x

Profil Tim Piala Dunia U-17: Korea Selatan, Macan Asia yang Belum Kesampaian Pamer Kekuatan

Sabtu, 4 November 2023 18:21 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Sebagai salah satu tim terkuat di Piala Dunia U-17 2023 terutama dari konfederasi Asia, Korea Selatan patut untuk diamati. Berikut ini adalah profil mereka.

FOOTBALL265.COM - Sebagai salah satu tim terkuat di Piala Dunia U-17 2023 terutama dari konfederasi Asia, Korea Selatan patut untuk diamati. Berikut ini adalah profil mereka.

Korea Selatan datang ke Indonesia untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-17 2023 berbekal ambisi besar. Mencetak sejarah dengan mentargetkan lolos sampai ke semifinal.

Baca Juga

Sejauh ini langkah Taegeuk Warriors junior di kejuaraan usia muda dua tahunan tersebut hanyalah delapan besar saja.

Prestasi tersebut mereka capai pada edisi Kanada 1987, Nigeria 2009, dan Brasil 2019.

Saat diberi kesempatan menjadi tuan rumah pada 2007 silam, Korea Selatan malah tampil mengecewakan usai terhenti di babak fase grup karena hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir dalam kumpulan yang berisi Peru, Kosta Rika, dan Togo.

Walau demikian mereka tetap patut mendapat apresiasi karena wakil Asia alias AFC masih cukup kesulitan bersaing di kancah Piala Dunia U-17.

Baca Juga

Baru Arab Saudi yang bisa menjadi juara dari benua kuning dan itu pun sudah lama sekali di 1989 ketika kompetisi baru memasuki edisi ketiga gelaran. Sementara itu Bahrain (1989) dan Oman (1995) harus puas dengan titel juara ketiga.

Korea Selatan sendiri adalah salah satu negara Asia dengan jumlah partisipasi terbanyak di Piala Dunia U-17 yakni tujuh kali setara dengan Qatar.

Hanya Jepang (10) yang punya keikutsertaan lebih banyak. Kedua negara memang memikul julukan sebagai Macan Asia dan sudah terlibat rivalitas panjang untuk jadi penguasa dari Timur yang sebenarnya.

Di Piala Dunia U-17 2023, Korea Selatan punya kans untuk unjuk gigi. Di kualifikasi mereka tampil cukup baik dengan mengumpulkan dua kemenangan atas Qatar (6-1) dan Afganistan (0-4) sehingga kesempatan anak-anak asuh Byun Sung-hwan kembali lolos dari fase grup terlihat cukup besar.

Baca Juga

1. Skuad dan Prakiraan Formasi

Profil Tim Piala Dunia U-17: Korea Selatan, Macan Asia yang Belum Kesampaian Pamer Kekuatan (Foto: FIFA)

Skuad Korea Selatan 100% diisi oleh pemain dalam negeri namun itu bukan masalah besar.

Tidak sulit bagi mereka untuk membentuk tim yang diberangkatkan ke Indonesia dan berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Kompetisi usia muda di Negeri Gingseng berjalan lancar sehingga federasi (KFA) tinggal memanggil saja para pemain dari akademi klub karena jam terbang mereka sudah terjamin.

Suwon Samsung Bluewings dan Jeonbuk Hyundai Motors jadi klub dengan penyumbang pemain terbanyak dengan masing-masing mengirimkan empat wakil.

Bukan hal yang mengherankan mengingat keduanya memang termasuk kesebelasan raksasa Korea Selatan. Jeonbuk punya sembilan titel K-League dan dua Liga Champions Asia sementara Suwon memenangkan K-League empat kali dan dua kali meraja di Liga Champions Asia.

Namun akademi klub profesional bukan satu-satunya sumber bintang Korea Selatan. Kompetisi antar sekolah setingkat SMA mereka pun masih kompetitif sehingga KFA pun masih menyelipkan sejumlah nama dari sana.

Di antaranya adalah Lee Chang-woo dari SMA Seoul Boin, Cha Je-hoon dari SMA Seoul Jungkyung, dan Kim Hyun-min dari SMK Yeongdeungpo.

