x

Profil Tim Piala Dunia U-17 2023: Timnas Indonesia, Menanti Kejutan Sang Debutan

Jumat, 3 November 2023 09:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat menjuarai Piala AFF U-16 2022. Sebagian besar pemain kembali beraksi di Piala Dunia U-17 2023. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Profil tim Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus tim debutan di kompetisi tertinggi sepak bola kelompok usia U-17.

Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko. PSSI mengusung target agar Garuda Muda bisa lolos fase grup di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Hal ini menjadi tantangan berat bagi pelatih Bima Sakti. Meski ia bisa membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 lalu, tetapi timnya tak lolos ke Piala Asia U-17.

Untuk itu, Bima Sakti menggunakan formasi baru untuk Piala Dunia U-17. Selain memakai pemain jebolan Piala AFF U-16, ia juga telah menggelar seleksi terbuka di berbagai kota.

Selain itu, Bima Sakti juga memanggil para pemain diaspora, meski akhirnya hanya dua pemain yang terpilih ke Timnas U-17, yakni Welber Halim Jardim dan Amar Rayhan Brkic.

Skuat Timnas Indonesia U-17 ditempa di Jerman, dengan menggelar sejumlah laga uji coba melawan tim lokal. Hasilnya, Garuda 1 kali menang, 2 kali imbang, dan 4 kali kalah.

Baca Juga

Bima Sakti bekerja keras agar Timnas U-17 siap bersaing di Piala Dunia U-17, dan bisa lolos fase grup seperti yang ditargetkan PSSI.

Setidaknya dengan status sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia memiliki modal apik. Welber Halim Jardim dkk akan mendapat sokongan moral dari suporter Garuda secara langsung.

Selain itu, statistik menunjukkan bahwa dari enam edisi Piala Dunia U-17 terakhir, hanya dua kali tuan rumah gagal lolos di fase grup.

Menarik untuk menantikan seperti apa kejutan yang disiapkan Timnas Indonesia U-17. Apakah skuat besutan Bima Sakti bisa melaju lebih jauh dan menghibur masyarakat Tanah Air?

Baca Juga

1. Prakiraan Formasi dan Starting Line Up

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-17, Muhammad Aulia Rahman. (Foto: pssi.org)

Timnas Indonesia U-17 diprediksi akan memakai formasi 4-4-2. Di posisi kiper, Bima Sakti mungkin akan mengandalkan  Andrika Fathir yang sudah menjadi pilihan utama sejak Piala AFF U-16 2022.

Untuk pemain bertahan, dua pemain yang hampir dipastikan bakal menjadi pilihan utama Bima Sakti adalah kapten tim M. Iqbal Gwijangge dan Welberlieskott de Halim Jardim.

Baca Juga

Selain itu, ada Sultan Zaky dan Mohamad Andre yang diprediksi akan meraih tempat utama. Namun, Habil Abdillah dan Ridzar Nurviat juga punya peluang yang sama.

Untuk lini tengah, Kafiatur Rizky dan M Nabil Asyura diprediksi akan jadi kunci permainan Skuad Garuda. Sisanya, Bima Sakti mungkin akan memasang Figo Dennis dan Jehan Pahlevi.

Beralih ke lini depan, satu nama yang hampir dipastikan menjadi pemain inti adalah pemain diaspora Amar Rayhan Brkic, didukung oleh Arkhan Kaka yang bersinar di AFF U-16 lalu.

Berikut Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023

Kiper:

Ikram Algiffari - PPLP Sumbar
Andrika Fathir Rachman - Borneo FC
Rifky Tofani - PPOP DKI Jakarta

Baca Juga

Bek:

Rizdjar Nurviat Subagja - Borneo FC
Tonci Ramandei - PPLP Papua
Mohamad Andre - Bali United
Welberlieskott de Halim Jardim - Sao Paulo
Sultan Zaky - PSM Makassar
Habil Abdillah - PPLP Jateng
M Iqbal Gwijangge - Barito Putera

Gelandang:

Achmad Zidan - PSS Sleman
M Hanif Ramadhan - Cipta Cendekia
Figo Dennis - Persija Jakarta
M Kafiatur Rizky - Dewa United
Ji Da Bin - ASIOP
Amar Rayhan Brkic - TSG 1899 Hoffenheim
M Riski Afrisal - Madura United
M Nabil Asyura - Persija Jakarta
Jehan Pahlevi - Persija Jakarta

Baca Juga

Penyerang:

Arkhan Kaka Putra Purwanto - Persis Solo
M Aulia Rahman - Persita Tangerang

Prakiraan Starting Line up

Timnas Indonesia U-17 (4-4-2): Andrika Fathir Rachman (GK); Welber Halim Jardim, Iqbal Gwijangge, Mohamad Andre, Sultan Zaky; Muhammad Kafiatur, Figo Dennis, Jehan Pahlevi, Nabil Asyura; Amar Rayhan Brkic, Arkhan Kaka.

Baca Juga

2. Player to Watch

Welberlieskott de Halim Jardim, pemain keturunan Timnas Indonesia U-17 saat menjalani latihan di Stadion GBK, Senin (30/10/23).

Welberlieskott de Halim Jardim

Welberlieskott de Halim Jardim merupakan pendatang baru di Timnas Indonesia U-17. Ia merupakan pemain diaspora yang lahir di Kalimantan Selatan, tetapi besar di Brasil.

Tercatat, Welber Jardim telah beberapa kali membela klub Brasil di kelompok umur. Pada usia 10 tahun, ia sudah mendapat panggilan untuk memperkuat klub Palmeiras U10.

Welber Jardim juga bertanding di sejumlah turnamen usia dini bersama Sao Paulo, mulai Gothia Cup 2019 di Swedia, Dana Cup 2019 di Denmark, dan Adidas Madewis Cup 2019 di Prancis.

Terbaru, Welber Jardim sukses membawa tim Sao Paulo U-17 menjuarai Copa Criciuma U-17 setelah mengalahkan wakil Argentina, Talleres Junior, pada awal Juli 2023.

Dengan segudang prestasi di level Eropa dan pernah menghadapi lawan-lawan berkelas, Welber Jardim diharapkan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17.

Prediksi Piala Dunia U-17

Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko. PSSI mengusung target agar Garuda Muda bisa lolos fase grup di Piala Dunia U-17 2023.

Ekuador meraih gelar runner-up di South American U-17 Championship 2023. Mereka finis satu tangga di bawah Brasil, sehingga berhak menyabet tiket Piala Dunia U-17.

Sementara Panama, tim ini hanya pernah bermain di dua edisi Piala Dunia U-17 pada 2011 dan 2013, serta kali ketiga pada 2023. Mungkin Indonesia bisa melucuti tim ini.

Yang terakhir ada Maroko, salah satu lawan berat Indonesia di Grup A. Mereka jadi finalis Piala Afrika U-17 2023 lalu, dan pada laga uji coba belakangan ini, tim bisa menaklukkan Korea Selatan.

Khususnya di level Piala Dunia U-17, Maroko tak jauh berbeda dengan Panama yang gagal lolos di tiga edisi beruntun pada 2015, 2017, dan 2019. Apakah skuat besutan Bima Sakti bisa menjegal mereka dan lolos dari fase grup?

Timnas U-17Bima Sakti TukimanSemen GresikTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bima SaktiprofilWelberlieskott de Halim JardimBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini