x

Jepang Makin Mengerikan, Pesta Gol di 5 Pertandingan Terakhir

Selasa, 17 Oktober 2023 04:33 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Jepang Ao Tanaka bersama rekannya Takefusa Kubousai usai mencetak gol ke gawang Jerman. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

FOOTBALL265.COM - Timnas Jepang saat ini semakin mengerikan lantaran mereka selalu meraih kemenangan besar di pertandingan internasional FIFA Matchday.

Seluruh  kompetisi sepak bola di beberapa negara saat ini tengah mengalami masa jeda karena adanya agenda pertandingan internasional, FIFA Matchday.

Seluruh  kompetisi sepak bola di beberapa negara saat ini tengah mengalami masa jeda karena adanya agenda pertandingan internasional, FIFA Matchday.

Artinya seluruh pemain yang terpilih membela negaranya masih akan tetap bermain. Dari sejumlah Tim Nasional yang tampil, terdapat beberapa negara bermain dengan spektakuler salah satunya adalah Jepang.

Kiprahnya menjadi perbincangan publik sepak bola dunia khususnya di kawasan Asia menyusul performa impresif yang mereka tunjukan selama FIFA Matchday.

Sebelumnya penampilan apik itu sudah ditunjukan oleh Jepang selama Piala Dunia 2022 lalu di Qatar. Ternyata anak asuh Hajime Moriyasu mampu mempertahankannya hingga saat ini.

Hal itu tercermin dari lima penampilan terakhir Jepang di laga uji coba agenda FIFA. Hebatnya, dari 7 pertandingan, mereka mampu mencatatkan 5 kemenangan serta masing-masing sekali imbang dan kalah.

Terlebih, kemenangan yang mereka raih selalu dengan skor besar. Padahal, lawan yang mereka hadapi juga bukan lawan yang mudah ditundukkan. Berikut kiprah Jepang di lima laga terakhirnya:

Jepang vs El Salvador

Usai gelaran Piala Dunia 2022, Jepang mendapat hasil kurang memuaskan dalam dua gelaran uji coba. Mereka hanya mampu bermain imbang kontrak Uruguay dan takluk di tangan Kolombia. 

Sebenarnya, hasil tersebut tak terlalu buruk mengingat lawan mereka merupakan tim yang cukup kuat.

Angin segar mulai mendatangi Jepang ketika mereka memutuskan memainkan pertandingan persahabatan melawan El Salvador, 15 Juni 2023 lalu. Dalam pertandingan itu, Samurai Biru menang 6-0.

 

1. Jepang vs Peru

Pemain Jerman Joshua Kimmich saat berjabat tangan dengan pemain Jepang Takefusa Kubo setelah pertandingan. (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

Usai membantai El Salvador, Jepang kemudian menantang Peru dalam laga yang dimainkan di Panasonic Stadium Suita, 20 Juni 2023. Tak seperti ketika melawan dua tim Amerika Selatan sebelumnya, kali ini Jepang tampil trengginas. 

Mereka menang dengan skor akhir 4-1 masing-masing lewat gol Hiroki Ito, Kaoru Mitoma, Junya Ito dan Daizen Maeda. Peru hanya mampu memperkecil kedudukan berkat aksi Cristofer Gonzalez. 

Jerman vs Jepang

Jepang dan Jerman sebelumnya bertemu pada fase grup Piala Dunia 2022. Ketika itu, Samurai Biru berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Hasil serupa kembali terjadi dalam laga persahabatan, 10 September 2023, kali ini dengan skor yang lebih mencolok. Jerman yang tampil di kandang sendiri ternyata tak mampu membendung permainan cepat Jepang.

Mereka tertinggal lebih dulu pada menit ke-11 berkat aksi Junya Ito. Beruntung, Jerman mampu membalas dengan cepat melalui sontekan Leroy Sane.

Namun, hasil imbang tersebut tak berlangsung lama setelah Jepang kembali membobol jala Marc Andre ter Stegen, kali ini melalui Ayase Ueda.

Pada babak kedua, Jerman yang terus melancarkan serangan tak mampu membobol gawang Jepang yang dijaga Keisuke Osako. 

Justru Jepang yang menambah dua gol pada injury time berkat aksi Takuma Asano dan Ao Tanaka yang membuat skor akhir menjadi 4-1.

Laga ini juga membuat pelatih Jerman, Hansi Flick, dipecat dari kursi kepelatihan.

Jepang vs Turki

Setelah mengalahkan Jerman, Turki menjadi lawan selanjutnya bagi anak asuh Hajime Moriyasu, 12 September 2023. 

Pertandingan itu berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Jepang. Masing-masing gol Jepang dicetak oleh Atsuki Ito, Keito Nakamura (2 gol), dan Junya Ito.  

Pada babak kedua, Turki sempat membalas lewat aksi Ozan Kabak dan Bertug Ozgur Yildrim.

Jepang vs Kanada

Bertanding menghadapi Kanada di Denka Big Swan Stadium, Jepang tak butuh waktu lama untuk mencetak gol. Sontekan Ao Tanaka pada menit kedua membuat Jepang unggul lebih dulu di menit ke-2.

Mereka kembali kebobolan pada menit ke-39 setelah Alphonso Davies salah mengantisipasi arah bola. Skor berubah 2-0.

Jepang semakin di atas angin setelah gol Keito Nakamura membuat keunggulan menjadi 3-0 jelang turun minum. Ao Tanaka benar-benar menjadi bintang dalam laga ini usai mencetak gol keduanya pada menit ke-49.

Sementara Kanada hanya mampu menipiskan keadaan berkat gol Junior Hoilett jelang pertandingan berakhir. Skor 4-1 bertahan hingga laga usai.

Kini Jepang akan menghadapi Tunisia di pertandingan FIFA Matchday selanjutnya yang akan digelar pada Selasa (17/10/23) di Misaki Park Stadium.

JepangFIFABola Internasional

Berita Terkini