x

Menanti Magis Sir Jim Ratcliffe Kelola Transfer Manchester United dengan 25 Persen Saham

Jumat, 20 Oktober 2023 12:40 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Menanti magis Sir Jim Ratcliffe kelola urusan transfer raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, pada bursa transfer.

FOOTBALL265.COM – Menanti magis Sir Jim Ratcliffe kelola urusan transfer raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, pada bursa transfer.

Sir Jim Ratcliffe berencana untuk kembali mengembalikan kejayaan Manchester United setelah membeli 25 persen saham klub senilai 1,4 miliar poundsterling.

Baca Juga

Sir Jim Ratcliffe berencana membentuk ‘komite sepak bola’ di Manchester United bersama Joel Glazer dan Sir Dave Brailsford selaku pelatih bersepeda dan mantan Direktur Kinerja Bersepeda Inggris.

Bos INEOS tersebut ingin mengambil kontrol operasi sepak bola Man United setelah 10 tahun berjuang di atas lapangan walaupun keluarga Glazer juga masih ingin terlibat.

Oleh sebab itu, Sir Jim Ratcliffe mengusulkan agar co-chair Joel Glazer mendiskusikan masalah sepak bola dengannya dan Sir Dave Brailsford.

Namun, untuk saat ini masih belum jelas kapan akuisisi Ratcliffe akan selesai di tengah kekhawatiran fans yang ketar-ketir dapat berlarut-larut sampai 2024 nanti.

Baca Juga

Investasi Ratcliffe di Man United ini seharusnya memberikan Glazer uang tambahan guna merenovasi atau membangun ulang Old Trafford dan Carrington.

Sebagaimana dilaporkan Sky Sports News, keluarga Glazer tetap akan bertanggung jawab dalam urusan aktivitas komersial klub.

Sir Jim Ratcliffe tampaknya masih punya peran dalam urusan komersial klub karena kepemilikan saham minoritas, tetapi miliarder Inggris itu akan lebih fokus pada urusan memperbaiki tim Manchester United.

Banyak hal yang kiranya harus dipersiapkan Sir Jim Ratcliffe jika ingin mengembalikan Manchester United ke jalan kejayaannya lagi.

Baca Juga

1. Sir Jim Ratcliffe Harus Benahi Kebijakan Beli Pemain

Sir Jim Ratcliffe saat menghadiri laga OGC Nice vs FC Basel (21/04/23). (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

Manchester United saat ini sudah 10 tahun tanpa gelar juara Liga Inggris dan sudah tak menjuarai Liga Champions lagi sejak 2008.

Manchester United masih berjuang untuk mempertahankan kesuksesannya sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu dan hanya memenangi 2x Piala Liga Inggris, 1x Piala FA, dan 1x Liga Europa.

Baca Juga

Ketidakjelasan Glazer inilah yang harus diperbaiki Sir Jim Ratcliffe setelah sang pemilik diduga mengadopsi pendekatan acak-acakan sejak Sir Alex Ferguson pensiun.

Setan Merah setelahnya menggaet beberapa pemain mahal, termasuk Paul Pogba, Angel Di Maria, dan Romelu Lukaku, tetapi performa mereka tak sebanding dengan harganya.

Selain itu, pilihan manajer Glazer juga dikritik setelah pengganti Sir Alex Ferguson, David Moyes, dipecat dalam waktu setahun setelah menukangi Manchester United.

Selanjutnya, Man United terbilang gagal memenuhi ekspektasi untuk bisa memperebutkan gelar juara Liga Inggris sejak era David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer, dan Ralf Rangnick.

Baca Juga

Setidaknya pada era Erik ten Hag saja, Man United tampak sedikit lebih baik dari segi permainan maupun pencapaian setelah menjuarai Piala Liga Inggris dan finis empat besar.

Masalah kebijakan pembelian pemain ini tampaknya harus diluruskan oleh Jim Ratcliffe, sementara Ten Hag tampaknya masih diberi waktu untuk membuktikan dirinya pantas menjadi pelatih Setan Merah.

Selain itu, fans Setan Merah pastinya juga akan memantau klub milik Sir Jim Ratcliffe, OGC Nice, pada musim 2023/2024 ini di Liga Prancis.

OGC Nice saat ini duduk di peringkat kedua klasemen Liga Prancis dengan sepoin di belakang AS Monaco di puncak dan juga sepoin di atas Paris Saint-Germain yang menghuni posisi tiga.

Karena status Sir Jim Ratcliffe yang memiliki OGC Nice, tak menutup kemungkinan ada transfer yang saling menguntungkan Manchester United mengingat beberapa pemain incarannya itu juga membela klub Liga Prancis itu.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga Primer InggrisLiga InggrisSir Jim Ratcliffe

Berita Terkini