x

Dari Sultan Qatar hingga Diktator Libya, 5 Sosok yang Pernah Gagal Akuisisi Man United

Kamis, 19 Oktober 2023 16:07 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Setidaknya ada lima figur top yang pernah gagal mengakuisisi klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dalam empat dekade terakhir.

FOOTBALL265.COM – Setidaknya ada lima figur top yang pernah gagal mengakuisisi klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dalam empat dekade terakhir.

Akusisi Manchester United tengah menjadi perbincangan hangat dalam beberapa bulan terakhir seiring adanya kabar sang pemilik, Keluarga Glazers, hendak menjualnya.

Baca Juga

Sejak adanya kabar itu, berbondong-bondong pengusaha atau figur top mencoba mengakuisisi klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Tapi proses pengambilalihan itu seakan berjalan di tempat, sebelum akhirnya muncul kabar Sir Jim Ratcliffe berpotensi membeli 25 persen saham dari Keluarga Glazers.

Kabarnya pembelian saham ini berisi klausul yang nantinya bisa berujung akuisisi penuh 100 persen saham klub asal Manchester itu.

Dengan hampir rampungnya akuisisi 25 persen itu, menarik mengupas kembali figur-figur top yang ternyata pernah gagal mengakuisisi Man United. Siapa saja figur top itu?

Baca Juga

1. Sheikh Jassim

Sebelum Sir Jim Ratcliffe dipersilahkan mengakuisisi 25 persen saham Man United, Keluarga Glazers mendapat tawaran akuisisi penuh yang datang dari Sheikh Jassim.

‘Sultan’ Qatar itu ingin mengakuisisi Man United lewat Nine Two Foundations, dengan akan menghapus utang klub dan memberi suntikan dana untuk fasilitas dan meningkatkan skuad.

Sayangnya, tawaran masif itu tak membuat Keluarga Glazers bergeming, sehingga pihak Sheikh Jassim mundur dari proses akuisisi Man United di tahun 2023 ini.

Baca Juga

2. Robert Maxwell

Pada medio 1984 silam, Man United juga hendak diakuisisi oleh mantan anggota parlemen Partai Buruh Inggris, yakni Robert Maxwell.

Saat itu, Man United dimiliki oleh Martin Edwards. Sayangnya Robert Maxwell hanya memiliki niat mengakuisisi klub tanpa memiliki dana yang mumpuni.

Alhasil, Robert Maxwell gagal mengakuisisi Man United dan membeli Mirror Group. Ia sejatinya punya latar belakang pemilik klub yakni Oxford United. Tapi idenya terbilang ekstrem karena hendak merger dengan Reading.

Baca Juga

1. 3. Muammar Gaddafi

Bendera Manchester United.

Siapa yang tak kenal Muammar Gaddafi? Ia dikenal sebagai mantan diktator Libya yang berkuasa selama empat dekade di negara tersebut.

Pada 2004 lalu, ia berminat mengakuisisi Man United. Dengan kekayaan luar biasa, ia pun bisa saja mengakuisisi klub berjuluk Setan Merah itu.

Tapi sayangnya, Gaddafi digagalkan anaknya sendiri, Saadi Gaddafi, yang menyebut membeli Man United sama saja dengan membeli gereja di Inggris, yang membuat Glazers kemudian berhasil mengakuisisi klub sepenuhnya.

Baca Juga

4. Rupert Murdoch

Enam tahun sebelum ide Muammaf Gaddafi mengakuisisi Man United, ada nama Rupert Murdoch yang mencoba menguasai Setan Merah.

Saat itu, Murdoch menggunakan BskyB yang kini menjadi media Sky. Pada tahun 1998, ia sepakat mengakuisisi Man United dengan harga 623,4 juta poundsterling.

Tapi proses akuisisinya batal terjadi karena protes dari pendukung Man United yang menilai Murdoch akan merusak nilai-nilai luhur di klub.

Baca Juga

5. Michael Knighton

Pada tahun 1989, seorang developer Real-Estate bernama Michael Knighton hendak mengakuisisi Man United denagn membentuk konsorsium.

Konsorsium yang berisikan para pengusaha dan politisi ini sempat menawarkan akuisisi bernilai 20 juta poundsterling yang kala itu dinilai wajar.

Tapi proses akuisisi ini urung terjadi. Sial bagi Knighton, usai Liga Inggris atau Premier League digulirkan pada 1992, nilai Man United meningkat drastis dan membuatnya kesulitan mengakuisisi.

Baca Juga
Manchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisSir Jim RatcliffeSheikh JassimIndepthKeluarga Glazer

Berita Terkini