x

Pep Guardiola Blak-blakan Sebut Lionel Messi Tak Pantas Raih Ballon d'Or Tahun Ini

Sabtu, 21 Oktober 2023 20:10 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Pep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City, blak-blakan menyebut Lionel Messi tak pantas menyabet Ballon d'Or tahun ini.

FOOTBALL265.COM - Pep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City, blak-blakan menyebut Lionel Messi tak pantas menyabet Ballon d'Or tahun ini.

Memasuki akhir tahun, perhatian para penggemar sepak bola tertuju pada malam anugerah Ballon d'Or. Malam Penghargaan yang dianggap paling bergengsi bagi pemain sepak bola tersebut akan digelar pada Senin (30/10/23) mendatang di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis.

Baca Juga

Jelang pengumuman Ballon d'Or, spekulasi pun bergulir. Tak sedikit yang memprediksi jika Lionel Messi akan meraih Ballon d'Or untuk kali kedelapan.

Keberhasilan La Pulga, julukan Lionel Messi, untuk membawa Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 dinilai menjadi salah satu faktor penentu.

Namun, rupanya tak semua sepakat dengan hal ini. Eks pelatih Lionel Messi di Barcelona, Pep Guardiola, justru menilai La Pulga tak layak mendapat penghargaan tersebut.

Pep Guardiola menyebut anak asuhnya di Manchester City, Erling Haaland, lebih pantas mendapat Ballon d'Or tahun ini.

Baca Juga

"Haaland harusnya menang. Kami memenangi treble musim lalu dan dia mencetak 50 gol. Kalau menurut saya sendiri, saya ingin Erling menang karena dia membantu kami meraih apa yang kami capai," kata Pep Guardiola, dikutip dari Mirror.

Lebih lanjut, Pep Guardiola menyebut bahwa Ballon d'Or mestinya diberikan kepada dua orang, di mana satu trofinya langsung diberikan kepada Lionel Messi.

"Ballon d"or mestinya ada dua kategori. Satu buat Messi, dan satu untuk yang lainnya. Soalnya musim terburuk Messi sekali pun adalah yang terbaik untuk pemain lain," ujar Pep Guardiola, berseloroh.

Bagaimanapun, tetap saja banyak yang mengunggulkan Lionel Messi untuk memenangi Ballon d'Or tahun ini. Ada beberapa alasan yang cukup valid mengapa Lionel Messi layak.

Baca Juga

1. Alasan Messi Pantas Raih Ballon d'Or

Selebrasi pemain Manchester City, Erling Haaland dengan pelatih Pep Guardiola dengan trofi usai memenangkan pertandingan melawan Sevilla pada laga Piala Super UEFA 2023. (Foto: REUTERS / Alkis Konstantinidis)

Alasan pertama Lionel Messi layak menyabet Ballon d'Or tahun ini adalah karena dirinya dinobatkan sebagai peraih gelar Golden Ball atau pemain terbaik Piala Dunia 2022.

Anugerah sebagai pemain terbaik di kompetisi sepak bola paling bergengsi tentunya lebih dari cukup untuk membuatnya meraih Ballon d'Or tahun ini.

Baca Juga

Alasan kedua, Lionel Messi meraih treble winner secara pribadi pada musim lalu, dengan menjuarai Piala Dunia 2022, Liga Prancis, dan Piala Super Prancis.

Lionel Messi juga solid di klub dan timnas, yang cukup sulit dilakukan oleh pemain lain saat ini, mengingat tingkat persaingan yang sangat tinggi.

Selanjutnya, berbagai pencapaian pribadi, mulai dari man of the match, top skor tim, maupun rutin mencetak gol di Piala Dunia 2022 juga membuatnya sangat layak mendapat Ballon d'Or.

Lionel Messi juga tampil luar biasa pada Liga Champions musim lalu. Ia menjadi pemain terbaik dengan mengoleksi rating rata-rata 7,86.

Baca Juga

Meski saat ini bermain di MLS, Lionel Messi menunjukkan penampilan solid bersama Paris Saint-Germain (PSG). La Pulga memuncaki daftar pencetak peluang dan assist musim lalu, melebihi pemain mana pun di 5 liga top Eropa.

Tak hanya itu, Lionel Messi juga mencetak 21 gol dan 20 assist di segala ajang bagi PSG, atau rata-rata berkontribusi 1 gol atau assist dalam setiap 89 menit pertandingan.

Dengan catatan sedemikian gemilang, Lionel Messi rasanya masih cukup layak meraih Ballon d'Or tahun ini, sekaligus menegaskan keunggulannya atas rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Sang rival, yang kini bermain untuk klub Liga Arab Saudi, Al Nassr, hingga saat ini "hanya" mampu meraih 5 Ballon d'Or. Terakhir, CR7 meraihnya pada 2017 silam. 

Baca Juga
Lionel MessiPep GuardiolaBallon d'OrBola Internasional

Berita Terkini