x

Matias Soule: Wonderkid Juventus yang Sukses Memesona di Masa Peminjaman

Sabtu, 14 Oktober 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, tengah berada dalam kebahagiaan besar menyusul impresifnya penampilan Matias Soule di masa peminjaman.

FOOTBALL265.COM – Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, tengah berada dalam kebahagiaan besar menyusul impresifnya penampilan Matias Soule di masa peminjaman.

Pemain yang kini dipinjamkan ke Frosinone itu mampu tampil gemilang di pekan-pekan awal Liga Italia 2023/2024 ini.

Baca Juga

Permainannya itu membuat Juventus pun tersenyum lebar. Apalagi Matias Soule kerap tampil reguler bagi Frosinone di masa peminjaman.

Pemain berusia 20 tahun tersebut tercatat telah tampil sebanyak enam kali di Liga Italia 2023/2024 bersama tim berjuluk Gialloazzurri itu.

Dari enam penampilannya tersebut, Soule mampu memberi sumbangsih berupa dua gol dan satu assist bagi Frosinone.

Catatan itu cukup membuat Juventus tersenyum lebar. Pasalnya, ada kemungkinan Soule bisa menambah catatannya yang bisa menguntungkan Si Nyonya Tua.

Baca Juga

Profil Matias Soule

Matias Soule merupakan pemain yang berposisi sebagai winger atau penyerang yang berasal dari Argentina. Ia lahir pada 15 April 2003 di Mar del Plata.

Kariernya bermula di usia 6 tahun kala bermain untuk Kimberley. Pada usia 12 tahun, ia hijrah ke Velez Sarsfield dan menimba ilmu di tim tersebut.

Kala disodori kontrak profesional oleh Velez, Soule menolak dan kemudian memutuskan bergabung tim muda Juventus atau Juventus Next Gen pada 2020.

Di musim perdananya, Soule tampil apik dengan mencetak 5 gol dan 5 assist bagi Juventus Next Gen pada musim 2020/2021.

Kemudian, Soule masuk ke tim cadangan Juventus atau tim U-23 di Serie C dan berhasil debut di tim utama pada 2022 lalu baik di Liga Italia dan Liga Champions.

Kini, Soule menjalani masa peminjaman. Lalu bagaimana kualitasnya di Frosinone sehingga Juventus bisa tersenyum lebar dengan perkembangannya?

Baca Juga

1. Kualitas Matias Soule

Selebrasi pemain Frosinone, Matias Soule bersama rekan setimnya usai mencetak gol. (Foto: frosinonecalcio)

Matias Soule dipinjamkan oleh Juventus ke Frosinone terhitung sejak Agustus 2023 dengan durasi selama semusim penuh di musim 2023/2024.

Dalam peminjaman ini, Soule tampil solid. Seperti yang dikatakan sebelumnya, ia mampu mencetak 2 gol dan 1 assist dari 6 penampilan.

Baca Juga

Jika dibedah lewat angka, penampilannya terbilang memukau. Pasalnya, Soule punya catatan 0.29 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit.

Memang rataan assistnya terbilang rendah yakni hanya 0,10 per 90 menit. Tapi Soule cenderung kreatif dengan rataan 4,47 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah peluang per 90 menit.

Kreativitasnya pun terlihat dari kemampuannya melepaskan operan progresif yakni sebanyak 4,37 kali per 90 menit yang disertai tusukan ke area lawan sebanyak 2,92 kali per 90 menit.

Salah satu keunggulan Soule yang benar-benar menyita perhatian di Liga Italia adalah kemampuannya melakukan dribel sukses yakni sebanyak 3,3 kali per 90 menit.

Baca Juga

Jika dihitung secara keseluruhan, dirinya mampu membuat total 22 dribel sukses di Liga Italia 2023/2024 atau menjadi yang tertinggi musim ini mengungguli nama-nama beken lainnya.

Meski berposisi penyerang, Soule juga andal dalam bertahan, terutama saat melakukan Pressing dengan rataan 2,62 tekel+intersep per 90 menit.

Jika melihat kualitasnya ini, Soule diyakini cocok memerankan peran Wing Back yang dimainkan oleh Massimiliano Allegri di Juventus.

Tapi dengan pola permainan Juventus yang cenderung defensif, kemampuan alami Soule ditakutkan tak bisa keluar sepenuhnya, sehingga ada kemungkinan opsi baginya angkat kaki di kemudian hari.

Baca Juga
JuventusFrosinoneIn Depth SportsLiga ItaliaprofilIndepth

Berita Terkini