Baca Juga

Daftar Pemain Korea Selatan untuk Piala Dunia U-17 2023

Penjaga Gawang: Yoon Jae-hoon (Ulsan Hyundai), Hong Seong-min (Pohang Steelers), Joo Seung-min (Jeju United)

Belakang: Kang Min-woo (Ulsan Hyundai), Ko Jong-hyun (Suwon Samsung Bluewings), Lee Chang-woo (SMA Seoul Boin), Yoo Min-jun (Seongnam FC), Lee Soo-ro (Jeonbuk Hyundai Motors), Seo Jeong-hyeok (Jeonbuk Hyundai Motors), Hwang Ji-sung (Incheon United), Kim Yu-geon (FC Seoul)

Tengah: Baek In-woo (Yongin Football Center), Lin Hyun-sub (Suwon Samsung Bluewings), Kim Seong-ju (Suwon Samsung Bluewings), Cha Jae-hoon (SMA Seoul Jungkyung), Jin Tae-ho (Jeonbuk Hyundai Motors), Park Hyun-min (Jeonbuk Hyundai Motors), Yang Min-hyuk (Gangwon FC), Yun Do-young (Daejeon Hana Citizens)

Depan: Kim Hyun-min (SMK Yeongdeungpo), Park Seung-soo (Suwon Samsung Bluewings), Kim Myung-jun (Pohang Steelers), Lee Jae-hwan (Incheon United)

Korea Selatan U-17 (4-1-4-1): Hong Seong-min, Lee Soo-ro, Yoo Min-jun, Kang Min-woo, Seo Jeong-hyeok, Cha Jae-hoon, Yun Do-young, Baek In-woo, Jin Tae-ho, Yang Min-hyuk, Kim Myung-jun

Baca Juga

2. Player to Watch

Profil Tim Piala Dunia U-17: Korea Selatan, Macan Asia yang Belum Kesampaian Pamer Kekuatan. (Foto: FIFA)

Kim Myung-jun

Korea Selatan punya banyak pemain berbakat namun nama Kim Myung-jun adalah salah satu yang paling layak mendapat sorotan lebih.

Ia berposisi sebagai striker dan juga menjabat sebagai kapten tim. Usianya baru 17 tahun namun postur pemain muda Pohan Steelers ini sudah cukup ideal di angka 182 cm.

Kim menjadi salah satu penggawa Taeguk Warrios belia dengan jam terbang paling tinggi yakni 13 caps untuk skuad U-17.

Produktivitasnya pun cukup mengagumkan yakni lima gol di 2023 termasuk hatrick ke gawang Qatar di ajang kualifikasi Piala Dunia U-17 lalu.

Talenta Kim bahkan sudah diakui sampai ke Eropa. Media The Guardian memasukkan namanya dalam daftar 60 wonderkid kelahiran 2006 terbaik dunia yang juga melibatkan nama Endrick (Palmeiras/Real Madrid) dan Warren Zaire-Emery (Paris Saint-Germain).

Prediksi di Piala Dunia U-17 2023

Ambisi Korea Selatan untuk bisa memecahkan catatan terbaik mereka di Piala Dunia U-17 mendapat ancaman yang cukup serius dengan terundinya mereka di Grup E.

Kumpulan tersebut adalah salah satu yang tersulit karena berisikan Amerika Serikat, Prancis, dan Burkina Faso.

Beruntung masih ada jalan untuk lolos ke 16 besar selain juara dan runner-up grup yakni posisi ketiga terbaik.

Apabila setidaknya bisa mencuri satu poin dari dua laga melawan Prancis dan AS, Korea Selatan punya kans besar untuk melaju ke babak gugur.

Yang menarik adalah meski kecil ada peluang Indonesia dan Korea Selatan berjumpa di 16 besar yang mana tentunya akan memanaskan gelaran Piala Dunia U-17 2023 lebih jauh lagi.

Korea SelatanTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17profilTimnas Indonesia U-17Indepth

Berita Terkini