjoe-A-On sendiri pada musim lalu memperkuat klub asal Belanda, Excelsior, sejak dipromosikan dari akademi sepak bola Excelsior Jeugd.

Bahkan berkat penampilan apiknya musim lalu, klub Liga Inggris Swansea tertarik untuk memboyong Nathan Tjoe-A-On pada bursa transfer Agustus 2023 lalu.

Tjoe-A-On menunjukkan ketertarikannya untuk masuk ke dalam gerbong Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong melalui jalur naturalisasi.

Meskipun begitu, Shin Tae-yong mengaku tidak akan langsung melakukan proses naturalisasi terhadap Nathan Tjoe-A-On karena masih harus melihat langsung permainannya dan berdiskusi dengan Ketum PSSI, Erick Thohir. 

Baca Juga
Erick ThohirNaturalisasiTimnas IndonesiaNathan Tjoe-A-On

Berita Terkini