x

Profil Tim Piala Dunia U-17 2023: Inggris, Calon Kuat Juara!

Jumat, 3 November 2023 15:15 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Profil tim Piala Dunia U-17 2023, Timnas Inggris di mana mereka menjadi salah satu kandidat kuat juara. (Foto: FIFA)

FOOTBALL265.COM - Profil tim Piala Dunia U-17 2023, Timnas Inggris di mana mereka menjadi salah satu kandidat kuat juara.

Piala Dunia U-17 2023 tinggal menghitung hari. Dari 24 tim kontestan, Timnas Inggris menjadi salah satu tim yang diunggulkan untuk merebut gelar juara.

Baca Juga

Bagaimana tidak, skuad muda The Three Lions diperkuat sederet pemain yang membela klub Premier League. Keunggulan inilah yang tidak dimiliki oleh kontestan lain.

Pelatih Ryan Garry sendiri telah mengumumkan 21 pemain yang diboyong ke Indonesia. Dari daftar tersebut, ada nama Ethan Nwaneri yang baru saja mencactat rekor sebagai debutan termuda Liga Inggris. 

Tergabung di Grup C bersama dengan Kaledonia Baru, Iran, dan Brasil, Inggris dijagokan untuk setidaknya lolos dari fase grup.

Laga Inggris vs Brasil tentunya akan menjadi salah satu big match paling ditunggu di fase grup Piala Dunia U-17 2023. Pertandingan yang akan digelar di Jakarta International Stadium, Jumat (17/11/23) tersebut diprediksi akan menjadi penentu penguasa Grup C.

Baca Juga

Timnas Inggris sendiri lolos ke Piala Dunia U-17 2023 lewat jalur play-off. Hal ini terjadi setelah mereka disingkirkan Prancis di babak perempat final Kejuaraan Eropa U-17.

Beruntung, Myles Lewis-Skelly dkk. mampu mengalahkan Swiss 4-2 di laga penentuan, sehingga berhasil menggenggam tiket ke Piala Dunia U-17 2023.

Bagi Timnas Inggris sendiri, ini adalah kali kelima mereka lolos ke Piala Dunia U-17. Dengan kata lain, mereka adalah tim yang tak asing dengan ajang dua tahunan ini.

Lantas, bagaimana analisis kekuatan tim Tiga Singa di Piala Dunia U-17 2023, serta peluang mereka untuk menjadi juara tahun ini? Semuanya dapat disimak dalam halaman selanjutnya.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting Line-up

Ethan Nwaneri, pemain Arsenal di Timnas Inggris U-17 (Foto: IG @ethan_nwaneri)

Timnas Inggris U-17 diprediksi akan memakai formasi 4-3-3. Di posisi kiper, Ryan Garry akan mengandalkan Tommy Setford yang telah menjadi pilihan utama sejak Kejuaraan Eropa U-17.

Untuk pemain bertahan, duet Lakyle Samuel dan Ishe Samuels Smith akan dipasang di depan gawang. Sementara, untuk posisi bek kiri dan kanan, Josh Acheampong dan Jayden Meghoma siap jadi andalan.

Baca Juga

Beranjak ke lini tengah, trio Myles Lewis-Skelly, Finley McAllister, dan Michael Golding akan menjadi andalan Ryan Garry. Di sini, kiprah Myles Lewis-Skelly menjadi yang paling dinanti.

Pemain muda Arsenal tersebut diketahui memiliki kemampuan teknik di atas rata-rata, dan punya insting mencetak gol mengerikan. Ia pun menjadi sosok kunci di balik keberhasilan Arsenal menembus final FA Youth Cup musim lalu.

Lini depan Timnas Inggris pastinya akan mengandalkan Ethan Nwaneri, yang menjadi salah satu wonderkid paling dinanti aksinya di Piala Dunia U-17 2023.

Untuk menemani Ethan Nwaneri, Ryan Garry siap memasang Justin Oboavwoduo dan Tyler Dibling.

Baca Juga

Berikut daftar pemain Timnas Inggris untuk Piala Dunia U-17 2023:

Kiper: 

Bek: 

Gelandang: 

Penyerang:

Perkiraan Starting Line-up

Timnas Inggris (4-3-3): Setford; Acheampong, Samuel, Samuels-Smith, Meghoma; Lewis-Skelly, McAllister, Golding; Dibling, Oboavwoduo, Nwaneri

Baca Juga

2. Player to Watch

Timnas Inggris U-17 yang berhasil menjuarai Piala Dunia U-17 2017.

Ethan Nwaneri

Tak dapat dimungkiri, Ethan Nwaneri merupakan salah satu wonderkid yang paling dinanti aksinya di Piala Dunia U-17 2023, baik oleh fans Inggris maupun oleh pencinta sepak bola pada umumnya.

Baca Juga

Pemain Arsenal ini begitu menonjol sebagai mesin gol di kelompok umur dengan mengemas 8 gol dari 17 penampilan dengan Timnas Inggris.

Ethan Nwaneri juga sudah bermain bersama tim utama Arsenal di Liga Inggris, saat tampil sebagai pemain pengganti pada laga melawan Brentford musim lalu.

Hebatnya debut tersebut dilakukan Ethan Nwaneri saat masih berusia 15 tahun 181 hari, yang membuatnya memecahkan rekor sebagai pemain termuda sepanjang sejarah Liga Inggris yang melakoni debut.

Hingga artikel ini dibuat, Ethan Nwaneri telah mencatat 39 penampilan bersama Arsenal di berbagai kelompok umur dan membukukan 14 gol serta 8 assist. 

Baca Juga

Prediksi Piala Dunia U-17

Timnas Inggris U-17 tergabung di Grup C bersama dengan Brasil, Iran, dan Kaledonia Baru. Melihat komposisi tim ini, sulit rasanya membayangkan Timnas Inggris gagal lolos dari fase grup.

Namun, dengan status Grup C sebagai "Grup Neraka", semua bisa terjadi. Meski demikian, Inggris dan Brasil tak pelak menjadi dua unggulan teratas untuk lolos ke babak 16 besar.

Oleh karenanya, laga Inggris vs Brasil akan sangat penting untuk menentukan siapa yang akan lolos sebagai juara grup. Posisi ini tentu akan diperebutkan, karena dipastikan akan terhindar dari pertemuan dengan runner-up Grup A, yang berisi Indonesia, Ekuador, Panama, dan Maroko.

Dengan status Timnas Inggris sebagai juara Piala Dunia U-17 2017 dan materi pemain yang dibawa, babak semifinal akan menjadi target minimal bagi skuad Ryan Garry. 

Satu yang menjadi catatan, jalan Inggris menuju semifinal agaknya akan lebih mudah jika mereka lolos sebagai juara grup. Jika menjadi runne-up atau bahkan peringkat ketiga terbaik, mereka berpeluang bertemu dengan Jepang dan Spanyol, yang juga merupakan kandidat kuat juara. 

Baca Juga
InggrisPiala Dunia U-17profilEthan Nwaneri