x

5 Kandidat Kuat Calon Top Skor Piala Dunia U-17 2023: Ada The Next Messi

Jumat, 3 November 2023 19:42 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Logo Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)

FOOTBALL265.COM - Berikut lima kandidat kuat calon top skor Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, di mana ada pemain yang dijuluki The Next Lionel Messi asal Argentina.

Seperti diketahui, ajang bergengsi kelompok umur Piala Dunia U-17 2023 sebentar lagi akan digelar. Timnas Indonesia U-17 berkesempatan ujuk gigi sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Seluruh pertandingan Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan bergulir pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Tentunya hal yang paling dinanti dalam gelaran Piala Dunia U-17 2023 adalah aksi permainan Timnas Indonesia U-17. Setelah melalui proses drawing beberapa waktu lalu, Tim Garuda Muda tergabung ke dalam Grup A.

Skuat Garuda Asia selaku tuan masuk Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Menatap laga nanti, nampaknya para pemain muda Timnas Indonesia bakal berjalang sengit dan menarik.

Untuk Grup E diisi Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Adapun Grup F berisikan Meksiko, Jerman, Venezuela, dan Selandia Baru. Dengan hadirnya negara-negara yang mendominasi sepak bola dunia.

Nantinya, gelaran Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 bakal digelar di empat stadion utama yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Pertandingan bakal dibuka oleh laga antara Panama U-17 melawan Maroko U-17 pada, Jumat (10/11/2023) pukul 17.00 WIB.

Kemudian, dilanjutkan pertemuan Timnas Indonesia U-17 melawan Ekuador U-17 di tempat yang sama pukul 19.00 WIB.

Bima Sakti selaku pelatih kepala Skuat Garuda Asia mengaku sudah menganalisa kekuatan para lawan di Grup A.

Para pemain Timnas U-17 juga sudah melakukan persiapan dengan melakoni pemusatan latihan dan sejumlah uji coba di Jerman.

“Lawan-lawan semuanya bagus. Ekuador, Panama, Maroko. Bahkan kita sudah potong-potong video juga,” ujar Bima Sakti.

“Asisten (pelatih) juga sudah saya tugaskan untuk menganalisis lawan bagaimana cara bermain mereka, bagaimana saat bertahan dan menyerang."

“Saya lihat semua punya kualitas dan tentunya kerja keras kita semakin berat dan kita tunjukkan bahwa kita juga bisa bersaing," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Sementara itu, Piala Dunia U-17 2023 tentu akan menjadi ajang ujuk gigi bagi para pemain khususnya untuk urusan mencetak gol.

Top skor maupun pemain terbaik di Piala Dunia U-17 2023 bukan tidak mungkin bisa dilirik oleh klub besar Eropa demi investasi jangka panjang.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima kandidat kiuat calon top skor Piala Dunia U-17 2023:

Baca Juga

1. 1. Arkhan Kaka (Timnas Indonesia U-17)

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Yang pertama ada dari Timnas Indonesia U-17 yakni Arkhan Kaka. Meski banyak yang menyepelekan Skuat Garuda Asia termasuk fans Tanah Air, bukan berarti pasukan Bima Sakti tidak bisa berbuat apa-apa.

Pasalnya, Timnas Indonesia U-17 masih memiliki pemain bintang bernama Arkhan Kaka. Potensinya bahkn sampai mendapat sorotan dari FIFA, saat mereka mengulas lima calon bintang dari Asia di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Pengalaman bermain di ajang ini bisa membuka pintu kelanjutan karier Kaka untuk naik ke level yang lebih tinggi, yaitu mencicipi sepak bola Eropa.

“Seorang striker yang memiliki naluri dan cerdas dengan kemampuan penyelesaian akhir yang luar biasa, Kaka mencetak tujuh gol pada ajang kualifikasi Piala Asia 2023 U-17,” tulis FIFA dalam laman resminya.

“Selain menjadi sosok kunci di timnas U-17, Arkhan juga pernah bermain untuk tim U-20 negaranya,” lanjut pernyataan tersebut.

Pemain Persi Solo tersebut berpotensi bisa menjadi top skor lantaran menjadi pemain tersubur di skuat U-17. Ia telah mencetak 7 gol dalam 5 laga bersama Timnas Indonesia U-17.

Kemudian 2 gol dalam 5 laga bersama Timnas Indonesia U-16, dan memiliki dua kali caps bersama Timnas Indonesia U-20.

2. Yun Do-Young (Timnas Korea Selatan U-17)

Kemudian ada pemain dari Korea Selatan yaitu Yun Do-Young. Negara tempat tinggal Shin Tae-yong tersebut saat ini memang tidak bisa dianggap remeh oleh Negara Eropa.

Pasalnya, Korea Selatan kerap melahirkan bibit-bibit pemain luar biasa. Bahkan kini ada Son Heung-min yang menjadi sosok penting di kompetisi Liga Inggris.

Di Piala Dunia U-17 2023, Korea Selatan akan mengandalkan Yun Do-Young. Pemain yang lahir pada 28 Oktober 2006 silam tersebut telah mencetak 6 gol dari 13 pertandingan bersama Timnas Korea Selatan U-17.

3. Ryunosuke Sato (Timnas Jepang U-17)

Selanjutnya ada bintang muda Timnas Jepang U-17 yakni Ryunosuke Sato. Ia dikenal memiliki skill individu yang cukup baik dan kejataman dalam mecetak gol.

Tercatat, Ryunosuke Sato sudah mencetak dua gol dalam lima pertandingan bersama Timnas Jepang U-17. Pemain dengan postur 1,70 meter itu bisa menjadi kandidat top skor Piala Dunia U-17 2023.

4. Kaua Elias (Timnas Brasil U-17)

Kaua Elias merupakan penyerang andalan Timnas Brasil U-17 yang kini bermain di Fluminense U-20. Striker 17 tahun ini menjadi pemain paling berharga di Piala Dunia U-17 2023 dengan nilai pasar Rp12,17 miliar.

Penyerang berpostur 180cm itu juga bisa dibilang cukup tajam. Kaua Elias menjadi penyerang andalan Brasil U-17 dengan catatan 5 gol dari 7 pertandingan.

Baca Juga

5. Claudio Echeverri (Timnas Argentina U-17)

Terakhir ada pemain Argentina yang mendapatkan julukan The Next Messi bernama Claudio Echeverri. Pemain berposisi sebagai gelandang serang tersebut kini bermain untuk River Plate.

Pemain kelahiran 2 Januari 2006 itu memiliki tinggi badan 1,71 meter dan telah mencatatkan 17 penampilan dan 8 gol. Ia memiliki harga pasar sebesar Rp69,53 miliar.

Baca Juga
Timnas U-17Piala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17Arkhan Kaka

Berita Terkini