x

Gantikan Stefano Pioli, Andrea Pirlo Bisa Boyong 4 Pemain Kesayangannya ke AC Milan

Rabu, 18 Oktober 2023 05:17 WIB
Editor: Juni Adi
Mantan Pelatih Juventus, Andrea Pirlo

FOOTBALL265.COM - Andrea Pirlo tidak menutup kemungkinan untuk melatih klub Liga Italia (Seri A), AC Milan di masa depan, jika benar ia bisa membawa lima mantan pemain kesayangannya.

Kabar mengejutkan datang dari ranah sepak bola Liga Italia. Legenda timnas Italia, Andrea Pirlo mengakui dirinya sudah sempat mendiskusikan peluang untuk melatih AC Milan jika ada kesempatan.

Baca Juga

Melansir dari Goal, pengakuan itu diutarakan oleh Pirlo ke mantan direktur olahraga AC Milan, Paolo Maldini, terkait niatnya untuk duduk di kursi panas San Siro.

"Kami sudah membicarakan itu (peluang latih AC Milan). Akan tetapi, itu hanya obrolan antara kawan (dengan Maldini)," akui Pirlo.

"Sayangnya beberapa orang merasa tersinggung karena melihat kinerja saya memulai karier pelatih di Juventus tanpa kemanjuan signifikan," tambahnya.

"Saya kemudian lebih memilih untuk membiarkan lapangan yang berbicara," katanya lagi.

Baca Juga

Akan tetapi keinginan itu masih belum terwujud, karena ia memilih untuk menukangi Sampdoria. Di sisi lain, AC Milan juga telah memecat Maldini.

Andrea Pirlo sendiri memang memulai karier kepelatihannya dari Juventus saat menukangi tim U-23 pada 2020 lalu.

Selang satu musim kemudian, ia dipromosikan ke tim utama untuk jadi caretaker menggantikan Maurizio Sarri pada 2021 lalu yang dipecat.

Di bawah asuhannya, Juventus mampu meraih dua gelar domestik yaitu Super Coppa Italia dan Coppa Italia di musim 2020/21.

Hanya saja keinginan Pirlo melatih AC Milan nampaknya tidak akan mudah, karena pelatih saat ini Stefano Pioli masih dalam posisi yang aman karena membawa tim bisa bersaing di papan atas Serie A maupu di Eropa.

Selain itu, Pioli juga masih memiliki kontrak jangka panjang hingga Juni 2025. Tetapi masa depan tidak ada yang tahu persis.

Bisa saja Pioli dipecat pertengahan musim ini atau musim depan, dan kans Pirlo melatih juga tetap terjaga. Jika terwujud, maka Pirlo bisa membawa para pemain kesayangannya. Siapa saja?

Baca Juga

1. Wojciech Szczesny

Para pemain Juventus Frederico Gatti, Bremer, Filip Kostic, Wojciech Szczesny dan Arkadiusz Milik terlihat sedih usai pertandingan di laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Sektor penjaga gawang bakal menjadi perhatian khusus untuk Andrea Pirlo jika menukangi AC Milan. Pasalnya kiper utama saat ini, Mike Maignan sedang diambang pintung keluar San Siro.

Penyebabnya karena sang pemain meminta kenaikan gaji dalam tawaran kontrak baru yang diajukan oleh AC Milan. 

Baca Juga

Ia meminta 8 juta euro per musim, sedangkan AC Milan hanya menyanggupi 2,8 juta euro per musim. Maignan pun masih bersikap menolak, dan ia bisa saja pergi jika ada klub yang menawarkan gaji lebih tinggi dari saat ini.

Kepergian Maignan nanti bisa ditutupi oleh kedatangan Wojciech Szczesny. Sosok Pirlo bisa jadi jalan mudah bagi kiper Polandia itu untuk bergabung ke Rossoneri.

Szczesny telah memainkan 38 laga untuk Pirlo, 30 di antaranya di Serie A. Sementara, di Liga Champions, ia tampil dalam 7 pertandingan. 

Alvaro Morata

Alvaro Morata menjadi anak emas Andre Pirlo sewaktu keduanya bekerjasama di Juventus. Ia hanya absen di pertandingan tertentu yang nilai kompetisinya tidak begitu prestisius. 

Baca Juga

Di bawah asuhan Pirlo, Morata telah tampil dalam dalam 44 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 20 gol serta 12 assist. 

Catatan itu membaut Pirlo tahu betul memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh Morata. Ia bisa jadi tandem bagus di lini depan bersama Olivier Giroud. Morata sendiri juga memang ada hasrat membela Milan.

Federico Chiesa

Selanjutnya ada Federico Chiesa. Musim ini ia kembali tampil menawan karena konsistensinya terjaga dengan membuat 4 gol dan 1 assist dari 7 pertandingan di Liga Italia saat ini. 

Chiesa juga cukup tajam saat membela Juventus ketika Pirlo melatih. Total bomber berusia 25 tahun ini sudah membuat 14 gol dan 10 assist dari 43 pertandingan untuk Pirlo.

Kehadirannya sebagai penyerang sayap sangat menguntungkan AC Milan untuk menjaga kedalam skuad, menyeimbangi ketajaman Rafael Leao.

Baca Juga

Dejan Kulusevski

Saat melatih Juventus, Dejan Kulusevski adalah salah satu pemain yang diperjuangkan oleh Pirlo untuk tidak dipinjamkan atau dijual di bursa transfer, meski akhirnya dipinjam ke Tottenham Hotspur pada 2022 lalu.

Pirlo menilai sektor winger Juventus saat itu cukup lemah sehingga membutuhkan penyegaran dan kedalam skuad. Dejan Kulusevski berhasil menjawab kepercayaannya. 

Ia dipercaya sering tampil di bawah asuhan Pirlo untuk Juventus, dengan mencatatkan 47 penampilan dan mencetak 7 gol serta 7 assist di semua ajang.

Kulusevski sangat penting bagi Pirlo. Sebab, dia bisa memainkan hampir semua posisi di sektor kanan Juventus. Pemain 20 tahun bisa menjadi wingback, sayap, hingga winger kanan, cukup berguna baginya jika menangani AC Milan.

Jika nanti didapuk menjadi pelatih AC Milan, Pirlo layak berusaha keras memboyong Dejan Kulusevski kembali ke Italia, saat ini sang pemain berada di Tottenham Hotspur.

Andrea PirloAC MilanStefano PioliLiga Italia

Berita Terkini