x

Irak Anggap Laga Melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Cuma 'Uji Coba'

Selasa, 24 Oktober 2023 15:54 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama memberikan umpan kepada Ricky Kambuaya dalam laga Pra Piala Dunia Selasa (17/10/2023) malam WIB. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Timnas Irak terang-terangan menyebut Indonesia, yang akan mereka hadapi di Kualifikasi Piala Dunia 2026, tak lebih dari sekadar lawan "uji coba".

Timnas Indonesia akan segera melanjutkan perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan depan. Skuat besutan Shin Tae-yong akan tergabung di Grup F Zona Asia.

Baca Juga

Selain Indonesia. grup ini diisi tim-tim kuat dari Zona Asia, yakni Vietnam, Filipina, dan Irak. Duel perdana akan digelar pada 16 November mendatang, di mana Irak akan menjadi lawan pertama Tim Garuda.

Jelang digelarnya Babak 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026, pelatih Irak, Jesus Casas, memberikan pandangannya. Dilansir dan WinWin.com, ajang kualifikasi Piala Dunia 2026, dianggapnya tak lebih dari persiapan jelang Piala Asia 2023.

Hal ini dikarenakan Indonesia dan Vietnam, yang menjadi lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, juga menjadi lawan "Singa Mesopotamia" pada Piala Asia 2023.

Menurut drawing yang telah dilakukan, Irak akan tergabung di Grup D bersama dengan Indonesia, Jepang, dan Vietnam.

Baca Juga

"Jesus Casas telah mempersiapkan rencana untuk tim 'Singa Mesopotamia' jelang Piala Asia di Qatar. Ia akan mempresentasikannya pada federasi sepak bola Irak dalam pertemuan selanjutnya," tulis WinWin.com.

"Menurut sejumlah sumber, Casas melihat ajang Kualifikasi Piala Asia 2027 dan Piala 2026 sebagai persiapan yang terbaik untuk Timnas Irak. Apalagi, mereka akan menghadapi Indonesia dan Vietnam sebelum Piala Asia."

"Ini adalah kesempatan ideal untuk mengenal kedua tim dan berinteraksi dengan mereka sebelum bertemu di Piala Asia."

Dengan kata lain, Jesus Casas seolah menganggap pertemuan dengan Indonesia, Vietnam, dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 tak ubahnya laga "uji coba" jelang Piala Asia 2023.

Baca Juga

1. Bedah Kekuatan Irak

Zidane Iqbal, berpeluang tampil membela Timnas Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Irak kemungkinan bisa menjadi lawan terberat Timnas Indonesia karena saat ini menjadi penghuni peringkat ke-69 dunia.

Irak memiliki mental juara karena pernah mengangkat trofi Piala Asia 2007 silam. Meski para pemain kala itu dengan sekarang sudah berbeda, namun mereka baru saja membuat kejutan.

Baca Juga

Mereka sukses menahan tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, dengan skor 0-0 di laga FIFA Matchday pada Jumat (13/10/23) lalu.

Setelah itu, tim besutan Jesus Casas sukses menang 5-3 lewat drama adu panalti saat bersua Yordania di pertandingan uji coba pada Selasa (17/10/23) lalu.

Timnas Irak yang akan dihadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 bisa saja diperkuat oleh 22 pemain yang berkarier di Eropa.

Sejauh ini, berdasarkan daftar pemanggilan sejak awal 2023 lalu, ada 22 nama pemain yang kini berkarier di benua Eropa.

Baca Juga

Mereka yaitu Rebin Sulaka, Merchas Doski, Masies Artien, Osama Rashid, Amir Al Ammari, Ahmad Allee, Danilo Al Seed, Ali Hayder, Ali Al Hammadi, Hussein Ali, Alai Ghasem, Allan Mohideen, Zidane Iqbal, André Alsanati, dan Kevin Yakob, Sumar Almadjed, Youssef Amyn, Alexander Aoraha, Marwan Bazi, Pashang Abdulla, Amin Al-Hamawi, dan Amar Muhsin.

Tidak hanya itu, Irak juga diperkuat oleh beberapa pemain abroad di belahan dunia lainnya seperti Asia hingga Amerika.

Bashar Resan, Frans Putros, Ali Adnan, dan Fahad Talib berkarier di Asia. Sedangkan Mohanad Jeahze kini berkarier di Amerika Serikat.

Zidane Iqbal menjadi pemain Irak yang paling menonjol karena sempat bermain di Manchester United. Saat ini, ia tercatat bermain di klub Liga Belanda, FC Utrecht.

Baca Juga
IrakTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala Dunia 2026Zidane IqbalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini